Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Trik Memberi Kesan Modern Pada Furnitur Kayu

Trik Memberi Kesan Modern Pada Furnitur Kayu Furnitur Kayu/ Foto: Shutterstock

Dream - Furnitur kayu menambahkan karakter yang kaya pada ruang makan, kamar tidur, dan ruang tamu, tetapi juga dapat menimbulkan kesan kuno. Biasanya furnitur kayu terutama yang berdesain klasik, memiliki karakter yang kuat.

Mungkin beberapa furnitur di rumah Sahabat Dream berasal dari warisan. Bila rumah memiliki desain modern, furnitur kayu tersebut memang tampak tak senada. Kita harus menyiasatinya agar furnitur bisa sesuai dengan tema rumah. Bagaimana caranya?

1. Hiasi dengan furnitur kayu tua dengan cara baru
Pikirkan cara kreatif untuk menata ulang furnitur kayu. Jika kamar tidur sudah lengkap, misalnya, meja rias kayu dapat digunakan sebagai tempat menyajikan minuman atau sebagai tempat penyimpanan peralatan makan di ruang makan. Coba cari cara untuk memanfaatkan furnitur kayu klasik dengan cara yang berbeda.

2. Sentuhan modern
Kursi kayu atau meja kayu yang berdesain klasik bisa diberikan sentuhan modern. Misalnya, warnanya diganti dengan cat putih atau warna lain yang mungkin senada dengan tema rumah. Bisa juga menambah busa bermotif atau aksen lain seperti besi, dekorasi logam yang berkesan modern. Pastikan saja perpaduannya pas dan tidak dipaksakan

 

Warna yang Pas

3. Perpaduan warna yang pas
Di ruangan serba putih, furnitur kayu gelap bisa terlihat tidak pada tempatnya. Di kamar tidur, coba pasang furnitur kayu klasik yang gelap dengan dinding abu-abu arang untuk menciptakan ruang lebih hangat dan nyaman. Hiasi dengan sedikit warna putih untuk menghindari tampilan yang terlalu suram.

4. Padukan perabotan kayu dalam berbagai warna
Jika tidak yakin warna apa yang akan dipasangkan dengan furnitur kayu, warna kayu lain umumnya merupakan pilihan yang aman. Finishing kayu sering kali menonjolkan warna dasar yang tampak kuning, oranye, merah, biru-abu-abu, atau cokelat tua. Hiasi dengan furnitur kayu campuran dengan memilih potongan aksen tambahan yang memiliki nada serupa.

Bukan Cuma Dibersihkan, Poles Furnitur Kayu Secara Rutin

Dream - Debu, kotoran dan minyak biasanya mengotori furnitur kayu. Terutama jika tak dibersihkan selama berbulan-bulan. Debu menumpuk hingga menghitam dan lengket. Penting untuk membersihkan debu di perabot kayu setiap hari.

Cukup gunakan kemoceng atau kain microfiber. Untuk noda yang lengket atau membandel bisa digunakan sedikit air atau pembersih khusus. Nah, ada satu lagi yang sering dilupakan saat membersihkan dan merawat furnitur kayu, yaitu memolesnya dengan cairan pengilap.

Kayu lama kelamaan akan kehilangan kilap dan tekstur halusnya. Memolesnya secara teratur akan membuat permukaan kayu lebih mengkilap dan terlindungi dengan baik. Salah satu cara untuk mengetahui apakah furnitur kayu membutuhkan polesan atau tidak adalah perhatikan kilaunya.

Bila sudah meredup, tampak kusam, teksturnya juga mulai kasar, maka harus segera dipoles dengan cairan pelapis kayu. Dikutip dari Apartment Theraphy, sebelum memoles kayu pastikan Sahabat Dream membersihkannya.

Poles secara berlapis dan berulang agar lapisannya cukup tebal sehingga perlindungan jadi optimal. Setelah itu jemur furnitur hingga kering. Aromanya mungkin akan sangat pekat, sebaiknya taruh di luar rumah hingga aromanya berkurang.

Segera praktikkan di rumah!

Pilihan Jenis Cat yang Pas untuk Perbarui Tampilan Furnitur

Dream - Furnitur warna putih atau bernuansa pastel, saat ini sedang sangat digemari. Kesan modern, terang dan ceria bisa didapatkan dengan mengganti warna cat furnitur.

Bila Sahabat Dream berencana untuk mengganti warna cat furnitur, bisa memberi kesan berbeda pada ruangan dalam rumah. Hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan jenis cat. Tak semua cat cocok untuk menwarnai ulang furnitur.

"Lapisan cat baru dapat memberikan tampilan yang bersih dan segar pada furnitur. Tetapi penting untuk memilih jenis cat yang tepat untuk menghindari hasil akhir yang tidak rata dan cat terkelupas," kata Hunter Macfarlane, seorang pakar interior.

Berikut beberapa cat yang bisa jadi pilihan saat ingin warnai ulang furnitur agar tampak baru dan modern.

Primer
Setelah mengelupas cat furnitur lama dengan mengampelas atau menggunakan sabut baja, bersihkan dulu semua permukaannya. Setelah itu oleskan dengan cat primer. Ini akan mencegah noda dan simpul keluar melalui lapisan cat baru. Cat primer cepat kering, jadi jangan lewatkan langkah ini dan merupakan cat dasar yang sangat penting. Langkah terbaik adalah mencocokkan jenis primer dengan jenis cat yang akan digunakan; misalnya, gunakan primer lateks dengan cat lateks.

 

Cat Lateks

Salah satu cat paling populer untuk furnitur adalah cat lateks. Tersedia dalam berbagai warna dan dapat dicampur dengan warna lain untuk menciptakan warna yang khas.

Cat ini juga tersedia dalam berbagai versi seperti flat, low sheen atau satin, semi-gloss acrylic latex, dan oil-based enamel. Kekurangannya, meskipun mudah dibersihkan dengan sabun dan air, namun cat kemungkinan akan pecah jika berulang kali digunakan secara berlebihan.

Cat Berbasis Minyak
Cat furnitur favorit lainnya adalah yang berbahan dasar minyak. Cat ini dikenal karena daya tahannya dan tidak mudah pecah atau tergores. Keluarga dengan anak kecil sangat pas menggunakan cat furnitur ini karena noda dan tumpahan di cat mudah dibersihkan tumpahan dan noda. Kekurangannya adalah bau menyengat yang ditinggalkannya saat mengering. Bisa memakan waktu hingga satu hari atau lebih hingga aromanya benar-benar hilang. Pastikan untuk menaruh furnitur di ruangan dengan ventilasi yang baik hingga mengering.

Cat Kapur/ Chalk Paint
Chalk pain meninggalkan hasil akhir yang halus dan matte. Untuk membersihkannya juga sangat mudah, cukup menggunakan sabun dan air. Pada cat berbahan dasar kapur, kita harus menggunakan lilin penyegel setelah cat mengering, itu akan melindungi hasil akhir sehingga cat tetap menempel.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Trik Merancang Rumah Minimalis agar Terasa Sejuk Ternyata Mudah, Bikin Keluarga Makin Betah!

Trik Merancang Rumah Minimalis agar Terasa Sejuk Ternyata Mudah, Bikin Keluarga Makin Betah!

Ini lho trik menata rumah minimalis agar lebih sejuk secara alami.

Baca Selengkapnya
Transformasi Dapur Rumah Dinas Kumuh Disulap Jadi Estetik, Bak Masuk Toko IKEA!

Transformasi Dapur Rumah Dinas Kumuh Disulap Jadi Estetik, Bak Masuk Toko IKEA!

Dapur kumuh dan kotor ini disulap menjadi estetik bak toko IKEA

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Dapur Minimalis agar Selalu Bersih dan Rapi, Biar Makin Betah Masak

Tips Menjaga Dapur Minimalis agar Selalu Bersih dan Rapi, Biar Makin Betah Masak

Biar tetap cantik, begini caranya jaga kebersihan dapur minimalismu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
Potret Rumah Mewah Olla Ramlan, Ternyata Hasil Dekorasi Sendiri

Potret Rumah Mewah Olla Ramlan, Ternyata Hasil Dekorasi Sendiri

Hunian mewah berlantai tiga itu memiliki desain modern

Baca Selengkapnya
Tampil Lebih Stylish, Ini 4 Tips Pakai Aksesori dengan Cara On Point!

Tampil Lebih Stylish, Ini 4 Tips Pakai Aksesori dengan Cara On Point!

Aksesori bisa membuat penampilan lebih menarik jika digunakan dengan cara yang tepat. Ikuti beberapa tips untuk memaksimalkan penampilan dengan aksesori.

Baca Selengkapnya
Potret Desain Dapur Manis dengan Aksen Rotan Bernuansa Modern

Potret Desain Dapur Manis dengan Aksen Rotan Bernuansa Modern

Material rotan juga digunakan untuk kabinet atas dapur yang dipadukan dengan kayu dan mika.

Baca Selengkapnya
Penampakan Dapur Unik di Rumah Mewah Boiyen, Lemarinya Bikin Salfok!

Penampakan Dapur Unik di Rumah Mewah Boiyen, Lemarinya Bikin Salfok!

Boiyen membuat dapurnya tampak berbeda dari kebanyakan rumah lain

Baca Selengkapnya
Anak Makeover Dapur Jadul Ibunya yang Jamuran Biar Lebih Luas dan Estetik, Endingnya Malah Bikin Tambah Penasaran

Anak Makeover Dapur Jadul Ibunya yang Jamuran Biar Lebih Luas dan Estetik, Endingnya Malah Bikin Tambah Penasaran

Makeover dapur merupakan cara untuk menghadirkan suasana rumah yang nyaman dan estetik.

Baca Selengkapnya