4 Perusahaan Farmasi yang Mulai Uji Klinik Vaksin Covid-19 untuk Anak

Hingga saat ini belum ada vaksin Covid-19 untuk anak.

Mutia Nugraheni
| 19 Januari 2021 12:02

Dream - Sejak akhir 2020 hingga awal 2021, sejumlah negara mulai menyuntikkan vaksin Covid-19 untuk para warganya. Kelompok yang diutamakan adalah tenaga kesehatan, mereka yang melakukan pekerjaan di ranah publik dan orang yang memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Anak-anak memang belum bisa mendapatkan vaksin ini, lantaran komposisi vaksin untuk anak berbeda dengan orang dewasa. Sistem imunitas anak bekerja dengan cara berbeda dan dosis vaksin harus benar-benar diperhatikan sesuai usia dan berat badan anak agar aman dan efektif.

Hingga saat ini belum ada vaksin Covid-19 untuk anak. Sejumlah perusahaan farmasi masih melakukan penelitian dan uji klinik agar vaksin Covid-19 untuk anak bisa segara diproduksi. Penting diketahui, melakukan uji klinik pada anak jauh lebih sulit.

Ketakutan dan kekhawatiran orangtua jadi salah satu penyebabnya. Jumlah responden anak yang tak cukup membuat uji klinik sulit untuk memasuki tahapan selanjutnya. Meski demikian, beberapa perusahaan farmasi dunia mulai melakukan pengembangan vaksin Covid-19 untuk anak. Perusahaan apa saja?

Selanjutnya :

1. Pfizer

Vaksinasi Harus Disertai dengan Protokol Kesehatan

Jangan Lewatkan