Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Manfaat Penting Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

6 Manfaat Penting Buah Semangka Bagi Ibu Hamil Shutterstock.com

Dream – Selama masa kehamilan, Bunda pasti kerap kali mendengar nasihat untuk melakukan diet seimbang selama masa itu terjadi. Pola makan yang tidak sehat mampu memberikan dampak buruk pada bayi maupun sang ibu.

Tentu saja, dalam diet seimbang tetap harus memasukkan menu buah-buah. Terdapat banyak sekali buah-buahan yang sangat bagus untuk dikonsumsi terutama oleh ibu hamil. Apakah termasuk buah semangka?

Semangka merupakan satu diantara banyak buah yang bisa dikonsumsi oleh Bunda. Kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C hingga air membuat buah ini layak untuk dikonsumsi.

Tidak hanya itu saja, buah semangka juga mengandung kalium dan magnesium sangat tinggi. Sehingga tidak mengherankan buah semangka cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Lantas apa saja manfaat buah semangka? Yuk langsung saja simak informasinya berikut ini.

Manfaat Buah Semangka: Mengurangi Resiko Preeklampsia

Buah semangka memiliki kandungan likopen sangat tinggi. Bagi yang belum tahu, likopen secara signifikan mampu mengurangi risiko terjadi preeklampsia pada ibu hamil. Preeklampsia ditandai dengan meningkatnya tekanan darah ibu, serta adanya kadar protein berlebih dalam urin.

Preeklampsia bisa dengan mudah menyebabkan persalinan prematur di samping juga timbul beberapa komplikasi kesehatan lainnya. Preeklampsia tidak hanya bisa terjadi di awal kehamilan saja, melainkan juga bisa menyerang ibu hamil yang telah memasuki trimester ketiga. Tentu saja, gangguan preeklampsia ini sangat berbahaya bagi Bunda yang sedang mengandung.

Manfaat Buah Semangka: Meredakan Rasa Mulas

Dengan mengonsumsi semangka dalam porsi yang tepat dapat memberikan efek positif bagi tubuh. Buah semangka mampu memberikan efek menenangkan pada saluran pencernaan serta perut kalian. Buah semangka diketahui memiliki sifat pendinginan yang sangat ampuh mengatasi berbagai masalah.

Terutama dalam membantu dalam mendinginkan sensasi terbakar di tenggorokan yang kerap Bunda alami. Sensasi terbakar ini pada umumnya diakibatkan karena adanya peningkatan kadar keasaman dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, buah semangka juga bisa mengatasi gangguan asam lambung yang naik selama kehamilan.

Manfaat Buah Semangka: Mencegah Pigmentasi Kulit

Adanya pigmentasi kulit memang kerap terjadi selama masa kehamilan. Hal tersebut juga dapat dikaitkan dengan adanya peningkatan hormone kehamilan di dalam diri Bunda. Salah satu cara mencegah timbulnya gangguan kulit ini yaitu dengan mengonsumsi buah semangka.

Bukan tanpa alasan, buah semangka dkenal kaya akan kandungan airnya. Dengan adanya kadar air yang tinggi membuat sistem pencernaan menjadi sangat lancar. Pada akhirnya hal ini akan memberikan efek berupa terjadi pengurangan risiko Bunda terkena pigmentasi kulit.

Manfaat Buah Semangka: Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Semangka dikenal sebagai sumber vitamin serta mineral yang baik. Fakta tersebut telah dibuktikan dengan adanya peningkatan sistem kekebalan tubuh pada seseorang yang mengonsumsi buah semangka.

Meskipun selama kehamilan Bunda tidak pernah merasakan jatuh sakit, namun akan lebih baik jika mencegahnya sejak dini. Adanya penyakit selama masa kehamilan akan sangat berbahaya dan mengecewakan bagi para ibu hamil.

Manfaat Buah Semangka: Mengurangi Kram Otot

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan membuat Bunda secara otomatis mengalami kenaikan berat badan. Memang, beberapa dokter dan ahli menyarankan Bunda untuk menaikkan berat badan demi si kecil yang sedang di kandung.

Sayangnya, kenaikan berat badan yang terjadi tidak senikmat yang sebagian besar orang bayangkan. Kenaikan berat badan mampu menyebabkan timbulkan rasa sakit di tulang hingga terjadi kram otot. Salah satu cara mengatasi kram otot selama kehamilan yaitu dengan mengonsumsi buah semangka.

Buah ini diketahui mengandung mineral serta magnesium yang sangat tinggi. Keduanya secara efektif mampu meredakan kram pada otot.

Manfaat Buah Semangka: Mendetoksifikasi Racun

Memiliki kadar air sangat tinggi, buah semangka mampu memberikan beragam manfaat bagi ibu hamil. Salah satunya yaitu membuang segala jenis racun yang hinggap dan menempel di dalam tubuh Bunda. Dengan mengonsumsi buah semangka dalam porsi sedang saja sudah mampu bekerja secara efektif dalam detoksifikasi racun.

Bagaimana mengetahui tubuh tidak ada racun? Sangat mudah untuk dianalisa, bila tubuh Bunda sudah tidak lagi merasakan kelelahan maka racun sudah berangsur-angsur menurun. Tentu saja kondisi ini terjadi jika Bunda hanya melakukan aktifitas yang sederhana namun terasa begitu lelah. Selain itu, buah semangka juga bisa membuat tubuh tetap akan selalu berenergi sepanjang hari.
 
(Sumber: Boldsky)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Mencuci Beras Sebelum Dimasak untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Mencuci Beras Sebelum Dimasak untuk Kesehatan Tubuh

Sebelum mengolah beras, muncul pertanyaan apakah lebih baik segera memasaknya atau melakukannya pencucian terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
Manfaat Bayam untuk Kesehatan dan Tips Mengkonsumsinya

Manfaat Bayam untuk Kesehatan dan Tips Mengkonsumsinya

Bayam termasuk sayur yang paling banyak dijadikan menu santapan sehari-hari. Yuk, simak fakta lengkap tentang manfaat bayam!

Baca Selengkapnya
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jangan Sepelekan Tidur Siang bagi Orang Dewasa, Intip 5 Manfaatnya yang Tak Terduga

Jangan Sepelekan Tidur Siang bagi Orang Dewasa, Intip 5 Manfaatnya yang Tak Terduga

Tidur siang memang bukan hanya sekadar keinginan untuk melepas rasa kantuk.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak Rempah

BUNGKUS! Tebak Rempah

Jangan ngaku ahlinya rempah jika tidak tahu bahan-bahan apa saja yang ada di hidangan ini?

Baca Selengkapnya