5 Refleks yang Hanya Dimiliki Bayi Baru Lahir

Beberapa refleks bayi menghilang secara tiba-tiba, biasanya antara usia tiga dan enam bulan, sementara yang lain berangsur-angsur digantikan oleh perilaku yang lebih disengaja.

Mutia Nugraheni
| 1 Maret 2021 12:03

Refleks Moro

Pernah melihat bayi monyet menempel pada ibunya? Jika bayi berbaring telentang terlalu tiba-tiba, merasa kepalanya tidak tertopang, atau dikejutkan oleh suara yang keras, dia akan mengangkat tangan dan kakinya ke depan seolah-olah ingin meraih sesuatu.

"Refleks bayi ini seperti memberi tahu orangtuanya bahwa dia ingin digerakkan dengan lebih lembut," kata Penelope Leach, seorang psikolog dikutip dari Todays Parent.

Refleks melangkah
Alyson Shaw, konsultan pediatrik di Rumah Sakit Anak Ottawa di Ontario Timur, menggambarkan refleks bayi yang membingungkan tapi lucu. Yaitu jika menggendong bayi dengan kaki menyentuh permukaan yang kokoh, dia akan mengangkat kakinya satu per satu seolah-olah berjalan.

"Tidak ada penjelasan biologis yang diketahui untuk refleks khusus ini. Jika menahannya dalam posisi berdiri saat dia kesal, dia terlihat seperti sedang menginjak kakinya," ujar Shaw.

 

Selanjutnya :

Refleks meluruskan

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan