Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan di Rumah, Mudah dan Efektif

10 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan di Rumah, Mudah dan Efektif Sumber: Shutterstock

Dream- Selama hamil, terutama di usia kehamilan memasuki 8 bulan, kaki jadi membengkak. Kondisi ini sangat wajar terjadi, karena selama hamil terjadi penambahan berat badan signifikan dan perubahan hormon.

Kaki bengkak tidak bisa begitu saja hilang setelah melahirkan. Bahkan, ada beberapa kondisi yang membuat kaki bengkak masih terjadi selama beberapa pekan setelah melahirkan. Kondisi ini tentu saja mengganggu aktivitas ibu.

Kondisi kaki yang membengkak membuat tubuh sulit bergerak, terutama untuk berjalan. Selain itu, kaki juga akan terasa berat dan tidak nyaman

Ada banyak cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan yang bisa dilakukan oleh ibu di rumah. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat, latihan ringan serta merelaksasi kaki. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat keterangan di bawah ini.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Konsumsi Makanan Sehat

1. Diet Sehat
Diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja. Ada banyak jenis diet dengan tujuan berbeda-beda, tapi masih berkaitan dengan berat badan. Salah satunya diet sehat setelah melahirkan untuk mengembalikan berat badan normal. Selain itu, penerapan diet ini juga dapat mengatasi masalah kaki bengkak, lho.

Konsumsi makanan kaya protein, kalium dan karbohidrat kompleks, bisa diterapkan mulai dari masa pemulihan pasca melahirkan. Kandungan kalium mampu meringankan pembengkakan di kaki atau bagian tubuh lain. Sebaliknya, hindari makanan yang mengandung natrium karena dapat menyebabkan kembung dan pembengkakan yang parah.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak


2. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Cairan yang cukup untuk tubuh menjadi cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan paling mudah dilakukan. Perbanyak minum air putih dan konsumsi buah segar setiap hari. Walau akan membuat kita mudah buang air kecil, cara ini cukup efektif untuk pembengkakan. Jika merasa ingin buang air kecil, jangan pernah ditahan.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Herbal dan Sayuran

3. Konsumsi Teh Herbal
Tanaman herbal memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Selama hamil hingga melahirkan, konsumsi teh herbal sangat dianjurkan karena mampu mencegah cairan dari retensi penyebab pembengkakan.

Salah satu jenis teh yang bisa dikonsumsi berasal dari tanaman herbal dandelion. Selain mampu mengatasi pembengkakan, teh herbal ini juga baik untuk mengatasi masalah kandung empedu.

4. Konsumsi Daun Kubis

Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Selain bisa dikonsumsi, daun kubis bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Cukup dengan menempelkan daun kubis yang sudah dibekukan di lemari es, ke area kaki bengkak. Diamkan sampai rasa dingin dari daun menghilang, lalu angkat daun. Ulangi perawatan kaki bengkak ini secara rutin sampai pembengkakan berkurang.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Latihan Ringan

5. Mengangkat Kaki ke Atas
Setelah melewati masa pemulihan pasca melahirkan, ibu bisa melakukan latihan ringan untuk mengatasi masalah kaki bengkak. Tak perlu latihan berat yang melelahkan, cukup dengan mengistirahatkan kaki dan tangan dengan posisi ke atas atau terangkat selama 30 menit setiap hari.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Angkat kaki sambil terlentang, posisikan kaki berada di atas tingkat jantung, sehingga darah mengalir ke bagian tubuh yang lain. Cara mengatasi kaki bengkak ini sangat efektif, karena mampu mengurangi aliran darah ke kaki yang menyebabkan pembengkakan.


6. Latihan Sedang
Selain mengangkat kaki, ibu bisa melakukan latihan sedang lain yang mampu meningkatkan sirkulasi cairan tubuh dan mengeluarkan keringat. Ibu bisa berjalan-jalan setiap pagi atau sore sebagai latihan sedang setiap hari.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Pijat

7. Memijat Kaki
Ketika pembengkakan sudah cukup mereda, bisa memijat kaki agar bengkak benar-benar menghilang. Pijat kaki bisa dilakukan sendiri di rumah dan meminta bantuan pada orang lain. Pijat rutin dapat meningkatkan sirkulasi dan meredakan penumpukan cairan berlebih di area kaki.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Anda bisa mengoleskan minyak alami untuk memijat kaki agar proses pemijatan lebih mudah dan ringan. Gunakan minyak alami seperti minyak biji anggur, dan hindari minyak alami aroma terapi untuk hasil efektif.


8. Postur yang Baik
Selain pijat, menjaga postur tubuh setelah melahirkan sangat penting. Tidak hanya untuk mengatasi kaki bengkak saja, tapi juga bisa meredakan sakit punggung. Usahakan untuk duduk dalam posisi tegap dan nyaman, hindari menyilangkan kaki dan berdiri terlalu lama.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Relaksasi Kaki

9. Merendam Kaki
Kondisi kaki bengkak biasanya akan membuat kaki tegang, kaku dan sulit untuk digerakan. Rendam kaki dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan minyak alami.

Cara ini mampu meningkatkan aliran darah dan mencegah varises. Gunakan minyak alami dari lavender atau chamomile untuk mengurangi rasa tidak nyaman di kaki.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak

10. Akupuntur
Untuk merelaksasi kaki setelah melahirkan,  lakukan refleksi kaki atau akupuntur agar kaki bengkak bisa dikurangi. Akupuntur bisa menyeimbangkan energi dalam tubuh kembali, meningkatkan fungsi dan sirkulasi ginjal, sehingga pembengkakan berkurang. (mut)

 


Sumber: Mom Junction

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata kaki sakit sebelah kiri bisa disebabkan banyak faktor. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Yuk penyebabnya terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Kaki Terus Menerus Gatal Saat Hamil, Normalkah?

Kaki Terus Menerus Gatal Saat Hamil, Normalkah?

Ada ibu hamil yang mungkin tak mengalammi mual atau sakit kepala, tapi ia malah terserang gatal di kaki.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
7 Tips Mudik Aman yang Bikin Anak Tak Rewel Sepanjang Perjalanan, Ayah Bunda Wajib Tahu

7 Tips Mudik Aman yang Bikin Anak Tak Rewel Sepanjang Perjalanan, Ayah Bunda Wajib Tahu

Berbagai kekhawatiran saat mudik pasti ada, seperti anak rewel, tidak nyaman, sakit, dan sebagainya.

Baca Selengkapnya
Kondisi Tubuh Mudah Berubah Usai Libur Tahun Baru, Simak Saran Dokter Gizi

Kondisi Tubuh Mudah Berubah Usai Libur Tahun Baru, Simak Saran Dokter Gizi

Perubahan kondisi tubuh kerap terjadi pasca libur tahun baru. Simak tips dokter gizi untuk tahu cara mengontrol dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Totorial Melipat Hijab Anti Kusut

DRESS IT! Totorial Melipat Hijab Anti Kusut

Sudah full effort mencuci hijab sampai bersih dan disetrika rapi, malah kusut pas dilipat. Punya masalah yang sama?

Baca Selengkapnya