Tips Membuat Kamar Bersih Bebas Tungau

Tungau bisa memicu alergi pada sebagian orang.

Cynthia Amanda Male
| 11 April 2019 12:23

Dream - Belakangan ini, banyak beredar seni merapikan barang supaya kita merasa lebih nyaman berada di satu ruangan.

Namun, pintar merapikan barang saja tidak cukup. Sahabat Dream memerlukan tempat yang tepat agar barang bisa terawat dan tidak menjadi sarang penyakit.

Seperti yang diungkapkan Budi Setiabudiawan, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak bahwa menyimpan buku, majalan dan koran sebaiknya di tempat tertutup. Bahkan kalau bisa, disimpan di luar ruangan.

" Sebaiknya disimpan di leari atau kotak tertutup. Kalau terbuka, nanti banyak debu dan tungau. Apalagi, kalau ada kipas angin yang menyebabkan debu dan tungaunya semakin tersebar dan menyebabkan alergi," ujarnya di Rumah Maroko, Jakarta Pusat, Rabu kemarin.

Selain buku, majalah dan koran, ia pun menyarankan untuk mengurangi penyimpanan boneka berbulu di area kamar. " Itu sarangnya debu dan tungau. Nanti, anak main boneka dan dicium atau dihisap jadi lebih berbahaya, terutama jika alergi" .

Untuk menjaga kamar tetap nyaman dan bebas tungau, Sahabat Dream bisa menghindari penggunaan karpet di dalam ruangan keluarga maupun kamar.

Bahan bantal pun berpengaruh besar untuk membuat ruangan bebas tungau. " Bantal sebaiknya terbuat dari busa. Jangan dari kapuk, dacron atau bulu angsa supaya bebas tungau maupun alergi. Gorden pun harus sering dicuci," tutupnya.

Topik Terkait :

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival

Jangan Lewatkan