Dasar yang Penting Diajarkan Sebelum Anak Belajar Membaca

Pre-reading skill harus mulai dikenalkan oleh orangtua pada anak sedini mungkin, mulai dari aktivitas bercerita dan berbicara sehari-hari.

Mutia Nugraheni
| 4 September 2017 08:09

Dream - Kemampuan membaca anak-anak bukan hanya ditentukan dari metode pengajaran atau latihan yang diberikan guru di sekolah. Jauh sebelum diajarkan membaca, sebenarnya anak-anak membutuhkan dasar untuk membuatnya jadi lebih mudah saat belajar menulis dan membaca.

Dalam istilah pendidikan anak usia dini, yaitu pre-reading skill. Siapa yang bisa memberikan dasar kemampuan tersebut? Tentunya orangtua yang bercengkrama dengan anak setiap hari sejak bayi. Coba berikan tiga dasar ini pada anak batita (bawah tiga tahun) Anda.

- Motivasi
Anak butuh pemicu atau motivasi untuk penasaran dengan kemampuan membaca. Caranya? Sediakan banyak buku-buku menarik di rumah atau flash card dengan tulisan. Bacakan anak buku kesukaannya dengan suara lantang dan penuh ekspresi. Lakukan hal ini sesering mungkin, karena anak akan makin penasaran dengan kemampuan membaca

- Kemampuan bahasa
Sebelum bisa membaca, anak harus menguasai dulu bahasanya sehari-hari. Kosakatanya sudah sangat banyak, ia sudah bisa menceritakan dengan bahasanya sendiri hal yang dialaminya.

Anak juga bisa mengerti instruksi dan memberikan instruksi pada orangtua. Untuk membentuk hal ini, banyak-banyaklah berdongeng, lalu minta anak melanjutkan cerita. Perbanyak pertanyaan untuknya terkait keseharian dan minta ia menjelaskannya.

- Konsep buku
Ini juga penting dimiliki anak, ia tahu bagaiman cara kerja buku atau konsepnya. Seperti, memegang buku dengan benar, membalik halaman, mengerti maksud dari kata yang diucapkan. Orangtua bisa membacakan buku sambil menyusur kata menggunakan jari sehingga anak tahu bentuk-bentuk huruf dan pelafalannya.

Sumber: ABC Literacy

 

Eksklusif! Sonny Tulung: Indonesia Bangsa Tahan Uji

Jangan Lewatkan