Ventilasi Alami Bikin Rumah Lebih Segar, Terapkan Hal Ini

Metode yang memungkinkan udara segar dari luar ruangan masuk ke ruang keluarga tanpa menggunakan AC dan jenis perangkat lain.

Mutia Nugraheni
| 28 Mei 2021 08:06

Dream - Rumah yang memiliki ventilasi baik pasti akan sangat segar dan bikin betah. Penting untuk memaksimalkan ventilasi alami di sekitar rumah. Apa yang dimaksud ventilasi alami?

Secara sederhana, ventilasi alami adalah metode yang memungkinkan udara segar dari luar ruangan masuk ke ruang keluarga tanpa menggunakan AC dan jenis perangkat lain yang digerakkan secara mekanis.

Istilah lain yang terkait dengan ventilasi alami adalah “ pendingin pasif”, yang mengacu pada desain yang tidak menggunakan peralatan mekanis yang rumit atau canggih untuk menciptakan kondisi yang nyaman pada interior bangunan.

Contoh yang baik dan sederhana adalah membangun jendela besar yang terbuka di rumah daripada menggunakan AC. Berikut lima cara sederhana untuk menerapkan ventilasi alami, di rumah.

Rumput
Tutupi trotoar dan tanah sekitarnya dengan rumput atau bahan penyerap panas lainnya. Dengan memilih rumput misalnya, panas yang tertahan di tanah sangat minim. Ini sangat membantu mengarahkan udara sejuk ke dalam rumah atau ruangan.

Gundukan Tanah
Gundukan tanah adalah contoh biomimikri yang luar biasa untuk mendapatkan konsep sirkulasi udara. Bagus untuk ditambahkan sebagai bagian dari lanskap rumah / taman / halaman untuk membantu sirkulasi udara, terutama di bulan-bulan musim panas.

 

Selanjutnya :

Lakukan Juga 3 Hal Ini

Topik Terkait :

Biaya Kremasi 80 Juta, Hotman Paris Colek Kapolri

Jangan Lewatkan