Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

3 Bulan Pertama Kehamilan Bisa Manfaatkan Konsul Telemedicine

3 Bulan Pertama Kehamilan Bisa Manfaatkan Konsul Telemedicine Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Memeriksakan kehamilan di rumah sakit saat ini jadi salah satu kekhawatiran pada ibu yang tengah mengandung. Hal ini karena di rumah sakit atau pusat layanan kesehatan, risiko terpapar virus SarsCov2 atau covid-19 sangat tinggi.

Sebenarnya, ibu bisa mencoba cara lain untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan, yaitu melalui layanan telemedicine. Beberapa RS kini menyediakan layanan tersebut karena lebih aman bagi ibu hamil.

Terutama pada kehamilan di trimester pertama atau usia janin 0-12 minggu. Menurut Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH, kehamilan di trimester awal bisa dilakukan konsultasi secara online.

"POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) mengeluarkan rekomendasi, 3 bulan pertama ibu hamil hamil tidak diwajibkan datang, kecuali ada tanda-tanda kehamilan di luar rahim atau kehamilan ektopik seperti, nyeri perut bawah, ada pendarahan," ujar Prof Budi Wiweko, dalam webinar yang digelar ILUNI FKUI 96, 14 November 2020 dalam rangka acara Dies Natalis FKUI 2021.

 

Trimester Ketiga Wajib Lakukan Pemeriksaan Langsung

Untuk memastikan kehamilan setelah testpack di rumah menunjukkan positif, ibu mungkin membutuhkan pemeriksaan ultrasonografi. Hal ini hanya bisa dilakukan dengan konsultasi tatap muka. Pemeriksaan telemedicine bahkan bisa sampai usia kehamilan di trimester kedua, atau 16 minggu

"Pada trimester kedua, pemeriksaan antenatal dapat dilakukan melalui tele konsultasi klinis, kecuali dijumpai keluhan atau kondisi gawat darurat. Pemeriksaan kehamilan tetap harus dilakukan pada ibu hamil berisiko tinggi, seperti ibu hamil dengan riwayat hipertensi, diabetes melitus, atau pertumbuhan janin terhambat," ungkap Prof Iko, sapaan akrabnya.

Memasuki kehamilan trimester ketiga (kehamilan 37 minggu ke atas) konsultasi dengan dokter kandungan baru wajib dilakukan tatap muka. Hal ini untuk menyiapkan persalinan dengan baik, memastikan ibu dan janin dalam keadaaan sehat.

"Harus dilakukan dengan tujuan utama untuk menyiapkan proses persalinan. Sebaiknya diperhatikan kondisi gawat darurat yang menyebabkan ibu hamil harus melakukan pemeriksaan antenatal, yaitu mual-muntah hebat, perdarahan banyak, gerakan janin berkurang, ketuban pecah, nyeri kepala hebat, tekanan darah tinggi, kontraksi berulang, dan kejang," pesan Prof Iko.

Pesan Dokter Kandungan Pada Ayah yang Pusing Hadapi Mood Ibu Hamil

Dream - Perubahan besar terjadi pada ibu saat kehamilan terjadi. Bukan hanya fisik tapi juga suasana hati atau mood. Secara psikologis, ibu juga mengalami perubahan. Lebih sensitif, mudah menangis, mudah marah, mudah tersinggung dan hal ini pastinya membuat para ayah kebingungan.

Tak jarang hal ini juga malah jadi pangkal keributan. Untuk itu penting bagi ayah lebih mengerti kondisi ibu hamil yang memang kerap mengalami perubahan suasana hati. Jika biasanya sangat mudah diajak berdiskusi, saat diajak bicara malah menjadi berkonflik.

Apa sebabnya? Hal ini karena hormon kehamilan yang membuat ibu jadi lebih sensitif. Level kecemasannya meningkat, emosinya juga kadang tak stabil. Kesabaran para ayah dan pengertian sangat dibutuhkan dalam situasi ini.

Bukan hanya demi menjaga ketenangan psikologis bagi ibu tapi juga berdampak pada janin. Nah, ada pesan penting bagi para suami yang kewalahan menghadapi mood swing istri dari dr. Yassin Bintang, spesialis kandungan.

 

Pesan Penting

Ia kerap menjawab pertanyaan seputar kehamilan di akun Instagramnya. Ada salah satu pertanyaan dari salah satu ibu, yaitu "dok, pesan untuk para suami ketika menghadapi mood swing bumil dok?"

Jawaban dr. Yassin cukup lugas sekaligus kocak. Ia menulis "Suruh sabar, kalau dia yang hamil saya yakin bakal lebih rempong dari istrinya yang hamil. Jadi, sabar aja ya para suami!.

Screenshot dr Yassin

Ingat-ingat ya para ayah, sabar.

Menguak Manfaat Berhubungan Intim Saat Hamil

Dream - Beberapa pasangan ada yang sangat takut berhubungan intim saat istri tengah mengandung. Salah satu hal yang memicu kekhawatiran adalah, janin di dalam rahim akan bermasalah karena aktivitas seksual.

Sebenarnya, jika kehamilan dalam kondisi normal dan ibu juga sehat, berhubungan intim saat hamil aman dilakukan. Dokter bahkan merekomendasikan, karena bisa membuat ibu hamil lebih rileks dan menguatkan ikatan antara ayah dan ibu sebagai pasangan.

Tak perlu khawatir dengan kondisi janin karena dilindungi oleh cairan amnion yang terdapat dalam rahim. Dengan demikian, aktivitas seksual tidak akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.

Dikutip dari KlikDokter.com, berhubungan intim pada masa kehamilan malah bisa memberikan serangkaian manfaat apabila dilakukan dengan benar. Berikut beberapa manfaat seks saat hamil yang bisa dirasakan:

1. Meningkatkan kualitas kepuasan
Saat berhubungan intim, aliran darah yang menuju ke organ-organ reproduksi akan meningkat. Hal tersebut dapat meningkatkan fungsi-fungsi organ yang terlibat. Selain itu, berhubungan intim saat hamil juga dapat meningkatkan kualitas orgasme pasangan suami istri. Orgasme dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, yang dapat membuat suasana hati ibu dan janin yang dikandung bahagia serta relaks.

 

2. Meningkatkan kebugaran

Berhubungan intim terbukti dapat meningkatkan proses metabolisme. Ketika metabolisme meningkat, maka akan lebih banyak kalori yang dibakar. Setiap menit berhubungan intim, terdapat sekitar 5 kalori yang terbakar. Hal ini dapat membantu menjaga kebugaran wanita hamil, yang bobot tubuhnya semakin bertambah dan merasa sulit untuk berolahraga.

3. Perkuat ikatan hubungan
Manfaat berhubungan intim saat hamil tentu dapat memperkuat ikatan antara suami dan istri. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa berhubungan intim juga dapat menurunkan stres bagi pasangan suami istri. Keadaan ini sangat baik untuk menjaga kestabilan mental pasangan yang sedang menantikan kelahiran calon buah hati.

4. Tingkatkan kekebalan tubuh

Manfaat berhubungan intim saat hamil, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di Universitas Wilker, Amerika Serikat. 

Penelitian tersebut menemukan, seseorang yang melakukan hubungan intim 1 hingga 2 kali setiap minggu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih optimal dibandingkan orang-orang yang tidak melakukannya. Penelitian lain juga membuktikan, berhubungan intim dapat meningkatkan kadar imunoglobulin A yang berperan penting dalam lapisan pertama pertahanan tubuh.

Penjelasan selengkapnya baca di sini

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Hal Penting Bantu Hilangkan Stres Pada Ibu Hamil
5 Hal Penting Bantu Hilangkan Stres Pada Ibu Hamil

Seringkali, stres pada ibu hamil muncul di trimester ketiga hingga saat persalinan.

Baca Selengkapnya
Keluhan Kehamilan yang Sering Dianggap Wajar tapi Bisa Jadi Tanda Bahaya
Keluhan Kehamilan yang Sering Dianggap Wajar tapi Bisa Jadi Tanda Bahaya

Jangan ragu untuk konsultasi dokter demi kesehatan ibu hamil dan janin.

Baca Selengkapnya
Pada Usia Berapa Waktu Terbaik untuk Hamil? Dokter Beri Penjelasan
Pada Usia Berapa Waktu Terbaik untuk Hamil? Dokter Beri Penjelasan

Jika berencana hamil di usia 35 sampai 40 tahun, maka kualitas sel telur sudah tidak dalam kondisi prima

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Hal Tak Terduga yang Bisa Membahayakan Kesuburan Pria dan Wanita
4 Hal Tak Terduga yang Bisa Membahayakan Kesuburan Pria dan Wanita

Banyak faktor yang membuat kesuburan jadi bermasalah dan kadang membutuhkan intervensi medis agar kehamilan bisa terjadi.

Baca Selengkapnya
9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil
9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

Penyebab mens telat seminggu bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti stres, perubahan hormon, kondisi medis tertentu, dan faktor gaya hidup.

Baca Selengkapnya
5 Obat Anak yang Direkomendasikan Dokter untuk Dibawa Saat Mudik
5 Obat Anak yang Direkomendasikan Dokter untuk Dibawa Saat Mudik

Jika sewaktu-waktu anak mengalami masalah kesehatan, obat tersebut bisa membantu meredakan gejalanya.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman
BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman

Acara makan paling asyik bareng teman-teman. Nah, kalau sedang ngumpul begini, ada yang bergaya seperti Dreamitie yang satu ini nggak sih?

Baca Selengkapnya
Rawat Kondisi Mental Saat Hamil, Ibu Dianjurkan Konsultasi
Rawat Kondisi Mental Saat Hamil, Ibu Dianjurkan Konsultasi

Saat Hamil Level Cemas Meningkat, Pastikan Ibu Rawat Kesehatan Mental

Baca Selengkapnya
Syarat Penting dari Dokter Bagi Ibu Menyusui yang Ingin Jalani Puasa
Syarat Penting dari Dokter Bagi Ibu Menyusui yang Ingin Jalani Puasa

Dari sisi kesehatan anak, rupanya juga ada syarat bagi ibu menyusui untuk berpuasa.

Baca Selengkapnya
5 Penyebab Hasil Positif di Tes Kehamilan Ternyata Palsu
5 Penyebab Hasil Positif di Tes Kehamilan Ternyata Palsu

Muncul garis dua, tapi ketika diperiksakan ke dokter hasilnya ternyata negatif.

Baca Selengkapnya