Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Varian Delta Muncul, Jangan Kendor Disinfektan Rumah

Varian Delta Muncul, Jangan Kendor Disinfektan Rumah Membersihkan Rumah/ Foto: Shutterstock

Dream - Virus Covid-19 varian delta kini tengah jadi kasus yang mendominasi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Sudah dua tahun kita melewati pandemi, jangan sampai menjaga kebersihan rumah menjadi kendor.

Terutama jika ada anggota keluarga di rumah yang masih harus keluar rumah untuk bekerja. Membersihkan rumah harus selalu dilakukan. Terutama disinfektan beberapa sudut yang kerap digunakan dan dipegang banyak orang.

Hal ini demi mengurangi risiko adanya virus yang masuk ke dalam rumah, dan menyebar. Lakukan langkah-langkah berikut agar rumah selalu sehat dan bebas virus berbahaya.

1. Bersihkan wastafel dan disinfektan secara teratur
Mencuci tangan merupakan hal terpenting yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dan orang lain dari Covid-19. Wastafel jadi bagian dalam rumah yang selalu jadi tempat cuci tangan setelah dari luar atau melakukan kegiatan.

Untuk itu lakukan pembersihan di wastafel secara teratur. Siram juga dengan cairan disinfektan secara rutin.

 

Biarkan Udara Mengalir

2. Buka jendela
Meningkatkan jumlah udara segar yang masuk ke rumah turut membantu menghilangkan kontaminan dalam ruangan, termasuk partikel virus di udara. Dengan masuknya udara mengalir dalam rumah, turut membersihkan virus dan bakteri yang ada di udara.

3. Membuka tirai agar sinar matahari masuk
Membiarkan sinar matahari masuk ke rumah adalah cara lain untuk memberi tekanan pada virus yang masuk ke dalam. Sinar UV merusak sebagian besar mikroorganisme dan virus, termasuk virus corona.

4. Bersihkan barang yang selalu dipegang
Gagang pintu, remote, pegangan kulkas termasuk ponsel dan mouse selalu kita pegang setiap hari. Usahakan setelah menggunakannya semprotkan disifektan untuk membersihkannya. Termasuk tas belanja dan dompet yang kita bawa keluar saat belanja. Terdengar sepele tapi efeknya sangat besar untuk meredam penularan Covid-19.

Selengkapnya baca di sini.

Cara Aman bersihkan 3 Alat Elektronik di Rumah

Dream - Membersihkan barang elektronik penting dilakukan secara rutin. Terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang, karena virus bisa menempel di mana saja termasuk pada barang elektronik di rumah.

Biasanya, barang elektronik dipenuhi debu dan terdapat banya bercak jari yang berminyak. Tanpa disadari, bakteri dan virus berkembang biak di sana dan bisa memicu masalah kesehatan pada anggota keluarga.

Untuk itu, lakukan pembersihan rutin pada barang-barang berikut. Bingung caranya? Ikuti saja panduannya.

1. Laptop dan komputer
Pertama, matikan komputer dan cabut kabelnya. Balikkan laptop atau keyboard dan goyangkan untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Letakkan kembali dan tiup-tiup dengan semprotan angin bertekanan tinggi yang banyak dijual di pasaran.

Oleskan sedikit alkohol gosok ke kain serat mikro dan seka di sekitar keyboard. Oleskan juga alkohol gosok ke layar dan seka dengan kain. Untuk membersihkan layar seka layar ke arah bawah agar terhindar dari goresan.

 

Televisi dan Kulkas

2. Membersihkan televisi
Sedot debu yang terkumpul di bagian belakang TV. Ambil sedikit alkohol gosok dan oleskan ke kain mikrofiber, lalu seka layar dengan lembut untuk menghilangkan noda. Lap kembali dengan kain yang lembut untuk menghindari goresan

Untuk remote TV, goyang-goyangkan untuk menghilangkan debu Gosok remote dengan kain serat mikro. Ulangi jika sangat kotor.

3. Kulkas
Keluarkan semua makanan dan minuman. Buang segera bahan makanan yang sudah tak layak konsumsi. Copot rak dalam kulkas dan cuci dengan sabun serta bilas hingga bersih. Biasanya banyak noda lengket bekas tumpahan makanan dan minuman. Pastikan seluruhnya bersih baru pasang rak kembali. BErsihkan juga pintu kulkas terutama bagian pegangan.

Selengkapnya baca di Diadona.id

Penataan Interior yang Bikin Rumah Mudah Dibersihkan

Dream - Biasanya, kita merancang dan mendekorasi rumah kita agar sesuai dengan selera. Lalu kemudian pilihan dekorasi tersebut menentukan rutinitas pembersihan kita. Bila menaruh rak terbuka, kita perlu membersihkan setiap hari.

Begitu pun meja besar dan sofa yang tebal, pastinya pembersihan harus dilakukan secara rutin. Bagaimana jika sebelum menentukan furnitur dan interior, kita pertimbangkan dulu yang mudah dibersihkan.

Jika tujuan Sahabat Dream adalah rumah dengan perawatan rendah dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk dibersihkan, berikut adalah pilihan dekorasi yang layak dipertimbangkan.

Pilih Furnitur yang Ditinggikan
Saat berbelanja sofa, meja samping, dan semua jenis furnitur, cari yang ditinggikan dengan kaki. Termasuk lemari yang menempel langsung ke dinding cari yag memiliki kaki. Dengan cara ini, kita dapat dengan mudah menyedot atau menyapu bagian bawahnya. Untuk rutinitas pembersihan, belilah penyedot debu robotik yang dapat melakukan semua pembersihan secara praktis.

Pilih Paint Finish yang Tepat
Jika memiliki hewan peliharaan atau anak kecil yang suka mengotori di dinding, hindari lapisan cat matte. Sebaliknya, pilih cat yang paling halus dan paling berkilau yang akan terlihat bagus — biasanya semi-gloss. Pada permukaan yang mengkilap ini, kotoran bisa lebih mudah dibersihkan.

 

Sofa dan Jenis Rak

Pilih Sofa Tahan Lama
Saat mencari sofa yang mudah dibersihkan, pelapisnya membuat perbedaan. Bahan kulit mudah dibersihkan. Pastikan untuk segera menyedot tumpahan dan lakukan deep cleaning satu kali setahun.

Jika lebih suka sofa kain, carilah yang memiliki perawatan antinoda atau serat mikro tahan noda. Jika tidak, pilih sofa dengan cover pelindung, sehingga covernya bisa dengan mudah dibersihkan di mesin cuci. Pertimbangkan bahwa warna yang lebih gelap akan menyembunyikan noda dengan lebih baik.

Hindari rak terbuka
Rak terbuka memang tampak sedap dipandang apalagi difoto dan diunggah di Instagram. Kenyataannya, rak terbuka ini wajib rutin dibersihkan, karena kalau tidak sebunya akan menumpuk dan sangat menggangu. Tidak praktis jika kamu bukan tipe orang yang suka bersih-bersih. Lebih baik gunakan lemari kaca depan sehingga dapat memamerkan barang-barang favorit sambil menjaganya tetap bebas debu.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Beberapa tempat memiliki jumlah virus lebih tinggi dibandingkan area lain. Kamu wajib meningkatkan daya tahan tubuh jika ingin mengunjunginya.

Baca Selengkapnya
Virus Lebih Aktif di Udara Dingin, Waspada Menyerang Si Kecil

Virus Lebih Aktif di Udara Dingin, Waspada Menyerang Si Kecil

Semakin banyak anak yang sakit di musim hujan. Ketahui penyebab dan cara cegahnya agar anak tetap sehat.

Baca Selengkapnya
Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

ISPA adalah infeksi yang mengganggu pernapasan yang disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea, bahkan paru-paru.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bukan Demam dan Anosmia, Ini Gejala Covid-19 Sub Varian JN1

Bukan Demam dan Anosmia, Ini Gejala Covid-19 Sub Varian JN1

Varian covid-19 memiliki gejala yang berbeda. Ini menjadi penyebab vaksin lama tidak efektif digunakan kembali.

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
Viral Ibu dan Bayi Meninggal Dunia Usai Persalinan di Rumah Sakit di Indramayu, Keluarga Menduga Terjadi Malapraktik

Viral Ibu dan Bayi Meninggal Dunia Usai Persalinan di Rumah Sakit di Indramayu, Keluarga Menduga Terjadi Malapraktik

Keluarga pasien menuding rumah sakit terlambat memberi pertolongan, baru ditangani beberapa jam setelah pasien datang.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Macan Tutul Masuk Rumah, Aksi Tenang Bocah Selamatkan Diri Jadi Sorotan

Detik-Detik Macan Tutul Masuk Rumah, Aksi Tenang Bocah Selamatkan Diri Jadi Sorotan

Ada macan tutul masuk ruangan, bocah ini tenang keluar dan kunci pintu.

Baca Selengkapnya
Peringatan Darurat WHO: Virus yang Pertama Kali Muncul Tahun 1700an Ini Kembali Hantui Indonesia, Bisa Sebabkan Lumpuh Layu

Peringatan Darurat WHO: Virus yang Pertama Kali Muncul Tahun 1700an Ini Kembali Hantui Indonesia, Bisa Sebabkan Lumpuh Layu

WHO mengumumkan bahwa enam kasus baru pada pasien yang sudah vaksin telah ditemukan di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Proses Penularan Virus Flu Bisa Sangat Cepat, Pakai Masker Adalah Kunci

Proses Penularan Virus Flu Bisa Sangat Cepat, Pakai Masker Adalah Kunci

Flu kembali menyerang banyak orang. Proses penyembuhannya pun memakan waktu cukup lama. Cari tahu proses penularan virus dan cara mencegahnya.

Baca Selengkapnya