Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Mudah Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Cara Mudah Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Shutterstock.com

Dream – Kaki pegal dan mudah lelah, disertai bengkak sampai membuat alas kaki terasa sempit dan sakit. Kondisi tersebut kerap dikeluhkan oleh ibu hamil.

Pembengkakan biasanya terjadi ketika kehamilan telah memasuki bulan ke-5. Namun, tidak semua ibu mengalami pembengkakan di bulan tersebut.

Bisa saja sebelum bulan ke-5 ataupun sesudahnya. Beberapa bagian tubuh yang membengkak biasanya meliputi kaki, tangan serta wajah.

Mengapa demikian? Semakin bobot bertambah, semakin besar pula tekanan pada kaki. Tubuh juga memproduksi sekitar 50% lebih banyak cairan serta darah selama kehamilan. Sehingga beberapa bagian tubuh mengalami bengkak.

Kendati demikian, terdapat beberapa cara mengatasi kaki bengkak yang bisa diterapkan di rumah. Lantas apa saja cara-caranya? Yuk simak ulasan yang telah Dream rangkum berikut ini.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Olahraga

Masa kehamilan bukan berarti hanya diam di rumah tanpa melakukan aktivitas apa pun. Berdiam diri dan malas bergerak sangat tidak dianjurkan.

Para dokter cenderung menyarankan untuk tetap melakukan aktivitas fisik namun tidak terlalu melelahkan. Beraktivitas terlalu aktif ternyata mampu mengatasi masalah bengkak.

Bisa melakukan olahraga ringan setiap harinya. Tujuannya untuk membantu mengatur sirkulasi darah serta cairan dan redakak pembengkakan.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Hindari Makanan Kemasan

Salah satu penyebab kaki mengalami pembengkakan yaitu banyaknya kandungan natrium yang masuk ke dalam tubuh. Kurangi konsumi makanan gurih bernatrium tinggi saat hamil.

Terutama pada makanan kemasan. Selain itu, adanya tambahan bahan pengawet di dalam makanan kemasan juga mampu mempengaruhi kesehatan janin. Tidak hanya natrium, makanan kemasan juga tinggi akan sodium sehingga tubuh akan memproduksi banyak cairan penyebab kaki bengkak. 

Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Garam Epsom

Merendam kaki dengan air hangat dan garam Epsom mampu membuat sensasi menenangkan bagi tubuh terutama kaki. Perpaduan kedua bahan tersebut dikenal sebagai terapi paling bagus untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil.

Tidak seperti garam laut dan garam dapur, garam Epsom diketahui kaya akan kandungan magnesium sulfat. Garam Epsom diketahui akan menyempitkan pembuluh darah serta membantu mengalirkan darah menjauh dari kaki. 

Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Kurangi Kafein

Salah satu penyebab kaki ibu hamil mengalami pembengkakan yaitu banyaknya kandungan kafein yang dikonsumsi selama kehamilan. Kafein nantinya akan membuat tubuh mempertahankan lebih banyak cairan di dalam tubuh terutama pada kaki.

Hal tersebut karena kafein memiliki sifat meningkatkan retensi air penyebab utama kaki bengkak. Tidak hanya itu saja, kafein juga membuat ibu lebih sering buang air kecil dan mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi.

Dehidrasi merupakan masalah yang harus dihindari setiap ibu hamil. Tidak hanya berisiko pada kehamilan, dehidrasi juga akan membuat tubuh mempertahankan lebih banyak lagi cairan pada tubuh. Untuk mengatasinya, ganti kebiasan mengonsumsi kafein dengan minum teh herbal hangat sebagai gantinya.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Makanan Kaya Kalium

Bisa juga mengonsumsi makanan kaya akan kalium untuk atasi bengkak. Kandungan kalium diketahui memiliki peranan penting dalam penyempitan pembuluh darah serta mengurangi pembengkakan.

Bila tubuh tidak mendapatkan asupan kalium yang cukup maka ibu akan mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Dengan mengonsumsi kalium yang cukup, nantinya akan membantu dalam mengatur kadar garam dan air dalam tubuh. Hal tersebut mampu menurunkan risiko pembengkakan di beberapa bagian tubuh terutama kaki.

Cobalah untuk mengonsumsi sayur dan buah seperti bayam, pisang dan avokad setiap harinya. Asupan tersebut diketahui mengandung kalium tinggi.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Posisi Kaki

Melakukan pijatan kaki sangat membantu ibu hamil dalam menghilangkan stres selama masa kehamilan. Apalagi, pijatan kaki dengan rileks dikenal sangat ampuh untuk mengurangi pembengkakan pada kaki.

Pijatan hangat mampu meningkatkan sirkulasi darah terutama pada kaki dan bagian tubuh lainnya. Ibu juga akan terhindar dari rasa sakit dan pegal otot selama kehamilan.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengistirahatkan kakki 2-3 kali setiap hari selama 20 menit. Letakkan kaki sejajar dengan perut atau lebih tinggi sedikit dari perut. Tujuannya, agar darah bisa mengalir lancar ke bagian tubuh lainnya dan meredakan pembengkakan. (mut)
 
 
 
(Sumber: Boldsky)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kaki Terus Menerus Gatal Saat Hamil, Normalkah?
Kaki Terus Menerus Gatal Saat Hamil, Normalkah?

Ada ibu hamil yang mungkin tak mengalammi mual atau sakit kepala, tapi ia malah terserang gatal di kaki.

Baca Selengkapnya
Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya
Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata kaki sakit sebelah kiri bisa disebabkan banyak faktor. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Yuk penyebabnya terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi, Biar Nggak Mengganggu Aktivitas Sehari-hari
Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi, Biar Nggak Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Perubahan hormon ternyata bisa mempengaruhi pergerakan usus yang menyebabkan perut kembung.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kaki Bengkak Saat Duduk Terlalu Lama, Redakan dengan Cara Ini
Kaki Bengkak Saat Duduk Terlalu Lama, Redakan dengan Cara Ini

Kaki yang bengkak bisa terjadi akibat terlalu lama duduk atau berdiri. Atasi dengan beberapa gerakan agar aktivitas tetap lancar.

Baca Selengkapnya
Tak Perlu Panik Saat Gejala Kehamilan Hilang dan Muncul Lagi
Tak Perlu Panik Saat Gejala Kehamilan Hilang dan Muncul Lagi

Beberapa ibu sedikit khawatir karena menghilangnya gejala kehamilan sering dianggap pertanda yang kurang baik.

Baca Selengkapnya
Sering Sakit Kepala Saat Menstruasi, Begini Cara Tepat Mengatasinya
Sering Sakit Kepala Saat Menstruasi, Begini Cara Tepat Mengatasinya

Ini yang perlu kamu ketahui tentang sakit kepala saat menstruasi.

Baca Selengkapnya
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget

Bayi bisa mengalami hal-hal yang mungkin dianggap aneh, padahal sebenarnya cukup normal.

Baca Selengkapnya