5 Refleks yang Hanya Dimiliki Bayi Baru Lahir

Beberapa refleks bayi menghilang secara tiba-tiba, biasanya antara usia tiga dan enam bulan, sementara yang lain berangsur-angsur digantikan oleh perilaku yang lebih disengaja.

Mutia Nugraheni
| 1 Maret 2021 12:03

 

Dream - Bayi yang baru lahir begitu mungil dan lebih banyak tidur. Saat bergerak pun tak banyak mengeluarkan suara. Setiap bayi yang lahir secara alami memiliki gerakan refleks.

Bayi lahir dengan sebanyak 75 refleks. Beberapa refleks bayi menghilang secara tiba-tiba, biasanya antara usia tiga dan enam bulan, sementara yang lain berangsur-angsur digantikan oleh perilaku yang lebih disengaja.

Apa saja yang termasuk gerakan refleks pada bayi?

Refleks mulut
Kelompok refleks ini adalah tentang bertahan hidup. Belai pipi bayi, dan dia akan menoleh ke arah sentuhan dengan mulut terbuka. Refleks ini membantunya menemukan dan menempel pada puting. Bayi juga akan menyusu saat langit-langit lunak atau mulut distimulasi. Refleks muntah juga membantu mencegah tersedak. Jika ada sesuatu yang menyentuh bagian belakang tenggorokannya, rahangnya turun dan lidahnya akan didorong ke depan untuk mendorongnya keluar.

 

Selanjutnya :

Refleks Moro

Women Spirit in Natural & Sustainable Living

Jangan Lewatkan