Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Cara Merawat Gigi Bayi yang Baru Tumbuh

6 Cara Merawat Gigi Bayi yang Baru Tumbuh Sumber: Shutterstock

Dream - Saat gigi pertama bayi tumbuh, rasa tidak nyaman akan terjadi. Mereka akan lebih mudah rewel, lebih sering menggigit dan tak sedikit pula bayi yang demam saat mengalami tumbuh gigi pertama kali.

Ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan, orangtua harus bersiap dengan kemunculan gigi pertama bayi. Apabila buah hati mengalami perubahan perilaku, terutama yang berkaitan dengan mulut, bisa jadi pertanda giginya akan tumbuh.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai pertumbuhan gigi pertama pada bayi dan bagaimana cara merawatnya dengan baik, berikut Dream rangkumkan cara merawat bayi yang baru tumbuh gigi termasuk tips mengatasi rewel yang mungkin muncul.

Tanda-tanda Gigi Bayi akan Tumbuh

Setiap bayi mengalami fase dan tanda pertumbuhan gigi yang tak sama, ada yang baru tumbuh gigi di usia 12 bulan. Ada juga yang sudah tumbuh di usia 6 bulan. Umumnya, bayi akan mengalami tumbuh gigi pertamanya sekitar usia 4-12 bulan.

Bagi bayi di atas usia 12 bulan dan belum tumbuh gigi sama sekali, akan lebih baik segera diperiksakan ke dokter untuk mengantisipasi hal terburuk.

Gigi BayiTanda-tanda tumbuh gigi bisa dilihat dari perubahan sikap bayi, seperti air liur yang lebih banyak dari biasanya, lebih suka menggigit, mudah rewel, sering menangis, susah makan dan demam. Tidak semua bayi mengalami demam saat tumbuh gigi, dan orangtua juga harus waspada apabila demamnya melebihi 38 derajat.

Fakta Pertumbuhan Gigi Bayi

Bagi yang baru pertama kali menghadapi bayi tumbuh gigi, mungkin akan sedikit bingung. Terutama jika si kecil malas makan dan selalu menggesekkan gusinya.

Gigi Bayi


Berikut beberapa hal yang harus dipahami oleh orangtua saat menghadapi bayi yang baru tumbuh gigi:

  • Jangan selalu mengaitkan demam bayi dengan pertumbuhan bayi, karena perubahan suhu signifikan tidak terjadi pada kasus pertumbuhan gigi.
  • Pertumbuhan gigi bayi tidak memiliki keterkaitan dengan kehamilan ibu selanjutnya.
  • Perubahan perilaku bayi yang berkaitan dengan pertumbuhan gigi tidak bisa disimpulkan begitu saja, karena tanda pertumbuhan gigi pada bayi bisa berbeda-beda.

Langkah terpenting dalam mengatasi kepanikan tumbuh gigi pada buah hati adalah dengan memberi perawatan yang tepat. Berikut 6 cara merawat bayi yang baru tumbuh gigi untuk pertama kali.

Gunakan Teether

1. Memberi Mainan Teether
Saat ini ada banyak jenis mainan anak yang menarik dan lucu, salah satunya mainan teething. Umumnya mainan ini terbuat dari bahan silikon aman untuk bayi, bisa digenggam dan digigit.

Bayi dengan usia lebih dari 4 bulan sudah diperbolehkan untuk memainkan mainan ini. Tapi, sebelum memberikannya pada anak, dinginkan terlebih dahulu ke dalam kulkas, untuk mengurangi rasa gatal di gusi anak.

Gigi Bayi

2. Memberinya Camilan Sehat
Apabila pertumbuhan gigi bayi baru terjadi di usia 6 bulan ke atas, bisa memberikan camilan sehat seperti buah dingin atau puding untuk mengurangi rewel pada anak. Ingat untuk selalu memberi makanan yang sehat dan jangan beri makanan dengan gula tambahan seperti permen atau cokelat.

3. Minuman Dingin
Cara merawat bayi yang baru tumbuh gigi ini sangat efektif untuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman di gusi. Tak perlu menggunakan es atau minuman dingin bersoda atau dengan gula tambahan, cukup dengan air putih yang dingin saja.

Usap Gusi

4. Mengusap Gusi
Peralatan perawatan bayi semakin hari semakin beragam dengan fungsinya masing-masing. Ada alat perawatan khusus untuk bayi yang sedang tumbuh gigi. Bentuknya seperti sikat halus kecil yang bisa dipakai di jari  Tidak hanya berfungsi sebagai pembersih, alat ini bisa digunakan untuk mengusap gusi anak dan mengurangi rasa gatal karena gigi yang tumbuh.

5. Beri Handuk Dingin
Selain menggunakan alat perawatan gigi bayi, bisa juga meredakan rasa gatal pada gusi bayi dengan menggunakan handuk dingin yang bersih. Biarkan handuk dingin digigit oleh anak, asalkan handuk dalam kondisi yang bersih.

6. Konsultasi ke Dokter

Gigi Bayi

Ada beberapa kondisi di mana konsultasi dokter sangat diperlukan. Misalnya gejala tumbuh gigi yang sangat tidak umum atau gigi yang tak kunjung tumbuh walau anak sudah berusia lebih dari 1 tahun. Cara ini jadi solusi yang paling akhir apabila segala upaya untuk meredakan bayi rewel saat tumbuh gigi pertama kali.

Tips Merawat Bayi Rewel saat Baru Tumbuh Gigi

Untuk membuat si kecil nyaman saat baru tumbuh gigi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan apabila bayi rewel, seperti:

Gigi Bayi

-    Membiarkan anak menggigit apapun saat ia merasa risih.
-    Selalu cek pertumbuhan gigi bayi dengan meraba gusinya.
-    Selalu sediakan makanan dan minuman dingin untuk mengurangi rasa risih dan gatal.
-    Memberinya pelukan dan ciuman saat ia rewel, karena akan efektif untuk membuat bayi tenang.
-    Jangan menyikat gigi bayi, cukup dengan diusap saja.
-    Jangan menggunakan pasta gigi, sebelum anak berusia 3 atau 4 tahun. (mut)



Sumber: The Parents dan beberapa sumber lain

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Beda Usia, Ternyata Beda Cara Perawatan Gigi Anak

Beda Usia, Ternyata Beda Cara Perawatan Gigi Anak

Jaga kesehatan gigi dan gusi si kecil sejak dini agar tidak bermasalah di kemudian hari.

Baca Selengkapnya
Stop Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Gigi Berlubang

Stop Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Gigi Berlubang

Ternyata menyikat gigi setelah bangun tidur dapat membuat gigi menjadi kurang sehat

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Trik Citra Kirana Ajarkan Anak Sikat Gigi Bebas 'Drama'

Trik Citra Kirana Ajarkan Anak Sikat Gigi Bebas 'Drama'

Sang putra sedang sangat suka makanan manis yang bisa bikin giginya bermasalah.

Baca Selengkapnya