Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Makanan Sehat Pasca Melahirkan Untuk Masa Pemulihan

7 Makanan Sehat Pasca Melahirkan Untuk Masa Pemulihan Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream – Melahirkan merupakan proses yang berat bagi seorang ibu. Energi dan kekuatan tubuh dikuras habis dalam proses persalinan ini. Usai melahirkan, ibu akan mengalami perubahan hormon, fisik, hingga emosional yang drastis.

Rasa sakit saat melahirkan membuat tubuh menjadi lemah bahkan mengalami lesu hingga pingsan. Tidak hanya berhenti di proses melahirkan, namun seorang ibu juga harus merawat bayi hingga sering bangun malam untuk menyusui si jabang bayi. Maka dari itu, seorang ibu usai melahirkan harus mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Apa yang kita makan pasca melahirkan dapat membantu mengumpulkan tenaga atau energi selama masa kehamilan, proses persalinan hingga ketika merawat bayi. Sehingga ibu yang baru melahirkan sudah selayaknya memakan makanan yang bergizi untuk mengembalikan energinya.

Melansir dari Healthline, Dream akan mengulas makanan apa saja sih yang bagus untuk masa pemulihan setelah melahirkan. Selain itu juga makanan sehat yang bisa memberikan energi bagi ibu selama merawat bayi mereka. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Sup Ayam

Selama proses melahirkan, seorang ibu akan berkeringat secara berlebihan. Hal ini akan  berlanjut hingga pasca melahirkan karena penyesuaian tubuh dengan fluktuasi hormon yang drastis. Meskipun seorang ibu diberi infus selama proses persalinan, namun ia perlu mengonsumsi makanan sehat salah satunya adalah sup ayam.

Sup ayam ini merupakan makanan sempurna pasca melahirkan. Kaldu sup ayam akan mengatasi dehidrasi, sedangkan rasa asin dari sup ayam akan memberikan elektrolit secara alami, sementara campuran sup ayam lainnya seperti mie, atau di makan dengan nasi, akan membantu menambah asupan karbohidrat dalam tubuh.

Perempuan yang menyusui sangat membutuhkan banyak asupan energi dan cairan dibandingkan yang tidak menyusui. Sehingga harus benar-benar diperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi seorang ibu menyusui.

Salted Crackers

Biskuit menjadi teman makan yang cocok banget untuk menemani makan dalam waktu apapun. Ternyata, Salted crackers atau biskuit gurih juga sangat bagus untuk dikonsumsi ibu menyusui loh. 

Biskuit ini dapat memberikan manfaat karbohidrat dan elektrolit yang sama untuk membantu ibu mengembalikan energi secara perlahan pasca melahirkan. Salted crackers ini juga sangat baik untuk mengobati mual selama masa kehamilan bunda loh.

Buah Kurma

Kurma adalah makanan sehat pasca melahirkan yang bisa kamu jadikan rekomendasi, Sahabat Dream. Kurma ini memiliki rasa manis alami, mengonsumsi kurma segera setelah melahirkan akan menambah produksi darah yang hilang pasca pendarahan.

Kurma juga merupakan sumber gula sederhana yang manfaatnya luar biasa untuk membantu memberi energi cepat setelah melahirkan. Kebutuhan kalori dan karbohidrat juga sangat diperlukan saat menyusui serta menambah produksi asi.

 

Oatmeal dengan buah

Makanan sehat pasca melahirkan bisa dikonsumsi selain di atas adalah oatmeal. Oat ini diketahui menyimpan sumber karbohidrat, kalsium, serat, protein, dan zat besi. Oatmeal adalah makanan yang berasal dari biji gandum, sehingga serat yang ada di dalamnya membantu mencegah timbulnya sembelit selama masa nifas.

Karena pasca melahirkan, seorang perempuan akan merasakan sembelit, untuk mengobatinya kamu bisa mengonsumsi oatmeal yang kamu campur dengan susu, buah kering, atau buah segar. Konsumsi buah-buahan dengan oatmeal ini maka nutrisi akan semakin banyak.

Kelebihan lain dari oatmeal adalah sebagai galactagogue, makanan yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

Dendeng sapi

Ketika melahirkan, seorang wanita akan kehilangan banyak darah. Bahkan sebagian wanita juga mengalami pendarahan selama berhari-hari pasca melahirkan. Sehingga menyebabkan kekurangan zat besi yang bermuara pada anemia atau kekurangan darah.

Nah makanan sehat yang cocok untuk memulihkan kondisi tersebut adalah dengan mengonsumsi dendeng sapi.

Dendeng sapi mengandung zat besi dan natrium yang bisa membantu mengembalikan elektrolit sehingga bagus untuk memperbaiki protein di dalam tubuh.

 Hati-hati ya Sahabat Dream, kondisi anemia ini bisa membuat produksi ASI menjadi terhambat, sehingga asi sulit keluar.

Telur

Makanan sehat pasca melahirkan selanjutnya adalah telur. Telur ini merupakan sumber protein yang penting untuk membantu menenangkan otot-otot yang sakit setelah berkontraksi sepanjang proses melahirkan.

Telur juga diperkaya dengan omega-3 yang bisa menignkatkan fungsi otak. Sehingga telur bisa mengatasi risiko depresi pasca melahirkan.

Apel

Makanan sehat pasca melahirkan yang terakhir adalah buah apel. Buah apel bermanfaat bagi ibu menyusui karena bisa membantu mengurangi risiko dementia pasca melahirkan. Selain itu bauh apel juga bisa mengurangi tingkat kolesterol jahat yang diakibatkan dari penyumbatan pembulu darah bagi ibu menyusui.

Buah apel juag baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, buah apel juga mengandung serat yang tinggi sehingga berfungsi menjaga kesehatan serta kinerja organ pencernaan. (mut)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Mempertahankan dan memperkuat imunitas tubuh merupakan hal yang penting. Yuk, cek makanan apa saja yang bisa memperkuat imunitas tubuh!

Baca Selengkapnya
Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Memaksimalkan energi dalam tubuh membutuhkan pola makan yang holistik. Yuk, simak jenis-jenis makanan yang bisa memaksimalkan energi tubuh ini!

Baca Selengkapnya
5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan sehat yang membentuk otot dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
Cara Supaya Cepat Haid Secara Alami, Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini!

Cara Supaya Cepat Haid Secara Alami, Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini!

Siklus menstruasi yang teratur penting untuk kesehatan perempuan.

Baca Selengkapnya
Makanan Sehat ‘Cepat Saji’ Rekomendasi Ahli Gizi, Gampang Dicari dan Murah

Makanan Sehat ‘Cepat Saji’ Rekomendasi Ahli Gizi, Gampang Dicari dan Murah

Memilih makanan sehat yang mudah diolah bukan perkara sulit. Bahkan, kamu bisa menemukannya di supermarket atau pasar.

Baca Selengkapnya
5 Makanan Kaya Probiotik, Konsumsi Rutin Biar Lancar BAB

5 Makanan Kaya Probiotik, Konsumsi Rutin Biar Lancar BAB

Salah satu cara menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan adalah dengan mengkonsumsi probiotik secara rutin.

Baca Selengkapnya
Sarapan Sereal Malah Bikin Cepat Lapar, Simak Penjelasan Dokter

Sarapan Sereal Malah Bikin Cepat Lapar, Simak Penjelasan Dokter

Sereal sebenarnya kurang baik dikonsumsi saat sarapan. Bentuk kebiasaan sarapan yang baik dengan memilih menu tepat sesuai saran pakar.

Baca Selengkapnya
Batasi Asupan Karbohidrat Saat Puasa, Biar Tubuh Tak Mudah Lemas

Batasi Asupan Karbohidrat Saat Puasa, Biar Tubuh Tak Mudah Lemas

Tubuh yang biasanya terbiasa menerima asupan makanan dan minuman secara teratur harus menyesuaikan diri dengan pola puasa.

Baca Selengkapnya