Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Anak Belajar Puasa, Pastikan Nutrisinya Terpenuhi

Anak Belajar Puasa, Pastikan Nutrisinya Terpenuhi Berbuka Puasa Bersama Keluarga (Foto: Shutterstock)

Dream - Mengajarkan puasa memang harus dilakukan sejak dini. Bisa dimulai sejak anak usia 5 tahun, tak perlu hingga Maghrib, tapi pastikan anak mengetahui kalau sebagai muslim kita harus berpuasa saat Ramadhan.

Pada anak yang sudah berusia 7 tahun, tentunya harus diusahakan puasa hingga Maghrib. Nah, ada hal yang harus diketahui orangtua jika anak sudah berpuasa penuh. Pastikan menu sahur dan berbuka sangat kaya nutrisi.

Unggahan dr Frieda

"Berbeda dengan orang dewasa, ketika berpuasa tubuh anak-anak akan lebih mudah lemas. Karenanya, sebagai orangtua sudah seharusnya kita memenuhi asupan nutrisi yang diperlukannya secara optimal, supaya anak kita bisa beraktivitas seperti biasa, dan tetap terjaga daya tahan tubuhnya," tulis dr. Frieda Handayani dalam akun Instagramnya.

 

Buah dan Sayur

Ia juga memberi saran menu makanan sahur. Usahakan untuk selalu ada buah dan sayur untuk anak.

"Ketika sahur, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang sekedar praktis dan mengenyangkan. Makanan sahur sangatlah penting, dengan memberinya lebih banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya serat, akan membantu rasa kenyang yang lebih lama," pesan dr. Frieda.

Untuk menu buka puasa, disarankan memberikan kurma pada anak atau segelas teh manis. Hal ini agar kekurangan glukosa saat puasa seharian bisa segera terpenuhi. Hindari juga memberinya makanan cepat saji, goreng-gorengan, atau makanan dengan kandungan gula tinggi.

Kabar Gembira, Puasa Bisa Bikin Makin Subur

Dream - Ibadah puasa seperti sekarang jadi keberkahan bagi umat Islam. Bagi perempuan, rupanya ibadah satu ini memiliki efek lain terkait kesuburan.

Puasa dapat memperpanjang masa subur perempuan karena membatasi asupan kalori. Selain itu, puasa juga membantu perempuan untuk menghasilkan sel telur atau ovum lebih banyak.

Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari Harvard dan Massachusetts General Hospital (MGH) yang menunjukkan bahwa membatasi asupan kalori mencit betina dewasa dapat mencegah terjadinya kelainan pada kehamilan.

 

Asupan Kalori Dibatasi

Selain itu, membatasi asupan kalori juga dapat mencegah penurunan kualitas sel telur. Puasa akan mengurangi kadar gula dalam darah dan kemudian mempengaruhi hormon reproduksi. Sehingga, memberikan kelancaran pada siklus menstruasi dan produksi sel telur.

Bagi pria, puasa tidak memberikan efek buruk terhadap kualitas sperma. Puasa malah akan meningkatkan fungsi organ reproduksi. Kadar asam dan basa di dalam tubuh bisa jadi lebih seimbang saat puasa. Ini membuat fungsi berbagai organ tubuh pun semakin meningkat.

Nah, jika sedang berusaha untuk memiliki keturunan, tak ada salahnya rajin berpuasa ya.

Laporan Ivana Okta/ Sumber: Fimela.com

Asupan Kaya Gizi Ini Sangat Baik Bagi Anak yang Berpuasa

Dream - Anak-anak yang 7 tahun, biasanya sudah berpuasa penuh. Mereka sudah bisa mengerti kewajiban-kewajibannya sebagai seorang muslim dan muslimah.

Sebagai orangtua, kita harus memastikan asupan gizinya terpenuhi dengan baik. Apalagi, jika buah hati memiliki sederet kegiatan yang pada selama Ramadan.

Jangan sampai berpuasa membuatnya mengalami masalah kesehatan dan gizi. Ada 3 menu yang sangat dirokomendasikan untuk sahur dan berbuka bagi anak. Yuk, cari tahu

1. Menu Sahur Tinggi Protein

Dilansir dari 800doctor.com, anak-anak disarankan makan sahur dengan menu tinggi protein. Telur, susu, keju rendah lemak, kacang-kacangan, dan ikan bisa dihidangkan untuk sahur. Asupan seratnya juga harus dipenuhi, bisa dari sayuran, buah-buahan kering, atau buah-buahan segar.

 

Menu Buka Puasa

2. Menu Takjil dengan Buah-buahan Segar
Buah-buahan yang tinggi kandungan airnya, seperti semangka, mangga, jeruk, dan anggur bisa dijadikan menu takjil untuk anak-anak. Dengan makan buah segar, energi yang hilang bisa dikembalikan dan bisa bantu menyegarkan tubuh anak. Selain itu, ketika akhirnya makan besar untuk berbuka puasa, perut mereka tidak "kaget".

3. Kurma, Susu, dan Jus Buah
Kurma yang manis dan kaya serat memang cocok untuk dijadikan menu takjil. Susu atau jus buah juga bisa dijadikan pilihan untuk dinikmati saat berbuka puasa. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah puasa seharian, anak-anak bisa minum sup daging ayam atau sup iga sapi.

Makanan yang terlalu berminyak, berlemak, pedas, dan asam sebaiknya tidak diberikan pada anak saat sahur dan berbuka. Batasi juga konsumsi aneka makanan atau kudapan yang terlalu tinggi kandungan gula dan garamnya.

Laporan : Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Pilihan Menu Sahur Praktis,  Bikin Kenyang dan Disukai Anak
3 Pilihan Menu Sahur Praktis, Bikin Kenyang dan Disukai Anak

Namun, seringkali, menggugah nafsu makan anak pada waktu sahur bisa menjadi tantangan tersendiri.

Baca Selengkapnya
Perhatian Kaum Pria, Rutin Konsumsi 5 Asupan Ini Biar Awet Muda
Perhatian Kaum Pria, Rutin Konsumsi 5 Asupan Ini Biar Awet Muda

Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Cobalah untuk mengonsumsi beberapa makanan yang dapat mencegah penuaan seperti berikut!

Baca Selengkapnya
Rumus Padanan Makanan
Rumus Padanan Makanan "1+1=3", Nutrisinya Jadi Meningkat

Mari kita lihat beberapa padanan makanan yang baik untuk tubuh.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi
Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Ingin memberikan MPASI pertama buat si kecil? Ini rekomendasinya yang bisa dipertimbangkan.

Baca Selengkapnya
Dianggap Aman untuk Anak, Ternyata 4 Minuman Ini Tak Direkomendasikan Dokter
Dianggap Aman untuk Anak, Ternyata 4 Minuman Ini Tak Direkomendasikan Dokter

Penting untuk memperhatikan asupan cairan sehari-hari buah hati.

Baca Selengkapnya
5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan
5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan sehat yang membentuk otot dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Baca Selengkapnya