11 Ciri Awal Kehamilan yang Sering Tak Disadari, Yuk Cari Tahu!

Awal kehamilan memang terkadang sulit diketahui. Kerap dikira tubuh dalam kondisi sakit.

Siwi Nur Wakhidah
| 7 Agustus 2019 14:08

Ciri Hamil: Ada Perbedaan pada Tubuh

Tidak hanya perubahan pada tubuh saja yang menjadi ciri hamil, tapi juga perbedaan-perbedaan yang dirasakan perempuan ketika hamil. Seperti, suhu tubuh, pendarahan dan gangguan pada hidung, kerap dialami.

Suhu Tubuh Basal (BBT)
Perubahan suhu tubuh menjadi salah satu ciri hamil yang lebih efektif untuk mengetahui kehamilan. Biasanya, seorang perempuan akan mengalami perubahan suhu tubuh basal atau Basal Body Temperature (BBT) saat ovulasi hingga menstruasi. Kalau suhu tubuh pada tanggal-tanggal menstruasi tetap stabil, ada kemungkinan hamil.

Pendarahan Implantasi
Pendarahan ini tidak berbahaya dan jarang terjadi. Dan, akan terjadi ketika siklus menstruasi menajdi lebih pendek dari biasanya. Pada saat itu sel telur yang sudah dibuahi akan tertanam ke rahim selama beberapa hari, sehingga akan muncul bercak darah ringan. Jika mengalami kasus ini, lebih baik segera berkonsultasi ke dokter.


Gangguan Hidung

ciri hamil

Ciri hamil selanjutnya, ialah perbedaan pada hidung. Di awal kehamilan hidung akan lebih sering mampet, keluar ingus, hingga mimisan, padahal jarang terjadi sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena ada peningkatan volume darah pada tubuh, ditambah perubahan hormon.

Selanjutnya :

Ciri Hamil: Mudah Merasakan Sakit

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-

Jangan Lewatkan