Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Tips Mencegah Baby Blues pada Ibu Muda

4 Tips Mencegah Baby Blues pada Ibu Muda Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Perubahan suasana hati setelah melahirkan merupakan keadaan yang kerap dialami ibu. Rasa lelah, stres dan kecemasan jadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Kondisi ini dikenal dengan nama baby blues, yaitu bentuk depresi ringan yang umum dialami oleh mayoritas ibu hamil. Sekitar 70-80 persen ibu hamil di dunia mengalami baby blues setelah melahirkan.

Sebenarnya hal ini sangat wajar terjadi ketika baru pertama kali memiliki bayi. Tapi, hal ini akan menjadi masalah besar jika ibu tidak segera mengatasinya.

Ciri-ciri umum ketika mengalami baby blues adalah ketika seorang ibu yang baru saja melahirkan merasa mudah menangis, cepat tersinggung dan sedikit tertekan. Untuk itu, ibu penting untuk melakukan beberapa cara berikut demi mencegah baby blues.

Bicarakan Kekhawatiran yang Dialami

Bicarakan dengan dokter apapun yang sedang dialami. Saat melakukan konsultasi kehamilan rutin, bicarakan perasaan-perasaan yang terjadi. Mungkin saja dokter bisa mendeteksi tanda-tanda depresi yang tidak disadari. Dokter akan membantu mengenali gejalanya dan akan memberikan saran terbaik untuk ibu.

Selain itu, komunikasikan dengan suami perasaan-perasaan yang mengganggu saat sedang hamil. Ibu bisa mencurahkan segala kegelisahan dan kecemasan tentang diri sendiri, tentang bayi, maupun tentang masa depan keluarga.

Tentu saja, komunikasi dilakukan dari hati ke hati agar suami bisa memahami apa yang dirasakan oleh istri. Berbicara dengan suami, pastinya bisa membuat beban istri sedikit terangkat dan juga membuat lega. Selain itu bisa membuat hubungan suami dan istri semakin terbuka.

Melepas Stres

Menurut Diane Sanford, Ph.D., penulis buku "Postpartum Surival Guide", ibu yang sehari melepas stres selama 15 menit cenderung bisa mengatasi tekanan yang terjadi dalam rumah tangga daripada ibu yang tidak mencoba sedikit bersantai.

Lakukan kegiatan yang disukai untuk melepas penat. Hal itu bisa berupa meditasi, perawatan diri, belanja, dan nongkrong bersama teman-teman untuk saling bertukar cerita.

Melepas stres bagi ibu hamil merupakan kegiatan yang sangat penting. Hal ini dapat mencegah terjadinya baby blues dan juga membuat ibu tidak terlalu bosan dengan kegiatannya yang monoton. Dengan melakukan hal ini, ibu akan merasa senang dan merasa tidak sendiri dalam menghadapi masa kehamilan ini.

Ikut Tidur saat Bayi Sedang Tidur

Saat bayi sedang tidur, alangkah baiknya ibu juga ikut tidur. Kebanyakan ibu muda memanfaatkan waktu bayi tidur untuk beres-beres rumah atau berbelanja perlengkapan bayi. Tapi, ibu juga harus pintar-pintar mengatur waktu untuk beristirahat untuk kesehatan fisik dan mental ibu.

Untuk ibu hamil ataupun baru melahirkan, alangkah baiknya jangan sungkan untuk meminta bantuan ke orang lain. Bisa meminta bantuan ke suami ataupun menyewa astisten rumah tangga. Hal ini harus dilakukan agar ibu terhindar dari stres dan juga bisa lebih banyak beristirahat.

Konsumi Omega 3

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi asam lemak omega 3 dapat mengurangi risiko kelahiran prematur dan mencegah baby blues pada ibu.

Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga harus diperoleh melalui makanan. Ibu yang mengkonsumsi omega 3 yang cukup selama hamil akan lebih kebal terhadap baby blues.

Konsumsi omega 3 yang cukup juga berpengaruh pada perkembangan otak anak. Omega 3 yang masuk pada tubuh ibu hamil akan diangkut secara khusus menuju plasenta janin yang sedang berkembang.

Dari banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah baby blues, intinya saat ibu merasa keadaan psikisnya tidak stabil, harus segera dikonsultasikan ke dokter maupun ke suami agar terhindari dari baby blues. (mut)

( Jossi Andriani / dikutip dari berbagai sumber )

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ayah Ternyata Juga Alami Baby Blues tapi Cenderung Menutupi
Ayah Ternyata Juga Alami Baby Blues tapi Cenderung Menutupi

Para ayah tampak tenang saat bayinya lahir, tapi sebenarnya menyimpan kecemasan besar.

Baca Selengkapnya
Tertinggi di Asia, 57 Persen Ibu di Indonesia Mengalami Baby Blues
Tertinggi di Asia, 57 Persen Ibu di Indonesia Mengalami Baby Blues

Ibu akan mengalami gelombang perasaan yang naik turun.

Baca Selengkapnya
Cerita Siti Atikoh Alami Baby Blues Usai Melahirkan Putranya Alam Ganjar
Cerita Siti Atikoh Alami Baby Blues Usai Melahirkan Putranya Alam Ganjar

Siti Atikoh menyebut Ganjar Pranowo selalu memberikan semangat sehingga semua kembali normal.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget

Bayi bisa mengalami hal-hal yang mungkin dianggap aneh, padahal sebenarnya cukup normal.

Baca Selengkapnya
Rawat Kondisi Mental Saat Hamil, Ibu Dianjurkan Konsultasi
Rawat Kondisi Mental Saat Hamil, Ibu Dianjurkan Konsultasi

Saat Hamil Level Cemas Meningkat, Pastikan Ibu Rawat Kesehatan Mental

Baca Selengkapnya
Gampang Marah Saat Hamil? Jangan Buru-Buru Salahkan Hormon
Gampang Marah Saat Hamil? Jangan Buru-Buru Salahkan Hormon

Jangan ragu untuk minta bantuan profesional ketika mengalami masalah emosi yang sangat menganggu saat hamil.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! 3 Tutotrial Hijab Simple Dan Mudah
DRESS IT! 3 Tutotrial Hijab Simple Dan Mudah

Sahabat Dream lagi nggak mau ribet? Nih tips and trick 3 cara tampil dengan hijab simple dan mudah. Yuk coba

Baca Selengkapnya