4 Gejala Tongue Tie yang Harus Diwaspadai

Bisa berdampak buruk pada asupan gizi bayi, segera cara solusi.

Mutia Nugraheni
| 1 November 2017 14:03

Dream - Masalah tongue tie jadi hal yang paling mengkhwatirkan para ibu. Tongue tie atau ankyloglossia adalah kondisi di mana pangkal lidah bayi bagian bawah terhubung dengan bagian mulut. Hal ini menyebabkan terbatasnya pergerakan lidah.

Dengan terbatasnya gerakan lidah, maka bayi akan sangat sulit untuk mengisap susu di payudara secara maksimal. Bayi pun jadi sulit kenyang, rewel, dan berat badannya tak naik signifikan.

Tak hanya itu, ibu juga mengalami nyeri luar biasa di payudara karena pelekatan tidak sempurna. Untuk tahu secara detail apakah bayi Anda mengalami tongue-tie atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan dengan dokter anak.

Namun sebelumnya ada gejala-gejala yang dirasakan oleh ibu dan bayi. Segera lakukan pemeriksaan jika Anda dan si kecil mengalami gejala berikut.

Rewel saat menyusu
Pada bayi yang memiliki kondisi lidah dan mulut yang normal, saat mendapat posisi menyusu yang pas, maka akan mengisap dengan teratur dan lama. Hingga kenyang dan tertidur.
Sementara bayi yang mengalami tongue tie cenderung akan sangat sulit mendapt posisi yang pas. Saat mengisap, bayi juga gelisah karena tak bisa maksimal tertahan denganjaringan yang
menempel dengan mulut. Jadi, selama menyusu, bayi akan sangat rewel.

Berat badan tak bertambah/ rendah
Bayi yang mengalami tongue tie sangat sulit mengisap. Efeknya, ASI yang masuk ke dalam tubuh mereka sangat sedikit. Padahal, ASI jadi satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi. Tak heran kalau berat badannya sulit untuk naik. Padahal bayi baru lahir, berat badannya harus bertambah sebagai tanda pertumbuhan yang optimal.

Perut kembung
Produksi liur yang berlebih, kebiasaan meludah, dan perut kembung juga bisa menjadi gejala tongue-tie. Pasalnya, anak dengan kondisi lidah tersebut cenderung menelan lebih banyak udara. Perhatikan kondisi perutnya, jika kembung dan si bayi sangat rewel, segera periksakan ke dokter.

Gejala pada ibu
Bayi dengan kondisi tongue-tie saat menyusu, akan menimbulkan rasa nyeri luar biasa di payudara. Ibu bisa mengalami lecet hingga berdarah. Hal ini karena puting mengalami penekanan karena bayi cenderung mengunyah ketimbang mengisap. Gejala lain yang juga dirasakan ibu adalah produksi ASI akan menurun karena tak diisap dengan maksimal.

Perhatikan mulut bayi, jika Anda jaringan yang menempel dengan mulut dan lidah bisa jadi si kecil mengalami tongue tie. Apalagi jika gejala-gejala di atas Anda rasakan. Untuk mengurangi rasa nyeri di payudara, bisa perah ASI dan berikan pada bayi menggunakan sendok atau sloki. Segera konsultasikan dengan dokter atau hubungi konselor laktasi.

Laporan Annisa Mutiara


Sumber: Pure Wow

Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting

Jangan Lewatkan