11 Ciri Awal Kehamilan yang Sering Tak Disadari, Yuk Cari Tahu!

Awal kehamilan memang terkadang sulit diketahui. Kerap dikira tubuh dalam kondisi sakit.

Siwi Nur Wakhidah
| 7 Agustus 2019 14:08

Ciri Hamil: Perubahan pada Tubuh

Perubahan pada tubuh di awal kehamilan memang tidak terlalu terlihat dari luar. Tapi, sebenarnya seorang perempuan akan merasakan ada yang berubah dari tubuhnya. Seperti:

Payudara sakit dan perubahan pada puting
Ketika menstruasi, perempuan juga biasa merasakan rasa sakit pada payudara. Namun, rasa sakit pada payudara saat hamil sedikit berbeda. Payudara akan melunak 1-2 minggu setelah pembuahan, dan menghasilkan banyak estrogen dan progesteron. Saat-saat inilah, kelenjar susu di payudara mulai tumbuh.

Selain rasa sakit pada payudara, perubahan juga terjadi pada puting payudara. Warna puting akan tampak lebih gelap, karena kehamilan mempengaruhi melanosit, sel dalam payudara yang mempengaruhi warna puting.

ciri hamil


Mudah Merasa Kelelahan
Selain merasa sakit pada payudara dan perubahan warna puting, perempuan juga akan mudah merasa lelah ketika hamil. Di pekan pertama kehamilan, kelelahan wajar terjadi karena progesteron diproduksi lebih banyak dari biasanya. Selain itu, jantung harus bekerja ekstra untuk memompa darah ke rahim, sehingga tubuh butuh banyak energi.

Sembelit dan Lebih Sering Buang Air Kecil
Ciri hamil di usia awal kehamilan lainnya ialah sembelit dan buang air kecil yang lebih sering dibandingkan biasanya. Hormon kehamilan akan mempengaruhi jalur pencernaan dan memperlambar proses pencernaan dan menyebabkan perempuan hamil lebih sering merasa sembelit. Selain itu, di awal kehamilan, perempuan akan lebih sering buang air kecil karena rahim yang menekan ke kandung kemih.

Selanjutnya :

Ciri Hamil: Ada Perbedaan pada Tubuh

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen

Jangan Lewatkan