Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Latih Motorik Halus Si Kecil dengan Main Gunting Play Dough

 Latih Motorik Halus Si Kecil dengan Main Gunting Play Dough Mainan Gunting Dan Playdough

Dream - Kemampuan motorik halus si kecil bisa dilatih dengan banyak permainan. Motorik halus ini sangat dibutuhkan kemudian hari saat ia harus menulis, mewarnai dan melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mengancing baju, mengkat tali sepatu, membuka halaman buku dan lainnya.

Pada anak-anak yang tak dirangsang dengan baik, kemampuan motorik halus ini seringkali terlambat. Efeknya perkembangan anak jadi terhambat, kadang juga berdampak buruk pada kepercayaan dirinya.

Untuk itu cobalah rangsangan kemampuan motorik halusnya dengan bermain gunting dan playdough. Mengoperasikan gunting merupakan hal yang sulit bagi anak usia 2 tahun. Tapi ras penasaran membuat mereka penasaran ingin menggerakkannya.

Buatlah permainan dengan menyiapkan adonan playdough warna-warni, gunting plastik untuk balita dan roller. Playdough testurnya cenderung tebal tak seperti kertas yang licin. Risiko kulit si kecil terkena gunting jadi lebih kecil.

Langkah pertama siapkan 3 atau 4 adonan playdough berbeda warna. Bentuk menyerupai cookies dan minta si kecil untuk 'mengolahnya'. Bisa dengan roller atau mengguntingnya menjadi ukuran yang lebih kecil.

Permainan ini melatih kemampuan jari-jarinya untuk memegang pensil dengan stabil saat belajar menulis. Anak juga akan belajar konsentrasi, menggunting bagian adonan agar sesuai yang diingkan dan mereka tentu tak kamu jarinya terluka.

Pastikan anak dalam pengawasan jika bermain dengan gunting. Jika anak sudah bisa menggunting dengan andal, berikan kertas yang agak tebal lalu kertas yang tipis. Selamat bermain!

Sumber: Modern Preschool

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP