Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

14 Cara Mengatasi Sakit Punggung Pasca Melahirkan, Aman dan Efektif

14 Cara Mengatasi Sakit Punggung Pasca Melahirkan, Aman dan Efektif Sumber: Shutterstock

Dream- Perut yang membuncit saat hamil, membuat beban tumbuh bertambah. Berat badan naik signifikan, dan membuat tulang serta otot penompang tubuh bekerja lebih keras dibanding dalam kondisi biasa. Tak heran kalau selama kehamilan, tulang dan otot kerap mengalami nyeri dan sakit.

Rasa nyeri ini tak berhenti begitu melahirkan. Ibu harus menahan rasa sakit tersebut sampai beberapa pekan setelah melahirkan, terutama di bagian punggung.

Setelah proses persalinan, tubuh mengalami tekanan fisik yang kuat. Tubuh melepaskan hormon progesteron dan relaksin selama hamil hingga menjelang kehamilan. Pelepasan hormon ini bertujuan untuk melonggarkan ligamen dan sendi tulang panggul untuk mempermudah proses persalinan. Hormon ini meningkat sampai beberapa bulan setelah melahirkan.

Organ tubuh yang melonggar selama dan setelah melahirkan membutuhkan waktu untuk kembali ke kerenggangan normal. Inilah yang membuat punggung mudah terasa sakit, terlebih kalau tubuh menompang berat untuk waktu lama. 

Untuk mengatasinya, Sahabat Dream bisa mencoba 14 cara mengatasi sakit punggung pasca melahirkan berikut ini.

Cara Mengatasi Sakit Punggung dengan Mengurangi Beban Tubuh

1. Diet Berat Badan Ideal
Beban tubuh yang berlebihan membuat tulang dan otot harus bekerja keras menopang tubuh. Terlebih setelah melahirkan, sangat wajar kalau berat badan seorang perempuan berada di atas rata-rata berat badan ideal. Beban inilah yang membuat punggung terasa nyeri dan sakit.

Cara Mengatasi Sakit Punggung

Salah satu cara mengatasi sakit punggung pasca melahirkan ialah dengan menurunkan kembali berat badan ke angka ideal. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan metode diet yang tepat.

2. Istirahat Cukup
Selain masalah berat badan, kondisi tulang dan otot yang belum pulih pasca melahirkan jadi faktor utama penyebab sakit punggung. Ibu yang baru saja melahirkan disarankan untuk memperbanyak istirahat dan memulihkan tubuh. Serta penting untuk mengurangi gerak tubuh, agar tulang dan otot tidak tegang dan bekerja terlalu keras.


3. Tidak Mengangkat Barang Berat
Untuk menopang tubuh sendiri saja sudah terasa sakit, apalagi menambah beban dengan mengangkat barang berat. Tentu, tulang dan otot akan tegang dan membuat punggung terasa nyeri dan sakit. Penting diperhatikan pula untuk tidak sembarangan membungkukan badan, karena dapat meningkatkan ketegangan tulang dan otot punggung.

Cara Mengatasi Sakit Punggung dengan Olahraga dan Latihan

4. Olahraga Ringan
Masa pemulihan pasca melahirkan setiap orang memang berbeda-beda. Jika dirasa tubuh sudah lebih sehat, usahakan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan. Cara ini ampuh untuk merenggangkan otot, dan mengurangi ketegangan otot. Tapi jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan memilih olahraga yang tepat dan ringan.

Cara Mengatasi Sakit Punggung


5. Latihan Panggul
Selain olahraga ringan, latihan panggul sangat efektif untuk mengatasi sakit punggung, lho. Cukup lakukan gerakan ini di rumah secara rutin:
-   Rebahkan punggung, lalu tekuk lutut ke atas.
-   Tarik napas dalam-dalam, dan biarkan perut mengembang
-   Kencangkan otot perut bagian bawah sampai otot arah bokong, mirip dengan proses melahirkan.
-    Ulangi 8-10 kali secara rutin setiap hari.

6. Posisi Duduk yang Benar
Posisi duduk yang benar tidak hanya berlaku untuk mengatasi masalah tulang belakang seperti osteophorosis saja. Posisi duduk yang benar pasca melahirkan sangat penting, selain untuk memposisikan tulang dan otot yang renggang, cara ini sangat ampuh untuk mengatasi sakit punggung.

Cara Mengatasi Sakit Punggung dengan Perbaiki Postur

7. Memakai Alas Duduk Nyaman
Selain menerapkan posisi duduk yang benar, pakai alas duduk yang nyaman. Seperti, bantal atau sesuatu yang lembut dan empuk lainnya. Alas ini juga bisa ditambahkan di bagian punggung bila tubuh bersandar. Tujuannya agar tubuh merasa nyaman dan ketegangan di punggung berkurang.

Cara Mengatasi Sakit Punggung

8. Menggunakan Bantal Tidur Nyaman
Tidak hanya saat duduk saja yang penting setelah melahirkan. Posisi tidur dan pemilihan bantal dan Kasur yang nyaman sama pentingnya. Posisi tidur dan pemakaian bantal saat tidur yang tepat tidak hanya berlaku pasca melahirkan saja, tapi setiap saat. Posisi tidur yang salah dan pemilihan bantal yang kurang tepat, dapat menyebabkan tulang punggung, leher dan pinggung terasa sakit.

9. Mengurangi Ketegangan Punggung
Kunci utama untuk mengatasi sakit punggung pasca melahirkan ialah mengurangi ketegangan punggung. Seorang ibu yang baru saja melahirkan, harus bisa melakukan berbagai aktivitas tapi harus memperhatikan satu hal ini. Baik saat berjalan, duduk, tidur, atau mengangkat barang. Usahakan untuk tidak membungkukan badan, dan jaga punggung tetap lurus.

Cara Mengatasi Sakit Punggung dengan Perawatan Tubuh Khusus

10. Mandi Air Hangat
Air hangat mampu meredakan ketegangan otot dan tulang. Sangat baik bagi ibu yang baru saja melahirkan mandi dengan air hangat atau membilas bagian punggung dengan air hangat. Hindari mandi dengan air dingin karena dapat membyat otot tegang dan kram.

11. Pijat Punggung dengan Minyak Pijat Alami
Setelah mandi air hangat, Sahabat Dream bisa memijat punggung dengan minyak pijat alami. Teknik pemijatan yang benar, dapat membuat otot punggung merasa tenang. Lakukan perawatan khusus ini secara rutin dan rasakan perbedaannya.

12. Melakukan Akupuntur

Cara Mengatasi Sakit Punggung

Satu lagi perawatan khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sakit punggung setelah melahirkan, yaitu dengan akupuntur. Tidak hanya mampu mengurangi rasa sakit di punggung saja, tapi akupuntur juga baik untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Cara Mengatasi Sakit Punggung dengan Tidak Melakukan Hal Ini

13. Tidak Menggunakan Sepatu Hak Tinggi
 Memakai sepatu hak tinggi hanya akan membuat beban tubuh bertambah dan bertumpu pada satu titik. Usahakan untuk mengenakan sepatu nyaman ketika bepergian setelah melahirkan.  


14. Tidak Menggendong Bayi Terlalu Lama

Cara Mengatasi Sakit Punggung

Setelah melihat si mungil yang lucu, pasti sulit untuk tidak menggendongnya terus menerus. Walau begitu, Sahabat Dream harus tetap memperhatikan kondisi tubuh dan tidak memaksakan diri, terlebih ketika punggung terasa sakit.

Semoga tips dan cara mengatasi sakit punggung pasca melahirkan di atas bermanfaat ya. (mut)


Sumber: Mom Junction

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Redakan Bengkak Pasca Persalinan dengan 4 Langkah Efektif

Redakan Bengkak Pasca Persalinan dengan 4 Langkah Efektif

Pembengkakan mungkin disertai rasa sakit atau nyeri saat ditekan dan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya

Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya

Apakah mengonsumsi teh dapat memberikan dampak positif terhadap sakit kepala atau justru memperparahnya?

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Trik Mengatasi Poni Kurang Rapi Memakai Alat dan Produk Perawatan Rambut

Trik Mengatasi Poni Kurang Rapi Memakai Alat dan Produk Perawatan Rambut

Poni yang kurang rapi bisa disempurnakan dengan memakai beberapa alat dan produk perawatan rambut. Caranya sedikit rumit, namun bisa menyempurnakan penampilan.

Baca Selengkapnya
9 Cara Ampuh Atasi Gangguan Kecemasan

9 Cara Ampuh Atasi Gangguan Kecemasan

Beberapa orang mungkin mengalami gangguan kecemasan yang bisa semakin parah. Yuk, simak cara mengatasinya!

Baca Selengkapnya