4 Tanda Nyeri Kontraksi Bakal Berujung Persalinan

Jika mengalami tanda-tanda berikut, segera pergi ke rumah sakit atau bidan untuk persalinan.

Mutia Nugraheni
| 24 September 2018 14:10

Dream - Rasa kram atau perut seperi sangat kencang, kerap dialami para ibu hamil. Terutama saat mereka banyak aktivitas dan kelelahan. Hal ini biasanya disebut kontraksi palsu atau braxton hicks.

Artinya, kontraksi yang muncul hanya berupa mengencangnya otot-otot rahim yang tak stabil dan tak disertai tanda persalinan lainnya. Lalu bagaimana bisa tahu kontraksi yang dialami merupakan tanda-tanda persalinan?

Ada empat hal yang bisa ibu mengalami kontraksi di trimester terakhir. Jika mengalami tanda-tanda berikut, segera pergi ke rumah sakit atau bidan untuk persalinan.

1. Sakit menjalar ke area punggung
Kontraksi palsu biasanya hanya muncul rasa kencang dan kram di area perut. Pada kontraksi persalinan yang sebenarnya, rasa nyeri tersebut bakal menjalar ke area punggung. Hal ini karean kontraksi bakal melibatkan seluruh otot rahim dan menyebabkan tekanan dan pengencangan di punggung.

2. Rasa nyeri tak menghilang bahkan bertambah hebat
Kontraksi persalinan yang benar adalah terus menerus dan tidak berkurang, bahkan meningkat intensitasnya. Sementara kontraksi palsu biasanya mereda jika ibu minum banyak air dan beristirahat.

3. Berpola
Kontraksi persalinan akan mengikuti pola dan menjadi lebih kuat dan lebih dekat. Semakin sakit dan semakin sering. Hal ini merupakan pertanda baik dan sangat normal.

4. Disertai pembukaan serviks
Ini adalah satu-satunya tanda pasti bahwa persalinan itu nyata. Kontraksi persalinan yang benar akan menyebabkan serviks terbuka atau biasanya disebut bukaan 1, bukaan 2 dan seterusnya. Untuk mengetahui kondisi bukaan serviks perlu dilakukan pemeriksaan vagina.

Sumber: Baby and Co

 

Ayu Tingting, Kisah Masa Kecil dan Resiko Jadi Populer

Jangan Lewatkan