Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Cara Diet Alami untuk Ibu Hamil, Aman untuk Kandungan

10 Cara Diet Alami untuk Ibu Hamil, Aman untuk Kandungan Sumber: Shutterstock

Dream - Diet bukan semata-mata untuk menurunkan berat badan saja. Diet adalah aturan makan khusus untuk tujuan kesehatan. Diet bisa diterapkan oleh siapa saja dengan berbagai tujuan, seperti menambah berat badan, menurunkan berat badan, atau mempertahankan berat badan.

Diet juga berlaku untuk ibu hamil. Saat hamil, perempuan akan mengalami pertambahan berat badan signifikan. Sama seperti dalam kondisi normal, ada batasan normal dalam pertambahan berat badan saat hamil.

Diet berlaku untuk ibu hamil yang mengalami masalah berat badan, misalnya saja kurang berat badan atau kelebihan berat badan. Sedikit berbeda dengan diet yang dilakukan dalam keadaan normal, diet untuk ibu hamil lebih mengacu pada perbaikan kebiasaan makan dan memastikan nutrisi terpenuhi.

Dalam sehari ibu hamil membutuhkan kurang lebih 300 kalori tambahan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan berat badan saat hamil berada di angka normal, berikut cara diet alami saat hamil yang bisa dipraktikkan.

Menu Makanan Sehat

1. Perbanyak Buah dan Sayur
Bahan makanan terbaik bagi ibu hamil ialah buah dan sayur. Keduanya mengandung banyak nutrisi baik, seperti vitamin C dan asam folic. Dalam sehari, ibu hamil membutuhkan 70 mg vitamin C, yang bisa diperoleh dari jeruk, anggur, brokoli dan tomat.

Sedangkan untuk asam folat, dalam sehari dibutuhkan 0,4 mg. Kandungan ini bisa diperoleh dari sayuran berdaun hijau gelap, seperti kacang lima, kacang hitam dan daging sapi.

Cara Diet Alami


2. Makanan Berkarbohidrat Sehat
Selain buah dan sayur, ibu hamil harus menjaga berat badan dengan mengonsumsi makanan berkarbohidrat, seperti roti dan gandum. Dalam sehari, ibu hamil setidaknya mengonsumsi 6-11 kali makanan berkarbohidrat. Tidak harus roti dan gandum saja, tapi juga bisa mengonsumsi nasi, sereal, pasta, mie atau oatmeal.

3. Perbanyak Konsumsi Protein
Dalam sehari, ibu hamil membutuhkan kurang lebih 27 mg protein. Tidak hanya untuk menjaga berat badan saat hamil saja, protein sangat penting untuk perkembangan janin. Makanan seperti daging domba, ayam, sapi, dan ikan laut, bisa jadi pilihan makanan berprotein yang baik.

Pola Makan Sehat

4. Porsi Makan yang Cukup
Tak sedikit ibu hamil menganggap makan dalam porsi besar baik untuk perkembangan bayi. Dengan alasan, jumlah makanan tersebut akan dikonsumsi berdua. Tapi, anggapan tersebut tak sepenuhnya benar. Makanan berlebihan saat hamil, justru akan menambah berat badan dan membuat perkembangan janin jadi terganggu.

Lebih baik untuk makan dalam porsi secukupnya dan disesuaikan dengan kebutuhan. Imbangi dengan mengonsumsi camilan sehat saat merasa lapar.

Cara Diet Alami


5. Mengolah Makanan dengan Baik dan Benar
Cara diet alami untuk ibu hamil selanjutnya berkaitan dengan pengolahan makanan. Makanan setengah matang atau tidak matang sempurna tidak baik bagi ibu hamil, terutama daging. Sayuran mentah dan setengah matang juga tidak baik bagi ibu hamil. Dalam menyiapkan makanan untuk ibu hamil, banyak faktor yang harus diperhatikan.

Menghindari Makanan Ini

6. Sayuran Mentah
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ibu hamil sebaiknya mengurangi atau kalau bisa menghindari konsumsi sayuran mentah. Sayuran yang mentah biasanya masih mengandung toksoplasma, parasit yang menyebabkan toksoplasmosis. Kondisi tersebut sangat berbahaya bagi bayi dalam kandungan. Usahakan untuk mencuci bersih sayuran dan buah sebelum diolah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ibu hamil bisa merebus terlebih dahulu sayuran yang hendak dimakan. Selain menghilangkan bakteri dan parasit, merebus sayuran akan membuat teksturnya jadi lebih mudah dicerna.


7. Daging Mentah atau Setengah Matang

Cara Diet Alami

Sama halnya dengan sayuran mentah, daging mentah dan setengah matang sebaiknya juga dihindari oleh ibu hamil. Hindari makanan seperti sushi dengan daging mentah, steak dengan daging setengah matang, dan masakan laut yang terkontaminasi merkuri.

Camilan Sehat

Saat hamil, perut akan terasa lebih mudah lapar. Dan, solusi mengatasi rasa lapar tidak harus dengan makan berat. Tak sedikit ibu hamil menganggap rasa lapar saat hamil harus diakhiri dengan makan berat, yang justru akan mengacaukan pola makan. Hindari makan berat saat lapar di luar jam makan harian, dan antisipasi dengan camilan sehat berikut ini.


8. Camilan Rendah Lemak
Camilan sehat sangat penting untuk diet alami saat hamil. Tapi, ibu hamil harus pintar dalam memilih camilan dan tidak boleh sembarangan. Hindari camilan yang mengandung lemak tinggi seperti cokelat manis, biskuit dengan lemak yang tinggi dan kripik kentang. Pilih camilan sehat seperti sandwich, salad buah, atau yogurt.

Cara Diet Sehat


9. Camilan Rendah Gula Tambahan
Jangan pula memilih camilan dengan gula tambahan berlebih, seperti permen atau kue manis. Pilih buah-buahan seperti aprikot, anggur dan jeruk, atau pilih sayuran yang dibuat sup segar, kentang rebus atau oatmeal rendah lemak dan gula.

Konsumsi gula berlebih saat hamil akan menambah berat badan bayi secara signifikan. Bagi ibu hamil yang kekurangan berat bada, cara diet alami ini mungkin baik, tapi bagi ibu hamil normal, konsumsi gula tambahan harus dikurangi.

Olahraga Ringan

10. Olahraga Ringan dan Rutin
Satu lagi cara diet alami saat hamil yang tak boleh ketinggalan, yaitu olahraga rutin. Hamil bukan halangan untuk tidak berolahraga. Ada banyak jenis olahraga khusus ibu hamil yang bisa dicoba, seperti yoga ibu hamil, berenang, atau sekadar berjalan-jalan santai.

Cara Diet Alami

Lakukan olahraga ringan secara rutin dan konsisten. Jangan terlalu memaksa tubuh dengan olahraga berat. Akan lebih baik lagi kalau melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih jenis olahraga saat hamil  

Periksakan juga kondisi kehamilan, dan mulai dengan olahraga ringan. Cara diet alami ini sangat bermanfaat untuk melatih tubuh dan otot ibu dalam mempersiapkan persalinan. Jangan malas berolahraga ya, Bunda. (mut)


Sumber: NHS dan American Pregnancy Association

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Diet Terbaik untuk Perempuan di Atas 50 Tahun

5 Diet Terbaik untuk Perempuan di Atas 50 Tahun

Perempuan yang berusia di atas 50 tahun, mungkin mencari pola makan yang mendukung fungsi jantung atau otak.

Baca Selengkapnya
Boleh Konsumsi Mie Instan Saat Diet Sehat,  Simak Tips Nutrition Coach

Boleh Konsumsi Mie Instan Saat Diet Sehat, Simak Tips Nutrition Coach

Kamu tetap bisa mengonsumsi mie instan saat menjalani pola makan sehat. Cari tahu cara membuat mie instan lebih sehat ala Ahli Diet.

Baca Selengkapnya
Bikin Onde-onde Tanpa Digoreng, Cocok Disantap Saat Diet

Bikin Onde-onde Tanpa Digoreng, Cocok Disantap Saat Diet

Makan camilan manis saat diet tak perlu takut berat badan naik drastis dengan mengonsumsi onde-onde tanpa digoreng.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Hati-Hati Camilan yang Sering Bikin Gagal Diet, Ini Daftarnya

Hati-Hati Camilan yang Sering Bikin Gagal Diet, Ini Daftarnya

Walau ukuran dan porsinya kecil, camilan juga bisa bikin gagal diet. Cari tahu apa saja camilan yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Baca Selengkapnya
4 Efek Penurunan Berat Badan Karena Diet Ketat yang Harus Diwaspadai

4 Efek Penurunan Berat Badan Karena Diet Ketat yang Harus Diwaspadai

Diet ketat khususnya, seringkali menjadi pilihan bagi mereka yang ingin hasil yang cepat, tapi...

Baca Selengkapnya
Sering Dikira Aman, Minuman Ini Tinggi Kalori dan Kerap Bikin Gagal Diet

Sering Dikira Aman, Minuman Ini Tinggi Kalori dan Kerap Bikin Gagal Diet

Beberapa jenis minuman berkalori tinggi dan bisa membuat berat badan meningkat. Jika sedang menjalani diet, kamu harus menghindarinya jenis minuman ini.

Baca Selengkapnya
Trik Pilih Makanan Sehat Saat Banyak Aktivitas di Luar, Biar Stamina On Terus

Trik Pilih Makanan Sehat Saat Banyak Aktivitas di Luar, Biar Stamina On Terus

Pilih makanan yang lebih sehat saat berada di luar ruangan agar berat badan tetap stabil. Cari tahu rekomendasi pilihan makanan yang lebih sehat menurut pakar.

Baca Selengkapnya
Coba Diet Vertikal,  Banyak Makan Daging Merah tapi Bikin Tubuh Langsing

Coba Diet Vertikal, Banyak Makan Daging Merah tapi Bikin Tubuh Langsing

Di samping menurunkan berat badan, diet vertikal juga memiliki tujuan khusus.

Baca Selengkapnya
Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Memaksimalkan energi dalam tubuh membutuhkan pola makan yang holistik. Yuk, simak jenis-jenis makanan yang bisa memaksimalkan energi tubuh ini!

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

Dream - Sahabat Dream biar tambah terlihat kece saat gunakan sweater, bisa banget lho ikutin tips ini. Yuk simak!

Baca Selengkapnya