Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Macam Penyakit Kulit yang Sering Menyerang Anak

5 Macam Penyakit Kulit yang Sering Menyerang Anak Sumber: Pixabay

Dream - Ada begitu banyak macam-macam penyakit kulit. Tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, penyakit kulit juga bisa terjadi pada anak.

Sebagian besar penyakit kulit anak disebabkan oleh adanya jamur kulit yang hidup dan tumbuh di lapisan atas sel kulit. Umumnya, jamur ini berkembang di daerah tubuh yang lembap seperti selangkangan, pergelangan, dan bagian kulit lainnya.

Dilansir dari laman Children National Health System, beberapa infeksi yang disebabkan oleh jamur akan menyebabkan iritasi ringan pada kulit anak. Namun, ada beberapa infeksi jamur yang bisa menyebabkan macam-macam penyakit kulit lainnya.

Selain infeksi kulit dan iritasi karena jamur, ada beberapa macam penyakit kulit lainnya yang bisa dialami oleh anak karena infeksi virus, seperti 5 macam penyakit kulit ini:

Penyakit Kulit Kurap

Macam-macam penyakit kulit yang bisa terjadi pada anak salah satunya adalah kurap. Atau dalam bahasa medis disebuat dengan tinea infection.

Penyakit kulit yang satu ini berbeda dengan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur pada umumnya. Kurap ditandai dengan bercak merah bersisik yang berbentuk bening dengan bagian tengahnya yang bening.

Kurap bisa tertular pada anak karena beberapa hal, seperti:
-    Kurang gizi
-    Lingkungan yang kurang bersih
-    Iklim yang hangat
-    Kontak langsung dengan orang lain yang berkurap
-    Tertular dari hewan yang berkurap
-    Pengaruh obat-obatan

Kurap sendiri memiliki banyak jenis, di antaranya tinea pedis atau kurap kaki, tinea cruris, tinea capitis, kurap kuku, dan masih banyak lagi macam penyakit kulit kurap.

Penyakit Kulit Tinea Versicolor

Penyakit kulit yang satu ini terjadi karena infeksi jamur yang umumnya ditandai dengan bercak terang atau bercak yang lebih gelap dari bagian kulit lain di bagian dada dan punggung.

Walau lebih sering terjadi pada anak remaja dan dewasa, tidak menutup kemungkinan terjadi pada anak usia balita.

Penyakit kulit ini biasanya dikarenakan penggunaan sampo yang kurang bersih saat membilas. Tinea versicolor juga bisa hilang dan bisa muncul kembali. Untuk mengatasi penyakit kulit yang satu ini, biasanya dokter akan memberikan resep krip topikal, obat anti jamur, dan perawatan sampo khusus selama satu bulan.

Selain itu, penyakit kulit ini juga bisa menyebabkan perubahan warna kulit pada anak, dan untuk memperoleh warna kulit yang normal, butuh waktu beberapa bulan.

Penyakit Kulit Herpes Zoster

Selain disebabkan oleh jamur, ada beberapa macam penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti herpes zoster. Penyakit kulit ini disebabkan karena reaktivitasi cirus varicella zoster atau cacar air.

Penyakit ini akan menyebabkan ruam kecil di seluruh bagian tubuh, dan terkadang disertai dengan rasa sakit dan perih. Herpes zoster, biasa muncul setelah anak sembuh dari cacar air, yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga membuat saraf dari virus ini hidup kembali.

Herpes zoster sering terjadi pada bagian belakang tubuh hingga pantat, lengan, kaki, bahkan wajah. Sedangkan gejala yang dialami anak yang terkenal penyakit ini bisa berbeda-beda, umumnya:
-    Hipersensitivitas kulit
-    Ruang ringan
-    Kulit yang melepuh
-    Dan ruam yang tak kunjung hilang

Penyakit Kulit Kutil

Selain herpes zoster, macam penyakit kulit yang disebabkan oleh virus lainnya adalah kutil. Banyak yang mengira kutil hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun sebenarnya kutil banyak terjadi pada anak-anak.

Kutil adalah kondisi di mana terjadi pertumbuhan kulit non-kanker yang disebabkan oleh virus papillomavirus. Parahnya, kutil bisa menular dan menyebar ke beberapa bagian tubuh lain. Jenis penyakit kulit kutil ini juga ada beragam.

Untuk mengatasi kutil, perlu perawatan khusus yang harus melalui resep dokter yang harus mempertimbangkan banyak hal seperti, usia anak, kondisi kesehatan anak, besarnya kutil, dan referensi lainnya.

Penyakit Kulit Moluskum Kontagiosum

Macam penyakit kulit yang bisa terjadi pada anak-anak selanjutnya adalah moluskum kontagiosum yang disebabkan oleh virus. Penyakit kulit ini biasanya ditandai dengan benjolan kecil berwarna merah muda pada kulit anak.

Virus yang menyebabkan jenis penyakit kulit ini bernama poxvirus, dan sering terjadi pada anak-anak serta remaja. Infeksi virus ini bisa menyebabkan benjolan tersebut menyebar hingga bisa juga menular ke orang lain, walau peluangnya kecil.

Penyakit kulit yang satu ini tidak terlalu berbahaya, dan masih bisa diobati dengan beberapa perawatan dan dengan konsumsi obat. Namun, untuk mendapatkan perawatan dan obat yang tepat, tetap harus memakai resep dari dokter ya, Sahabat Dream.


Semoga bermanfaat!

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Perawatan Penting Kulit Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Iritasi

Perawatan Penting Kulit Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Iritasi

Kulit si kecil rentan mengalami iritasi dan ruam karena suhu maupun bahan-bahan tertentu. Jangan sampai tumbuh kembangnya terganggu karena masalah kulit.

Baca Selengkapnya
Ciri Anak Terkena Penyakit Ain yang Wajib Diwaspadai, Para Orang Tua Harus Tahu!

Ciri Anak Terkena Penyakit Ain yang Wajib Diwaspadai, Para Orang Tua Harus Tahu!

Penyakit ain bukanlah penyakit baru. Tetapi sudah ada sejak zaman Rasulullah saw yang berhubungan dengan pandangan.

Baca Selengkapnya
Anak Demam Ternyata Tak Boleh Asal Dikerok, Kulitnya Bisa Iritasi

Anak Demam Ternyata Tak Boleh Asal Dikerok, Kulitnya Bisa Iritasi

Banyak orangtua yang suka mengerok buah hatinya, dengan harapan gejala demam segera mereda. Ternyata bisa berbahaya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua

Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua

Anak keras kepala cenderung ingin mencoba sesuatu dan tak mendengar pendapat orang lain.

Baca Selengkapnya
Kulit Kemerahan Akibat Jerawat?  Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat? Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kemerahan atau peradangan akibat jerawat dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan kulit tertentu.

Baca Selengkapnya
Panduan Memilih dan Memakai Sunscreen untuk Anak

Panduan Memilih dan Memakai Sunscreen untuk Anak

Sunscreen disarankan untuk dipakai sejak bayi, namun pemakaiannya harus tepat. Produknya pun harus dipilih dengan cara yang tepat agar perlindungannya maksimal.

Baca Selengkapnya
Cokelat Bukan Pemicu Munculnya Jerawat, Ini Penjelasan Dokter Kulit

Cokelat Bukan Pemicu Munculnya Jerawat, Ini Penjelasan Dokter Kulit

Ternyata, cokelat tidak menyebabkan munculnya jerawat atau masalah kulit lainnya. Kandungan lain dalam cokelat yang menyebabkan hal tersebut.

Baca Selengkapnya
Sering Berjerawat karena Hormon, Remaja Penting Banget Tahu Kunci Perawatan Kulit

Sering Berjerawat karena Hormon, Remaja Penting Banget Tahu Kunci Perawatan Kulit

Remaja umumnya memiliki kulit yang lebih sensitif. Perubahan hormon yang terjadi pada masa ini seringkali memicu munculnya jerawat atau masalah kulit lainnya.

Baca Selengkapnya
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Begadang bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang pada anak. Ketahui apa saja dampak begadang lainnya.

Baca Selengkapnya