Pertanda Saat Si Kecil Diberi Makan Berlebihan

Makan berlebihan bisa berdampak buruk pada kondisi bayi.

Mutia Nugraheni
| 28 November 2018 16:11

Dream - Para orangtua biasanya terlalu bersemangat saat memberi makan bayi. Setelah memberi susu, lalu camilan dan tak lama kemudian menyiapkan makanan utama dalam porsi besar untuk si kecil

Bayi pun cenderung menelan semua yang diberikan, karena mereka belum begitu sensitif dengan rasa kenyang. Hal ini tentu saja tidak baik, makan berlebihan bisa berdampak buruk pada kondisi bayi.

Lalu apa tandanya saat Anda terlalu berlebihan dalam memberi makanan pada bayi? Dikutip dari Momjunction, pertanda awal biasanya si kecil kerap mengalami kembung. Buang angin berkali-kali, berbau busuk, kadang disertai rewel dan ia tampak terus menyentuh perutnya.

Muncul rasa tidak nyaman di perut bayi dan membuatnya menjadi lebih sering menangis. Saat buang air besar, si kecil juga tampak sangat tersiksa, kesakitan dan disertai tangisan. Pasalnya, makan berlebihan bisa juga memicu konstipasi atau sulit buang air besar.

Pada beberapa kasus, bayi yang makan berlebihan juga malah mengalami diare. Fesesnya jadi lebih cair dan berlendir dan ini sering terjadi. Untuk itu perhatikan porsi makan harian dan susu si kecil.

Pada anak 1 tahun ke bawah, membutuhkan tidak lebih dari 887 ml susu per hari. Jika lebih dari 1000 ml per hari, termasuk sangat berlebihan, terutama jika si kecil minum susu formula.

Memberi makan berlebihan pada bayi bisa juga menimbulkan reaksi muntah. Untuk jangka panjang ia juga lebih berisiko mengalami obesitas.

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival

Jangan Lewatkan