Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Wajib Tahu, Langkah Efektif Membersihkan Bantal

Wajib Tahu, Langkah Efektif Membersihkan Bantal Bantal (Foto: Shutterstock)

 

Dream - Coba lihat bantal-bantal tidur di rumah. Jika tercium aroma tak sedap, berubah warna, atau penuh debu, sudah saatnya segera mencuci bantal-bantal tersebut. Jangan sampai bantal yang kotor jadi sumber penyakit di rumah.

Untuk membersihkan bantal yang kotor sebenarnya sangat mudah. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahan bantal. Dalam membersihkannya, jenis bahan bantal jadi pertimbangan utama.

- Bantal busa isi serat
Untuk bantal busa yang berisi serat, sebenarnya bisa langsung dimasukkan ke mesin cuci baik mesin cuci top-load maupun front load. Jika memang terdapat noda bisa diguakan pemutih, lalu dikucek hingga noda hilang. Setelah itu baru masukkan mesin cuci dan biarkan hingga selesai.

Dalam proses penjemuran, pastikan cuaca dalam keadaan panas. Jangan angkat bantal jika masih dalam keadaan lembap karena akan memicu tumbuhnya jamur dan berbau. Jika terasa lembap, segera jemur bantal.

- Bantal foam
Ada juga bantal yang bahannya terbuat dari foam. Bantal ini tak bisa dimasukkan ke mesin cuci karena akan merusak bentuk dan teksturnya. Cara terbaik membersihkannya adalah menyedot debunya secara teratur dengan vacum cleaner. Jika memang ada noda, segera bersihkan dengan tisu basah lalu keringkan. Ganti juga sarung bantal secara teratur minimal dua minggu sekali.

Jika memang bantal sudah terlihat sangat kotor, tak mampu lagi menyangga dengan baik, segera ganti dengan yang baru. Beberap ahli menyarankan untuk mengganti bantal setidaknya satu kali dalam setahun.

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Coba 5 Hal Simpel yang Bisa Bantu Redakan Lelah
Coba 5 Hal Simpel yang Bisa Bantu Redakan Lelah

Kadang-kadang, kita terjebak dalam rutinitas tanpa memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk istirahat, terus berjuang.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya
Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya

Apakah mengonsumsi teh dapat memberikan dampak positif terhadap sakit kepala atau justru memperparahnya?

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.