Cara Menambah Berat Badan pada Bayi Baru Lahir

Ketika bayi baru lahir memiliki berat badan yang kurang, orang tua cenderung merasa cemas.

Siwi Nur Wakhidah
| 19 Juni 2019 16:07

Faktor yang Mempengaruhi Berat Badan Bayi

Dilansir dari Kids Health, selain usia kandungan, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi berat badan bayi baru lahir. Di antaranya:

-    Fisik Orang Tua
Pengaruh genetik pada bayi tidak bisa dihindarkan. Kondisi fisik orang tua akan mempengaruhi fisik bayinya. Oang tua yang memiliki badan besar tidak menutup kemungkinan akan menurun pada berat badan bayinya. Begitupun sebaliknya.

Pasangan Bahagia

-    Kelahiran Ganda
Yang dimaksud dari kelahiran ganda adalah kelahiran pada bayi kembar atau lebih. Kondisi rahim yang diisi oleh dua bayi atau lebih, kemungkinan besar akan mempengaruhi berat badan bayi ketika lahir.

-    Jenis Kelamin
Selain fisik orang tua, dan kelahiran ganda, jenis kelamin bayi juga memiliki pengaruh pada berat badan bayi ketika ia dilahirkan.

-    Kesehatan Ibu Saat Mengandung
Ada lagi faktor yang bisa mempengaruhi berat badan pada bayi, yaitu kondisi kesehatan ibu saat mengandung. Karena pengaruh tekanan darah dan masalah jantung yang diderita sang ibu, bisa mempengaruhi berat badan bayi. Selain itu, faktor nutrisi yang dikonsumsi ibu saat mengandung juga mempengaruhi, dan dapat menambah berat badan bayi.

Ibu Hamil


-    Kesehatan Bayi
Masalah kesehatan bisa saja dialami oleh siapa saja, bayi sekalipun. Ketika bayi lahir, bisa saja bayi harus mendapat penanganan lain, dan mempengaruhi berat badan pada bayi.

Selanjutnya :

Berat Badan Bayi Prematur

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan