Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Cara Redakan Penyakit yang Kerap Menyerang Anak

10 Cara Redakan Penyakit yang Kerap Menyerang Anak Sumber: Shutterstock

Dream- Sistem kekebalan tubuh anak masih sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Seperti demam, batuk, pilek, infeksi kulit hingga bronkitis, mudah menyerang anak, terlebih anak yang daya tahan tubuhnya sedang menurun.

Sebagai orangtua, penanganan pertama dan tepat dalam mengatasi berbagai penyakit tersebut sangat penting. Selain itu, kita juga harus menaruh perhatian khusus pada anak yang mengeluh sakit tanpa alasan yang jelas. Bisa saja anak mengirim sinyal pada orangtua, kalau ia sedang kesakitan.

American Academy of Pediatrics (APP) menyebutkan beberapa jenis penyakit yang paling sering dan umum terjadi pada anak-anak beserta cara mengatasi penyakit tersebut agar kondisi anak jadi lebih baik.

Berikut Dream rangkumkan 10 cara mengatasi penyakit yang kerap menyerang anak-anak, dari batuk hingga bronkitis.

Cara Mengatasi Penyakit Tenggorokan dan Batuk

1. Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan sangat umum terjadi pada anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus sehingga tidak membutuhkan antibiotik dan lebih baik diredakan dengan obat steroid seperti obat prednison. orangtua bisa mendapatkan obat ini dengan resep dokter.

Selain menggunakan obat-obatan, kita juga bisa meredakan sakit tenggorokan anak dengan memberinya minuman hangat yang diberi campuran madu.

Anak Sakit


2. Batuk
Penyakit yang satu ini pasti pernah dialami oleh setiap anak. Sama seperti sakit tenggorokan, batuk juga disebabkan oleh virus dan tidak membutuhkan antibiotik. Untuk mengatasi batuk pada anak yang berusia di bawah 4 tahun, obat sangat tidak dianjurkan. Disarankan untuk memberi makanan alami yang berkhasiat untuk meredakan batuk, seperti jahe, kunyit, dan madu.

Cara Mengatasi Penyakit Telinga dan Demam

3. Sakit Telinga
Ada banyak jenis penyakit telinga yang kerap dialami oleh anak, di antaranya disebabkan oleh infeksi. Seperti infeksi saat berenang karena air masuk ke dalam telinga. Infeksi telinga saat pilek dan cairan menjalar hingga ke telinga.

Untuk mengatasi penyakit telinga tersebut, diperlukan pengobatan lebih intensif. Segera periksa ke dokter jika anak mengeluh sakit di telinga.  Diagnosa dokter sangat penting, dan bisa langsung berkonsultasi dengan dokter THT.

4. Demam dan Pilek

Anak Sakit

Anak-anak sangat rentan terhadap virus dan lebih mudah tertular dari orang di sekitarnya. Demam dan pilek salah satunya. Penyakit ini sangat umum terjadi pada anak-anak, bahkan ada pula yang diikuti dengan batuk dan sakit telinga.


Untuk mengatasi penyakit dan meredakannya, orangtua bisa melakukan beberapa cara alami, seperti menguapi hidung anak, dan menjaga agar anak tetap terhidrasi dengan baik.

Cara Mengatasi Penyakit Infeksi Kulit dan Kandung Kemih pada Anak

5. Infeksi Kulit
Masalah kulit juga kerap menyerang anak-anak, seperti gatal-gatal, infeksi hingga biduran. Apabila infeksi disebabkan oleh virus atau bakteri yang menular, upayakan anak tetap berada di dalam rumah supaya virus tidak menyebar dan menular. Sedangkan untuk mengatasi penyakit kulit ringan, bisa mengatasinya dengan mengoleskan minyak alami atau dengan membilas anak dengan air hangat.


6. Infeksi Kandung Kemih

Anak Sakit

Penyakit ini biasanya menunjukkan gejala seperti rasa sakit saat Buang Air Kecil (BAK), sering ke kamar mandi, sakit perut bagian samping dan punggung. Apabila anak mengalami gejala ini, segera periksakan anak ke dokter, karena kemungkinan besar anak mengalami infeksi kandung kemih.

Dokter akan memberikan obat dan penanganan yang tepat pada anak dengan infeksi ini. Tanyakan pula pada dokter tentang apa yang harus dilakukan untuk meredakan rasa sakitnya.

Cara Mengatasi Penyakit Pernapasan pada Anak

7. Bronkitis
Masalah pernapasan seperti bronkitis juga sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi pada saluran pernapasan anak, bahkan juga bisa dialami oleh orang dewasa. Untuk mengatasi anak dengan penyakit ini, cara satu-satunya ialah dengan bantuan dokter dan obat-obatan.


8. Bronkiolitis

Anak Sakit

Selain bronchitis, bronkiolitis juga kerap menyerang anak, terutama bayi dan balita saat udara dingin atau saat sedang flu. Penyakit ini disebabkan oleh virus, jadi tak perlu antibiotik. Cara terbaik untuk mengatasi penyakit ini ialah dengan menjaga kelembapan udara ruangan, menjaga tubuh anak tetap hangat dan tetap menjaga agar anak terhidrasi dengan baik.

Masalah pernapasan pada anak sangat umum terjadi, apabila gejala yang ditunjukan belum terlalu parah atau masih dalam tahap aman, jangan terlalu panik. Segera periksakan anak ke dokter dan beri perawatan yang tepat.

Cara Mengatasi Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri

9. Sinusitis
Sinusitis memiliki gejala yang mirip dengan demam, batuk dan pilek yang jadi satu. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang terjebak di sinus sehingga membuat anak mudah terbatuk di saat-saat tertentu dan berlangsung cukup lama.

Untuk mengatasi penyakit ini, dibutuhkan pemeriksaan oleh dokter THT. Terutama jika anak mengeluhkan sakit di tulang pipi atau tulang hidung saat flu.

Anak Sakit


10. Kurangi rasa sakit
Dari semua penyakit yang kerap dialami oleh anak di atas, semuanya pasti memberikan rasa sakit dan tindak nyaman pada anak. Untuk menguranginya, berikan banyak air putih dan paracetamol sesuai dosis/ berat badan. (mut)

Sumber: Healthy Child Organization

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
Anak Demam Ternyata Tak Boleh Asal Dikerok, Kulitnya Bisa Iritasi

Anak Demam Ternyata Tak Boleh Asal Dikerok, Kulitnya Bisa Iritasi

Banyak orangtua yang suka mengerok buah hatinya, dengan harapan gejala demam segera mereda. Ternyata bisa berbahaya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.