Wallpaper Juga Harus Rutin Dibersihkan, Ini Caranya

Jangan sampai terlihat kotor dan lusuh.

Mutia Nugraheni
| 16 Juli 2021 14:03

Dream - Dinding memang tampak lebih menarik jika ditempel dengan wallpaper bermotif. Bila di rumah Sahabat Dream banyak area dinding yang dilapisi wallpaper pastikan membersihkannya dengan rutin.

Debu sangat mudah menempel di dinding. Jika dibiarkan begitu saja dalam waktu lama akan membuat wallpaper cepat rusak dan tampak lusuh. Membersihkan debu sekali atau dua kali dalam sebulan dapat meminimalkan penumpukan debu.

Hal ini akan membuat warna di wallpaper tetap terlihat cerah dan segar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan debu di wallpaper, berikut yang bisa diterapkan di rumah.

1. Singkirkan debu halus dan kasar lebih dulu
Langkah pertama bersihkan dulu debu halus dan kasar. Bisa menggunakan sikat lembut dari mesin penyedot debu yang bisa dioperasikan dengan tangan. Untuk cara yang lebih simpel, gunakan kemoceng kering untuk mengangkat debu-debu.

2. Singkirkan noda
Terkadang, membersihkan debu saja tidak cukup. Beberapa noda wallpaper tidak dapat dibersihkan, seperti tinta. Cara termudah dan termurah untuk membersihkan wallpaper menggunakan spons lembut sederhana, sedikit sabun pencuci piring dan air. Sebelum melakukan pembersihan, penting untuk memeriksa apakah wallpaper tahan terhadap sabun dan air.

Jika aman, campurkan larutan air dan sabun cuci piring. Basahi sedikit spons atau kain lembut dalam larutan dan lap wallpaper tapi jangan menggosok terlalu keras. Setelah itu bilas menggunakan kain kering.

3. Pakai wallpaper dough
Ada juga bahan pembersih wallpaper yang banyak dijual di pasaran yaitu wallpaper dough dan bisa digunakan berulang. Cukup ditempelkan di wallpaper yang penuh noda, kotoran akan terangkat. Bahan ini cenderung aman untuk wallpaper jenis apapun.

Selanjutnya :

Dinding Kusam dan Kotor, Saatnya Bersihkan dengan 3 Langkah

Menko Muhadjir Memutuskan PPKM Darurat Diperpanjang - DreamID

Jangan Lewatkan