Tesla Bikin Atap Rumah yang Bisa Jadi 'Bank' Energi

Atap ini mengumpulkan energi dari matahari pada siang hari.

Mutia Nugraheni
| 17 Mei 2019 12:05

Dream - Atap panel surya kini sedang banyak diminati dan dicari. Perusahaan mobil listrik, Tesla, juga mengembangkannya. Mereka membuat atap panel surya yang siap dirilis ke publik secara massal.

Sistem atap surya Tesla didasarkan pada gabungan atap tempered glass dengan baterai Powerwall built-in. Atap ini mengumpulkan energi dari matahari pada siang hari selama berjam-jam dan kemudian menyimpannya.

Penghuni rumah bisa menggunakan simpanan energi tersebut kapan pun, konsepnya seperti " bank" untuk energi. Sumber energi ini nantinya bisa digunakan untuk menyalakan listrik dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

 Panel Surya Tesla

Sehingga, ketergantungan terhadap sumber listrik dari pusat bisa dikurangi, bahkan mungkin nantinya tak dibutuhkan lagi. Atap tersebut diklaim Tesla bisa melengkapi arsitektur rumah sambil mengubah sinar matahari menjadi listrik.

Berapa harganya? Ubin surya Tesla harganya US $42 atau Rp609.000 per kaki persegi. Tesla hanya merekomendasikan menggunakan sekitar 35 persen ubin surya dan mengisi sisanya dengan ubin non-surya, yang harganya sekitar $11 atau Rp160.000 per kaki persegi.

Ingin memasangnya di rumah, Sahabat Dream?

Sumber: House Beautiful

Topik Terkait :

Sekarang Bang Ijal Hidup Kayak Atta Halilintar - Smartfren Milenial Males Jadi Miliuner Eps Spesial

Jangan Lewatkan