4 Hal yang Sering Tak Disadari Bikin Sulit Hamil

Sangat penting untuk disimak bagi pasangan yang sedang merencanakan program hamil.

Mutia Nugraheni
| 23 Maret 2020 16:02

Dream - Beberapa pasangan harus melakukan usaha ekstra demi mendapat keturunan. Sederet pemeriksaan medis harus dilakukan, jika memang ingin menjalankan program hamil secara intensif.

Ada aspek lain yang juga harus diketahui pasangan suami istri yang ingin segera mendapat momongan, yaitu memperbaiki gaya hidup. Menurut beberapa penelitian, gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko gangguan kesuburan yang mempersulit pasangan memperoleh keturunan.

Hal ini juga sering tak disadari. Apa saja? Sangat penting untuk disimak.

Merokok
Kebiasaan merokok tidak hanya berdampak buruk pada kesuburan, namun pada kesehatan secara umum. Pada pria, merokok dapat menyebabkan menurunnya produksi sperma, motilitas (pergerakan), dan morfologi (bentuk) yang normal.

" Hal ini juga memiliki efek terhadap kerusakan DNA (materi genetik) sperma. Sementara pada wanita, kandungan pada rokok selain dapat mengacaukan hormon, juga dapat mempengaruhi kualitas sel telur," kata dr. Shanty Olivia Jasirwan, Sp.OG-KFER, yang praktik di RS Pondok Indah seperti dikutip dari rilis yang diterima Dream.

 

Selanjutnya :

Berat badan

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup

Jangan Lewatkan