5 Refleks yang Hanya Dimiliki Bayi Baru Lahir

Beberapa refleks bayi menghilang secara tiba-tiba, biasanya antara usia tiga dan enam bulan, sementara yang lain berangsur-angsur digantikan oleh perilaku yang lebih disengaja.

Mutia Nugraheni
| 1 Maret 2021 12:03

Menangis tapi tidak meneteskan air mata

Bayi baru lahir sering menangis, tetapi mereka tidak dapat meneteskan air mata. Hal ini karena saluran air mata tak berfungsi sampai mereka berusia antara tiga hingga 13 minggu. Bayi baru lahir dapat menghasilkan “air mata basal” yaitu air mata nonemosional yang dihasilkan untuk menjaga mata tetap lembab.

Tidak memiliki tempurung lutut
Jika dilakukan rontgen pada kaki, kita tidak akan melihat apa pun di tempurung lututnya. Kondisi lutut di rontgen hanya berupa bintik-bintik kecil. Mengapa? Semua tulang berawal sebagai tulang rawan, dan akan mengeras seiring waktu.

Tempurung lutut membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terbentuk (3 hingga 5 tahun) dan karena tulang rawan tidak terlihat pada sinar-X, bayi tampaknya tidak memiliki tempurung lutut. Kurangnya tempurung lutut yang keras adalah hal yang baik, karena jaringan spons berfungsi untuk menyerap beberapa penyalahgunaan yang dilakukan balita selama bulan-bulan merangkak dan dari sering jatuh.

 

Selanjutnya :

Memiliki lebih banyak tulang daripada orang dewasa

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan