Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Tips Siapkan Makanan Sehat untuk Anak, Bikin Si Kecil Lahap

10 Tips Siapkan Makanan Sehat untuk Anak, Bikin Si Kecil Lahap Sumber: Shutterstock

Dream - Menyiapkan makanan untuk anak tidak boleh sembarangan, terlebih untuk anak yang sedang berada di masa pertumbuhan dan perkembangan. Banyak nutrisi yang mereka butuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Terkadang dalam menyiapkan makanan sehat, orang tua mengalami banyak kendala. Seperti anak yang enggan memakan sayur, atau anak yang pemilih, dan banyak lagi kendala lainnya. Tantangan tersebut harus bisa diatasi orang tua, agar kebutuhan nutrisi anak terpenuhi dengan baik.

Dengan nutrisi yang terpenuhi, tentu kesehatan anak akan terjaga. Daya tahan tubuh anak akan meningkat, dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Ada banyak cara yang bisa orangtua lakukan supaya anak mau makan makanan sehat tanpa harus memaksa. Seperti menyiapkan sayuran kesukaannya, menyajikan makanannya dalam kemasan yang unik, dan masih banyak lagi lainnya. Seperti tips menyiapkan makanan sehat untuk anak berikut ini.

Menyiapkan Makanan Sehat dengan Memperhatikan Selera Anak

Tips menyiapkan makanan sehat untuk anak yang pertama ialah memperhatikan selera anak. Orangtua pasti tahu apa yang disukai anak dan apa yang tidak, sehingga akan lebih memudahkannya dalam menyiapkan makanan sehat untuk anak setiap harinya.

1. Libatkan anak
Mengajak anak ke dapur dan libatkan dalam membuat makanannya sendiri, bisa jadi cara ampuh mengenalkan anak pada sayuran. Pengetahuan anak yang bertambah tentang sayuran, akan membuatnya mengerti kalau tubuhnya membutuhkan nutrisi dari sayur.

Dengan begitu, anak akan lebih mudah menghabiskan makanannya tanpa perlu dipaksa. Selain itu, melibatkan anak dalam menyiapkan makanan sehatnya sendiri juga dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

2. Biarkan memilih
Tips menyiapkan makanan sehat selanjutnya ialah membiarkan anak memilih sayuran apa yang akan ia tambahkan dalam makanannya. Ketika melibatkan anak di dapur, kenalkan sayuran yang ada di dapur dan beri tahu anak bagaimana rasanya, dan manfaat apa yang akan diperoleh anak. Setelah itu, biarkan anak memilih sendiri sayur yang hendak dimakan.

Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anak dengan Penyajian Tepat

Selain melibatkan anak ke dapur untuk menyiapkan makanan sehatnya sendiri, orangtua juga harus memperhatikan penyajian makanan anak. Dengan penyajian yang tepat, akan membuat anak lebih mudah menghabiskan makanannya tanpa mengeluh. Seperti tips menyiapkan makanan berikut ini:

3. Ukuran Makanan yang Kecil
Saat anak sudah memilih hendak mengonsumsi sayuran apa, buat sayuran tersebut dalam ukuran kecil dan tidak terlalu besar. Selain memudahkan anak dalam mengunyah, makanan yang berukuran kecil umumnya lebih menarik bagi anak-anak.

Tips ini sangat cocok diterapkan untuk menyiapkan makanan sehat bagi anak yang pemilih. Dengan memotong kecil-kecil sayuran atau lauk, membuat anak tidak punya pilihan lain selain memakannya. Karena menyingkirkannya hanya akan membuat ia lelah.

Makanan Sehat


4. Menyajikan Sayur dan Buah dalam Setiap Makanan Anak
Selain memotong sayuran menjadi ukuran yang kecil, orangtua juga bisa menambahkan jenis sayuran lain. Tidak hanya untuk membuat menu makanan anak lebih bervariasi saja, tapi juga mengajarkan anak untuk mencoba hal baru. Jangan lupa untuk memotong sayuran tambahan ini menjadi ukuran yang lebih kecil juga.

Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anak dengan Pilihan Menu

Untuk anak yang mudah bosan, kedua tips menyiapkan makanan sehat berikut ini bisa dicoba. Dengan membuat variasi menu yang beragam dan menghiasnya dengan unik, akan membuat anak penasaran dan mencobanya.

5. Menyiapkan Menu yang Bervariasi
Pilihan anak dalam memilih sayur yang ingin ia makan, jangan selalu dijadikan patokan dalam menyiapkan makanan sehat untuknya. Karena hal ini akan membuat anak lebih mudah bosan dengan sayur yang ia sukai.

Orang tua bisa membuat jadwal menu harian dengan menu yang beragam, sehingga anak tidak mudah bosan, dan mau menghabiskan makanannya tanpa mengeluh.


6. Menyajikan Makanan dengan Plating yang Lucu

Makanan Sehat untuk Anak

Selain membuat jadwal menu dengan bahan yang bervariasi, penataan makanan atau plating menjadi sangat penting bagi anak. Anak menyukai hal-hal unik yang mudah membuat mereka terkagum. Misalnya kita menghias piringnya dengan sayuran yang dibentuk seperti karakter yang anak senangi.

Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anak dengan Membuat Anak Senang

Setelah selesai menyiapkan makanan sehat anak, jangan lupa untuk memperhatikan mood anak. Jangan pernah memaksanya untuk makan ketika anak sedang dalam kondisi perasaan yang tidak baik, misalnya ketika anak sedang asyik bermain, atau ketika anak baru saja bangun tidur.

7. Menciptakan Suasana Menyenangkan saat Makan
Tips menyiapkan makanan yang sehat untuk anak yang paling penting ialah memberikannya di saat yang tepat. Sehingga, anak akan menerima makanan tersebut dengan senang hati dan melahapnya sampai habis. Misalnya kita bisa membiarkan anak sampai benar-benar lapar, atau ketika anak sudah meminta.

Makanan Sehat

Orangtua juga bisa berusaha untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Membuat perasaan anak menjadi lebih bahagia, dengan makan sambil menonton televisi atau sambil menceritakan cerita yang menarik.


8. Porsi yang Cukup
Selain itu, penyajian porsi makanan anak juga sangat penting. Jangan terlalu banyak mengambil makanan untuk anak. Dengan porsi yang besar, akan membuat anak menjadi takut dan merasa tidak mampu menghabiskannya. Perasaan inilah yang akan mempengaruhi perasaan anak saat makan, dan membuat nafsu makannya menurun.

Tips Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anak lainnya

9. Mencontohkan pada Anak
Masih ada dua lagi tips menyiapkan makanan sehat untuk anak, salah satunya dengan memberikan contoh pada anak. Biasakan mencontohkan pola makan yang baik, seperti menyiapkan sendiri makanan, makan di meja makan, dan mencuci sendiri piring yang digunakan.

Makanan Sehat

Alternatif lainnya, bisa dengan mengajak anak makan bersama di meja makan. Tujuannya agar anak melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya, sama seperti miliknya. Memberikan contoh adalah cara terbaik dalam mengajarkan anak.


10. Mengajak Anak Berbelanja Bahan
Satu lagi tips menyiapkan makanan sehat untuk anak ialah dengan mengajak anak berbelanja sendiri makanan yang ia inginkan. Orang tua bisa mengajak anak berbelanja di pasar atau supermarket, dan membiarkan anak mengeksplorasi bahan makanan yang ada.

Jangan lupa beri penjelasan singkat tentang nutrisi makanan pada bahan-bahan yang asing bagi anak. Tips ini akan membuat anak mengenal lebih banyak jenis bahan makanan yang bisa ia konsumsi. (mut)

Sumber: Parents

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Pilihan Menu Sahur Praktis,  Bikin Kenyang dan Disukai Anak

3 Pilihan Menu Sahur Praktis, Bikin Kenyang dan Disukai Anak

Namun, seringkali, menggugah nafsu makan anak pada waktu sahur bisa menjadi tantangan tersendiri.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Ingin memberikan MPASI pertama buat si kecil? Ini rekomendasinya yang bisa dipertimbangkan.

Baca Selengkapnya
Makanan Sehat ‘Cepat Saji’ Rekomendasi Ahli Gizi, Gampang Dicari dan Murah

Makanan Sehat ‘Cepat Saji’ Rekomendasi Ahli Gizi, Gampang Dicari dan Murah

Memilih makanan sehat yang mudah diolah bukan perkara sulit. Bahkan, kamu bisa menemukannya di supermarket atau pasar.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Mempertahankan dan memperkuat imunitas tubuh merupakan hal yang penting. Yuk, cek makanan apa saja yang bisa memperkuat imunitas tubuh!

Baca Selengkapnya
Trik Pilih Makanan Sehat Saat Banyak Aktivitas di Luar, Biar Stamina On Terus

Trik Pilih Makanan Sehat Saat Banyak Aktivitas di Luar, Biar Stamina On Terus

Pilih makanan yang lebih sehat saat berada di luar ruangan agar berat badan tetap stabil. Cari tahu rekomendasi pilihan makanan yang lebih sehat menurut pakar.

Baca Selengkapnya
Resep Ikan Patin yang Kaya Gizi, Cocok untuk Menu Sahur atau Berbuka

Resep Ikan Patin yang Kaya Gizi, Cocok untuk Menu Sahur atau Berbuka

Khususnya untuk ibu hamil dan menyusui, ikan Patin menjadi pilihan yang tepat sebagai makanan pendamping ASI (MPASI).

Baca Selengkapnya
5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan sehat yang membentuk otot dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Tidak Boleh Makan di Atas Jam 8 Malam, Benarkah?

Tidak Boleh Makan di Atas Jam 8 Malam, Benarkah?

Makan di atas jam 8 malam sering kali dinilai sebagai kebiasaan yang buruk untuk kesehatan. Yuk, simak kebenarannya!

Baca Selengkapnya