10 Cara Mengatasi Sakit Pasca Melahirkan yang Efektif dan Aman

Rasa sakit dan nyeri setelah melahirkan sangat wajar terjadi. Coba cara mengatasi rasa sakit pasca melahirkan yang bisa dilakukan di rumah ini.

Siwi Nur Wakhidah
| 9 Oktober 2019 14:03

Gunakan Semprotan

1. Semprotan Air dalam Botol Kecil
Rasa sakit pasca melahirkan sering dialami ibu saat Buang Air Kecil (BAK). Untuk mengatasi rasa sakit itu, ada baiknya siapkan botol semprotan kecil berisi air hangat setiap hendak BAK. Isi semprotan air hangat bisa ditambahkan beberapa tetets minyak pohon teh, tapi sedikit saja.

Cara Mengatasi Sakit Pasca Melahirkan

Gunakan semprotan di area vagina setelah BAK. Air hangat mampu menenangkan jaringan halus, sehingga rasa sakit dan nyeri bisa diatas. Ditambah lagi minyak pohon teh alami mengandung anti peradangan dan antiseptik. Tapi ingat untuk tidak menggunakan minyak pohon teh alami terlalu banyak, karena bisa menimbulkan efek alergi.


2. Semprotan Pereda Rasa Sakit
Selain dengan semprotan air hangat yang bisa dibuat sendiri, ibu hamil bisa mempersiapkan semprotan lidocaine atau semprotan dermoplast pereda rasa sakit. Dua obat semprot ini bisa dibeli di apotek, tapi sebelum membeli obat semprot ini, tanyakan terlebih dahulu ke dokter, ya Sahabat Dream.

Penggunaannya semprotan ini sama seperti semprotan air hangat, bisa digunakan setelah BAK, atau saat hendak berganti pembalut.

Selanjutnya :

Air Hangat dan Dingin

Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf

Jangan Lewatkan