3 Kondisi Komplikasi Persalinan yang Bisa Berujung Fatal

Kerap dianggap komplikasi yang paling sulit ditangani oleh dokter dan memiliki potensi terbesar untuk menyebabkan cedera lahir atau kematian.

Mutia Nugraheni
| 4 Juni 2021 14:05

Prolaps tali pusat

Komplikasi darurat lain yang berbahaya selama persalinan dan melahirkan adalah prolaps tali pusat. Tali pusat adalah garis hidup penting yang menghubungkan bayi dan ibu. Pada persalinan normal, bayi melewati jalan lahir terlebih dahulu dan diikuti oleh tali pusat dan plasenta. Prolaps terjadi ketika tali pusat turun ke pembukaan serviks terlebih dahulu dan berada di depan bayi saat memasuki jalan lahir.

Hal ini sangat berbahaya karena saat kepala bayi terdorong ke bawah, akan menekan tali pusat ke dinding panggul atau jalan lahir. Penjepitan atau penekanan tali pusat ini dapat membatasi atau bahkan memutus suplai oksigen bayi dari ibu. Tali pusat bisa semakin tertekan saat kontraksi persalinan karena ibu terus mendorong bayi ke bawah. Salah satu alasan prolaps tali pusat sangat berbahaya adalah karena ini adalah salah satu dari sedikit kejadian yang dapat sepenuhnya menghambat asupan oksigen ke bayi.

Selanjutnya :

3 Rasa Nyeri yang Muncul Saat Kehamilan Makin Besar

Nikita Mirzani Dilarikan Ke Rumah Sakit

Jangan Lewatkan