Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Hal yang Sering Tak Disadari Bikin Sulit Hamil

4 Hal yang Sering Tak Disadari Bikin Sulit Hamil Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Beberapa pasangan harus melakukan usaha ekstra demi mendapat keturunan. Sederet pemeriksaan medis harus dilakukan, jika memang ingin menjalankan program hamil secara intensif.

Ada aspek lain yang juga harus diketahui pasangan suami istri yang ingin segera mendapat momongan, yaitu memperbaiki gaya hidup. Menurut beberapa penelitian, gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko gangguan kesuburan yang mempersulit pasangan memperoleh keturunan.

Hal ini juga sering tak disadari. Apa saja? Sangat penting untuk disimak.

Merokok
Kebiasaan merokok tidak hanya berdampak buruk pada kesuburan, namun pada kesehatan secara umum. Pada pria, merokok dapat menyebabkan menurunnya produksi sperma, motilitas (pergerakan), dan morfologi (bentuk) yang normal.

"Hal ini juga memiliki efek terhadap kerusakan DNA (materi genetik) sperma. Sementara pada wanita, kandungan pada rokok selain dapat mengacaukan hormon, juga dapat mempengaruhi kualitas sel telur," kata dr. Shanty Olivia Jasirwan, Sp.OG-KFER, yang praktik di RS Pondok Indah seperti dikutip dari rilis yang diterima Dream.

 

Berat badan

Berat badan seseorang acapkali berkaitan dengan kebiasaan makan dan banyaknya aktivitas. Berat badan berlebih ataupun kurang memiliki efek samping kesehatan yang cukup luas termasuk pada kesuburan.

Berat badan yang tidak ideal ini biasanya diartikan sebagai indeks massa tubuh (IMT) yang tinggi (IMT lebih dari 25) maupun rendah (IMT kurang dari 20). Pada wanita, obesitas dan kurangnya berat badan dapat memicu gangguan kesuburan akibat ketidakseimbangan hormonal dan gangguan ovulasi.

Sementara pada pria, beberapa penelitian membuktikan bahwa obesitas dapat menurunkan kualitas semen, konsentrasi, dan motilitas sperma. Berat badan berlebih juga dapat meningkatkan kerusakan DNA sperma. Sebuah studi di luar negeri pun membuktikan bahwa disfungsi ereksi dapat disebabkan oleh faktor kegemukan.

Selain obesitas, berat badan yang kurang juga merupakan faktor pemicu gangguan kesuburan pada pria. Mereka yang memiliki berat badan rendah memiliki konsentrasi sperma yang lebih rendah dibandingkan pria dengan berat badan ideal.

 

Olahraga berlebihan

Di satu sisi, olahraga teratur merupakan salah satu modifikasi gaya hidup yang baik untuk kesehatan termasuk kesuburan. Aktivitas fisik terbukti memiliki dampak positif terhadap kesuburan terutama pada mereka yang memiliki berat badan berlebih dalam upaya mengurangi berat badan. Namun olahraga yang berlebihan ternyata berefek negatif terhadap keseimbangan energi pada tubuh yang dapat mempengaruhi sistem reproduksi.

"Jika kebutuhan energi melebih jumlah asupan makanan, maka keseimbangan negatif akan terjadi dan berefek pada gangguan pusat pengatur hormon di otak (disfungsi hipotalamus) sehingga terjadilah siklus haid yang tidak teratur," ujar dr. Shanty.

Olahraga berlebihan adalah olahraga yang dilakukan dengan frekuensi yang sering, intensitas yang tinggi, dan durasi yang lama. Salah satu contohnya adalah jenis olahraga kardiovaskular (seperti bersepeda dan aerobik) yang dilakukan lebih atau sama dengan 4 jam per minggu.

 

Konsumsi kafein berlebihan

Selain kopi, beberapa minuman atau makanan yang mengandung kafein seperti teh dan soft drink serta cokelat dipercaya memiliki kaitan dengan lamanya seseorang untuk mendapatkan keturunan, walaupun mekanisme dan bukti ilmiahnya masih belum terlalu jelas.

"Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mempengaruhi fungsi reproduksi wanita dengan mengganggu fungsi ovulasi dan perubahan kadar hormon," ungkap dr Shanty.

Amankah Ibu Hamil Naik Turun Tangga? Yuk, Cari Tahu

Dream - Tinggal di rumah yang memiliki lebih dari satu lantai, kita memang harus ekstra tenaga. Dalam kondisi tubuh yang fit dan normal, tentunya naik turun tangga tidak masalah. Bagaimana pada ibu hamil?

Mungkin para ibu hamil, banyak mendengar peringatan untuk menghindari aktivitas naik turun tangga. Dikutip dari MomJunction, sebanarnya ibu hamil boleh naik turun tangga selama kondisi kehamilannya tak bermasalah dan tubuhnya masih seimbang.

"Salah satu ketakutan terbesar jika ibu hamil naik atau turun tangga adalah tersandung atau jatuh. Pada bulan-bulan akhir kehamilan, pergeseran pusat gravitasi tubuh meningkatkan risiko jatuh. Pada tahap ini, jatuh dari tangga, terutama pada perut, dapat menyebabkan komplikasi kehamilan," kata dr. Sangeeta Agrawal, seorang dokter kandungan.

 

Hal yang Harus Diwaspadai

Pada minggu ke-37 kehamilan, bayi masuk ke dalam panggul dan bobotnya meningkat pesat. Hal ini akan membuat ibu sulit berjalan dan menjaga keseimbangan.

"Jika ibu hamil memang harus naik tangga, lakukan dengan perlahan sambil memegang penyangga atau dinding. Lakukan selangkah demi selangkah, atur napas dan tetap fokus, jangan sampai terpeleset," ungkap Agrawal.

Penting juga mengetahui beberapa kondisi di mana ibu hamil tak diperbolehkan untuk menaiki tangga. Antara lain, ketika di awal kehamilan memiliki riwayat pendarahan, merasakan kram hebat di perut atau kaki, mengalami kontraksi padahal belum mendekati tanggal persalinan.

Bagi ibu yang mengalami preklamsia atau tekanan darah tinggi saat hamil, juga sbeainya menghindari naik turun tangga. Termasuk yang memiliki riwayat level gula darah tinggi. Kondisi tersebut kerap membuat ibu pusing dan kehilangan keseimbangan sehingga sangat berisiko jika naik turun tangga.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Ini adalah rahasia menjaga hubungan agar tetap langgeng. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
Sedang Program Hamil? Bisa Mulai dari 5 Persiapan Fisik

Sedang Program Hamil? Bisa Mulai dari 5 Persiapan Fisik

Coba lakukan rutin mulai sekarang agar tubuh fit maksimal saat hamil.

Baca Selengkapnya
15 Tas Lebaran Wanita untuk Menunjang Penampilan di Hari yang Fitri

15 Tas Lebaran Wanita untuk Menunjang Penampilan di Hari yang Fitri

Berikut adalah beberapa rekomendasi tas Lebaran wanita untuk menunjang penampilan di hari yang fitri. Yuk simak!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kadar Hb Ibu Hamil Rendah Bisa Berujung Bahaya

Kadar Hb Ibu Hamil Rendah Bisa Berujung Bahaya

Perhatikan asupan sehari-hari untuk menjaga level Hb tetap normal selama hamil.

Baca Selengkapnya
Ini Tips Buat Kamu yang Ingin Terapkan Gaya Hidup Minimalis di 2024

Ini Tips Buat Kamu yang Ingin Terapkan Gaya Hidup Minimalis di 2024

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ingin mencoba hidup minimalis dan sederhana.

Baca Selengkapnya
Gampang Marah Saat Hamil? Jangan Buru-Buru Salahkan Hormon

Gampang Marah Saat Hamil? Jangan Buru-Buru Salahkan Hormon

Jangan ragu untuk minta bantuan profesional ketika mengalami masalah emosi yang sangat menganggu saat hamil.

Baca Selengkapnya