Trik Mudah Agar Sepatu dan Pakaian Tak Dipenuhi Debu

Debu seringkali memenuhi koleksi sepatu dan pakaian kesayangan.

Mutia Nugraheni
| 13 Agustus 2018 12:11

Dream - Koleksi pakaian dan sepatu di rumah seringkali dalam kondisi kotor penuh debu. Saat akan dipakai, malah berdebu dan terlihat lusuh. Kondisi ini tentu sangat menyebalkan.

Penting untuk menyimpan baju dan sepatu dengan tepat agar terlindungi dari serbuan debu. Bagaimana caranya?

" Debu bisa datang dari mana saja, sel kulit mati, kotoran dari luar rumah, polutan dan sirkulasi udara yang tak berjalan dengan baik. Tapi sumber debu terbanyak adalah sepatu. Jadi langkah pertama adalah pastikan sepatu yang digunakan sehari-hari ditempatkan di luar rumah," ujar Melissa Maker, pemilik layanan pembersihan rumah Clean My Space, dikutip dari Real Simple.

Untuk sepatu yang digunakan di acara tertentu seperti sepatu tumit tinggi dan atau yang berdesain resmi, sediakan rak atau kotak khusus yang tertutup. Sebelum disimpan lakukan pembersihan terlebih dulu dan angin-anginkan hingga kering. Baru kemudian simpan dalam tempat tertutup.

" Untuk menyerap kelembapan taruh silica gel di tempat penyimpanan," kata Melissa.

Sementara untuk koleksi pakaian, sama seperti sepatu. Pastikan kondisinya bersih sebelum disimpan. Pilih Lemari yang tertutup untuk menghindari paparan debu. Lakukan pembersihan dengan roller secara teratur.

" Melakukan sortir secara berkala juga penting, untuk menghemat isi lemari dan baju lama. Membersihkan pakaian pun jadi lebih efektif," ungkap Melissa.

Pada pakaian pesta atau yang berbahan halus, seperti jas dan gaun masukkan ke dalam kain pelindung. Baru kemudian gantung. Tetap bersihkan dengan roller secara rutin.

Sumber: Real Simple

Topik Terkait :

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri

Jangan Lewatkan