5 Refleks yang Hanya Dimiliki Bayi Baru Lahir

Beberapa refleks bayi menghilang secara tiba-tiba, biasanya antara usia tiga dan enam bulan, sementara yang lain berangsur-angsur digantikan oleh perilaku yang lebih disengaja.

Mutia Nugraheni
| 1 Maret 2021 12:03

Bikin Tercengang, 4 Fakta Unik Bayi Baru Lahir

Dream - Bayi yang baru lahir tampak begitu mungil dan rapuh. Wajahnya bisa tampak berbeda dalam sekejap. Hanya bisa menangis, tidur dan mengedipkan mata. Hal yang paling menggemaskan adalah refleksnya menggenggam (palmar grasp reflex).

Saat kita menaruh telunjuk di jari-jarinya, si bayi akan menggengam dengan erat. Respons yang sangat manis dan menghangatkan hati dan juga sebagai penanda kalau perkembangan syarafnya dalam kondisi normal.

Respons ini akan hilang ketika bayi berusia 3 atau 4 bulan. Bayi yang baru lahir memang memiliki keunikan tersendiri yang kerap tak disadari. Penasaran? Yuk simak fakta-faktanya berikut.

Tidak bisa merasakan garam
Bayi terlahir dengan indera perasa yang berkembang dengan baik, tetapi tidak bisa merasakan garam. Penelitian menunjukkan bahwa bayi tidak dapat merasakan garam sampai mereka berusia sekitar empat bulan.

Bayi baru lahirnya rupanya dapat mencicipi rasa lain sebaik orang dewasa, terutama rasa manis, pahit, dan asam, dan bahkan mungkin lebih baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi sebenarnya memiliki lebih banyak indra perasa daripada orang dewasa.

 

Selanjutnya :

Menangis tapi tidak meneteskan air mata

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan