Pertanda Keguguran yang Harus Diwaspadai

Pada banyak kasus keguguran, ibu akan mengalami pendarahan hebat yang bisa mengancam nyawanya.

Mutia Nugraheni
| 24 Januari 2019 16:10

Dream - Kehamilan tidak selalu berjalan mulus hingga persalinan. Pada beberapa kasus, janin tak mampu bertahan dan keguguran pun terjadi. Tentunya hal ini menyebabkan kesedihan mendalam bagi para calon orangtua.

Penyebab keguguran cukup banyak. Seperti kelainan genetik, ketidaknormalan rahim, usia, trauma dan masih banyak lagi. Jika terjadi keguguran, penting untuk segera memeriksakan ke dokter dan jangan sampai terlambat.

Pada banyak kasus keguguran, ibu akan mengalami pendarahan hebat yang bisa mengancam nyawanya. Untuk itu tindakan medis yang segera sangat dibutuhkan. Sebagai langkah pencegahan ketahui pertanda keguguran yang wajib diwaspadai.

Kram dan nyeri luar biasa
Kram pada perut memang tak selalu jadi tanda keguguran tapi harus diwaspadai. Apalagi jika kram terjadi terus menerus dan disertai nyeri hebat. Terutama bila muncul di trimester pertama dan disertai bercak darah. Segera periksakan diri ke dokter kandungan jika mengalaminya.

Pendarahan
Muncul flek seperti bercak darah di awal kehamilan juga bukan selalu tanda bahaya. Ini juga pertanda kalau terjadinya implantasi embrio pada rahim. Tapi jika yang muncul berupa darah segar dan cukup banyak disertai nyeri, patut dicurigai. Konsultasilah secepatnya dengan dokter.

Keluar gumpalan dari organ intim
Pada beberapa kasus, keluar gumpalan yang cukup banyak dari organ intim. Bisa seperti keputihan tapi dalam jumlah banyak dan kadang kecokelatan dan disertai bercak darah. Hal ini harus segera dikonsultasikan, bisa jadi adanya infeksi atau pertanda keguguran.

Sumber: Verywell

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival

Jangan Lewatkan