Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Usir Cicak yang Kerap Menggangu Rumah dengan 3 Bahan Ini

Usir Cicak yang Kerap Menggangu Rumah dengan 3 Bahan Ini Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Melihat cicak yang mondar-mandir di meja makan, dapur atau sudut rumah tentunya sangat menganggu. Binatang satu ini kerap menggigiti makanan yang terhidang dan tentunya membawa penyakit.

Untuk itu jangan dibiarkan. Lakukan beberapa pencegahan agar cicak tak mengotori dan menyebarkan penyakit di rumah. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir cicak.

Sediakan saja benda-benda berikut di rumah. Bisa memilih salah satunya untuk membuat ruamh bebas dari cicak. Yuk, cari tahu.

1. Perangkap Cicak
Sahabat Dream bisa membuat perangkap cicak sendiri di rumah dengan menggunakan selotip dua sisi (double tape). Cara membuatnya cukup mudah. Cukup tempelkan plester ini di semua tempat yang biasanya cicak berkeliaran.

Jika kurang yakin dengan tempat-tempat yang biasanya cicak muncul di rumah, bisa coba menempelkannya di sekitar celah pintu, dekat sampah, dan celah jendela. Cicak biasanya mendatangi area yang terdapat makanan.

 

Kertas Lengket dan Mentimun

2. Kertas lengket 
Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menempatkan beberapa jebakan berupan kertas lengket. Kertas ini biasanya untuk menjerat tikus dan lalat. Dilapisi oleh lem yang super lengket.

Cicak yang berkeliaran akan dengan mudah terjebak jika melewati kertas tersebut. Kertas ini banyak dijual di pasaran. Pastikan menaruhnya di tempat yang tak banyak dilalui orang agar tak terinjak.

3. Mentimun
Aroma mentimun sangat tidak disukai cicak. Kamu bisa menaruh timun yang telah dipotong di area yang kerap dilewati cicak. Hanya dengan mencium aromanya, cicak biasanya akan langsung menghindar.

Laporan: Adhita Diansyavira/ Sumber: Liputan6.com

Singkirkan Semut yang Mengganggu di Berbagai Sudut Rumah

Dream - Ukuran semut memang kecil, tapi hewan satu ini selalu bergerombol dan sangat menganggu kenyamanan di rumah. Muncul di meja makan, lantai, kamar, dan berbagai sudut rumah.

Semut juga menggigit dan efeknya sangat menyebalkan. Mulai dari gatal, luka hingga iritasi, terutama pada anak-anak. Maka dari itu, kita perlu waspada ketika berurusan dengan hewan kecil ini.

Untuk menyingkirkan semut di rumah, cukup ikuti langkah simpel di bawah ini. Hal pertama adalah kenali jenis semut yang sering 'menjajah' rumah.

Saat ingin mengusir semut, perlu tahu jenis semut apa yang akan disingkirkan. Pasalnya, beda semut beda juga cara mengusirnya. Menurut Jody Green, urban entomologist di University of Nebraska-Lincoln, setidaknya ada 1.000 spesies semut.

Untungnya, hanya ada sekitar delapan hingga sepuluh semut yang ditemukan di daerah pemukiman.

"Mengetahui jenis semut, dapat membantu menentukan makanan favoritnya dan di mana mereka bersarang," ujar Green.

 

Jenis Semut

Seperti odorous ants, semut ini tertarik dengan gula. Sementara protein ants, tertarik dengan daging dan lemak. Adapula carpenter ants, semut ini mencari tempat yang basah, lunak, dan kayu yang rusak untuk membuat sarang koloni mereka.

"Tanda-tanda adanya carpenter ant adalah ketika ada seperti serbuk gergaji di lantai dekat atau di bawah kayu yang rusak, atau melihat semut reproduksi bersayap layaknya tawon," ujar asosiasi ahli serangga bersertifikat dengan Western Exterminator, Eric Sebring.

Walaupun dapat mengusir carpenter ants sendiri, ada baiknya menggunakan jasa pembasmi serangga untuk menghilangkan semut sejenis ini. Jika dibiarkan, semut dapat merusak rumah sehingga biaya yang dikeluarkan lebih mahal.

Bersihkan rumah secara rutin

Semut memiliki indra penciuman yang tajam. Hanya diperlukan satu semut untuk menggiring semua koloninya ke tempat makanan berada. Masalah besarnya adalah, ketika semut mencari makanan, mereka akan meninggalkan jejak dengan feromon.

Feromon ini akan digunakan mereka agar bisa kembali ke sarang. Dengan feromon juga, koloni semut dapat mengikuti jejak ke tempat makanan. Maka dari itu, membersihkan rumah secara rutin dan sebersih mungkin diperlukan untuk menghilangkan jejak feromon ini.

 

Tutup makanan manis

Simpan makanan manis di tempat yang sulit terdeteksi oleh semut. Hal simpel yang dapat dilakukan adalah menutup rapat makanan manis yang ada di rumah. Gunakan airtight container agar wadah benar-benar tertutup rapat.

Jika makanan bersifat cairan seperti madu, ada baiknya untuk membersihkan tempatnya terlebih dahulu setelah pemakaian. Cairan yang berjatuhan, dapat menarik atraksi semut.

Kurangi kelembapan

Semut juga membutuhkan air untuk hidup. Menurut Sebring, inilah mengapa banyak semut di rumah ketika udara kering dan panas.

"Mereka mencari sesuatu yang lembap, karena di luar kering, rumah seperti sumber air bagi semut," ungkap Sebring.

Kelembaban terdapat di tempat seperti tepian jendela yang membusuk dan kubangan air dari kebocoran. Hilangkan tempat-tempat seperti itu di rumah dan nyalakan exhaust fan di kamar mandi. Bisa juga gunakan portable dehumidifier untuk mengurangi kelembapan pada ruangan.


Laporan: Keisha Ritzska Salsabila/ Sumber: Rd.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Usir Cicak dan Lalat, Hanya Modal 3 Bahan yang Ada di Rumah

Cara Usir Cicak dan Lalat, Hanya Modal 3 Bahan yang Ada di Rumah

Rempah-rempah dan bahan dapur ini sangat ampuh untuk mengusir cicak dan lalat. Coba deh!

Baca Selengkapnya
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Dibalik kesederhanaan rumahnya itu terdapat keindahan yang luar biasa

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Lepas Dahaga dengan Cendol Dawet Manis Bikinan Sendiri

Lepas Dahaga dengan Cendol Dawet Manis Bikinan Sendiri

Cendol dawet bisa jadi pelepas dahaga yang tepat saat cuaca panas. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah untuk dijadikan stok minuman manis dan segar.

Baca Selengkapnya
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Perlu diketahui, jika kamu memilih untuk berada di satu kamar bersama hewan peliharaan, kamu akan lebih sulit nantinya untuk membersihkan kamar.

Baca Selengkapnya
Doa dan Cara Ampuh Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami di Rumah

Doa dan Cara Ampuh Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami di Rumah

Doa mengusir kecoa sering kali menjadi pilihan untuk menjaga kebersihan rumah dari serangan kecoa tanpa harus bergantung pada bahan kimia yang berbahaya.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

Sahabat Dream kalian sudah coba belum makanan yang lagi viral satu ini? kalau belum, kalian wajib coba sih

Baca Selengkapnya
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya
Penampakan Dapur di Rumah Ucok Baba, Ternyata Kondisinya…

Penampakan Dapur di Rumah Ucok Baba, Ternyata Kondisinya…

Sebelum terkenal seperti sekarang, Ucok Baba pernah hidup pas-pasan

Baca Selengkapnya