Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tren Keset Disinfektan, Coba Terapkan di Rumah

Tren Keset Disinfektan, Coba Terapkan di Rumah Disinfektan Mat/ Foto: Shutterstock

Dream - Aktivitas seluruh anggota keluarga saat ini mungkin mulai banyak keluar rumah. Bekerja di kantor dan anak-anak mulai sekolah tatap muka. Sesampainya di rumah, pastikan langsung membersihkan diri. Jangan sampai membawa virus dan bakteri berbahaya ke dalam rumah.

Pandemi masih berlangsung, kita memang harus ekstra dalam menjaga kebersihan rumah. Salah satu perlengkapan yang penting dipertimbangkan untuk ditaruh di depan rumah adalah keset yang dilengkapi cairan disinfektan.

Apa itu keset disinfektan dan di mana kita harus meletakkannya?

Umumnya, ketika kita datang dari luar dan memasuki rumah, tidak selalu mengganti atau langsung melepas sepatu kita. Dengan cara ini, tidak dapat dihindari bahwa kita memasukkan bakteri dan kotoran ke dalam rumah, sehingga pembersihan harian menjadi penting. Apalagi jika ada bayi di rumah yang merangkak di lantai.

Keset disinfektan

Salah satu cara untuk mewujudkan ruang bersih adalah melalui keset desinfektan. Keset ini bisa diletakkan di depan pintu rumah, tepat di teras pintu masuk, atau di lorong. Selain itu, tidak memakan banyak ruang dan biasanya memiliki dimensi perkiraan 65 x 40 sentimeter.

Ada juga yang lebih besar yang tersedia untuk area komunal. Sangat aman dan sederhana untuk digunakan semua orang, karena penghuni rumah akan berjalan di atas keset ini dan langsung membersihkan alas kaki mereka.

Berisi Cairan dan Pengering

Ketika mendefinisikan apa manfaatnya, kita harus ingat bahwa itu untuk penggunaan sehari-hari. Sebelum memasuki rumah, penting untuk membersihkan alas kaki outdoor.

Umumnya, keset terbuat dari karet dan cukup kuat. Beberapa keset desinfektan juga berfungsi sebagai wadah cairan desinfektan yang terdapat di area tempat kita menginjak. Untuk mencapai hasil terbaik, penting bagi kita untuk memastikan sepatu terendam cairan.

Setelah prosedur ini dilakukan, lanjutkan ke alas pengeringan, yang terletak tepat di sebelah alas wadah. Alas ini memastikan tidak menodai permukaan apa pun dan menghindari percikan yang tidak perlu. Tetap disarankan untuk melepas alas kaki sebelum memasuki rumah.


Sumber: DecorTips

Barang Elektronik Rumah yang Harus Rutin Dibersihkan Saat Pandemi

Dream - Sebagian besar aktivitas, seperti bekerja dan sekolah hingga kini masih berpusat di rumah karena kasus Covid-19 masih belum menurun signifikan. Tentunya hal ini membuat rumah selalu ramai penghuni dan penggunaan kulkas, mesin cuci, oven dan AC jadi lebih sering dari biasanya.

Untuk kulkas, kita mungkin menyimpan setok makanan lebih banyak, lalu mesin cuci digunakan lebih sering karena baju harus selalu dicuci setelah dari luar. Begitu juga oven karena lebih sering memasak, termasuk AC agar kondisi rumah tak terlalu panas.

Untuk itu, pastikan keempat peralatan elektronik tersebut dibersihkan secara rutin. Bukan hanya agar lebih bersih, tapi juga lebih hemat. Bagaimana caranya? Yuk simak.

1. Kulkas
Kulkas menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang hampir ditemukan di setiap rumah. Beri ruang antara kulkas dan dinding agar tidak menghambat aliran udara panas dari kompresor. Bersihkan lemari es minimal 1 bulan sekali.

Selain bermanfaat untuk menjaga higenitas kulkas, jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini juga bermanfaat untuk membantu mengecek makanan apa saja yang masih ada dan perlu untuk segera diolah atau dikonsumsi.

Mengisi kulkas secara berlebihan, membuat perangkat tidak bekerja secara maksimal, yang hingga mengakibatkan penurunan kemampuan dalam melindungi kesegaran bahan makanan.Pilih jenis bahan makanan yang sebaiknya memang disimpan di kulkas, dan pisahkan bahan atau makanan yang aman disimpan di suhu ruangan.

 

2. Mesin Cuci

Mesin cuci menjadi perangkat andalan dalam membantu memudahkan pekerjaan sehari-hari dalam mencuci pakaian hingga perabot kain lainnya. Beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mesin cuci adalah sebagai berikut.

Jangan letakkan mesin cuci di kamar mandi. Kadang orang berpikir meletakkan mesin cuci di kamar mandi akan memudahkan saat proses mencuci dan pembuangan air.

Faktanya, lingkungan yang lembap membuat mesin cuci mudah rusak sehingga berbahaya bagi keamanan pengguna. Perhatikan selalu kapasitas mesin cuci yang dimiliki. Jangan memaksakan mesin cuci bekerja terlalu berat karena dapat merusak drum mesin cuci.

Bersihkan tabung, laci detergen dan filter mesin cuci secara teratur. Menjaga kebersihan perangkat berarti menjaga kualitas kebersihan dari pakaian atau objek lain yang dicuci menggunakan mesin cuci.

 

3. Oven

Selama menghabiskan waktu di rumah, aktivitas seperti memasak dan membuat kue makin digemari. Oven, menjadi perangkat dapur favorit yang dimanfaatkan untuk membuat aneka makanan dan camilan favorit keluarga. Bersihkan secara rutin sisa masakan yang menempel di bagian dalam serta luar oven agar oven tetap terjaga higenitasnya. Sisa masakan yang dibiarkan dalam perangkat dapat berkembang menjadi bakteri, yang tentu berbahaya bagi kesehatan.

Jika menggunakan oven gas, perhatikan selalu regulator serta gas yang digunakan. Jangan sampai membuat masakan yang diolah terkontaminasi bau gas karena regulator tidak terpasang dengan baik.

 

4. AC

AC menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang kian penting untuk dijaga kinerja dan kebersihannya. Karena, jika ruangan sejuk maka kita makin betah berada di dalam rumah terus selama pandemi.

Sesuaikan besar PK dengan luas ruangan yang akan dipasangi pendingin ruangan. Selain itu, ketika AC digunakan, pastikan ruangan dalam kondisi tertutup dan minim cahaya matahari. Hal ini agar kerja AC tidak terlalu berat ketika mendinginkan ruangan.

Selengkapnya baca di Diadona.id

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bersihkan Setrika Kesat Cuma Pakai 2 Bahan

Bersihkan Setrika Kesat Cuma Pakai 2 Bahan

Jangan biarkan setrika kesat dan kotor membuat pakaianmu tidak rapi. Bersihkan setrika dengan 2 bahan untuk mengatasinya.

Baca Selengkapnya
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
4 Langkah Penting  Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

4 Langkah Penting Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

Simpan keju dengan cara yang tepat agar tidak mudah basi. Perhatikan 4 hal sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pilihan Alat Masak Berdesain Estetik untuk Percantik Dapur

Pilihan Alat Masak Berdesain Estetik untuk Percantik Dapur

Cocok untuk segala jenis kompor yang memberikan fleksibilitas saat memasak.

Baca Selengkapnya
Momen Sedih Wanita Lagi Sakit Tak Ada yang Jenguk, Sedangkan Kamar Pasien Sebelah Ramai Saat Jam Besuk

Momen Sedih Wanita Lagi Sakit Tak Ada yang Jenguk, Sedangkan Kamar Pasien Sebelah Ramai Saat Jam Besuk

Pemandangan kamar pasien sebelah sangat kontras dengan kondisi di dalam kamar tempat dia dirawat.

Baca Selengkapnya
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon

7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon

Intip beberapa cara menarik dalam membersihkan alat dapur berbahan silikon.

Baca Selengkapnya
Cara Merawat Lubang Tindikan agar Tetap Nyaman dan Bebas Iritasi

Cara Merawat Lubang Tindikan agar Tetap Nyaman dan Bebas Iritasi

Lakukan perawatan ini, agar lubang tindikan tidak bermasalah.

Baca Selengkapnya