Terapkan 6 Trik Belanja Efektif Saat di IKEA

Jangan sampai waktu terbuang banyak sementara barang diinginkan tak didapat.

Mutia Nugraheni
| 13 Oktober 2017 10:08

Dream - Dalam mencari home furnishing, IKEA bisa menjadi pilihan yang layak untuk dicoba. Banyaknya ragam produk yang ditawarkan tentu saja membuat siapa pun tergiur untuk membelinya.

Dengan lokasi toko yang sangat luas, barang-barang yang sangat beragam serta situasi toko yang ramai, proses belanja pun kadang jadi tidak efektif. Mulai dari saat mencari parkir, menyusur lorong untuk mencari barang, hingga antrian saat membayar.

Waktu yang dihabiskan cukup banyak sementara barang yang diinginkan belum tentu didapat. Nah, agar proses belanja kebutuhan rumah di IKEA lebih efektif, coba terapkan enam trik berikut.

Kebutuhan 
Pastikan Anda berbelanja sesuai kebutuhan keluarga dan bukan keinginan. Belilah barang yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan kondisi rumah. Lihat dulu katalog baik yang berupa majalah maupun online untuk mencari barang yang dibutuhkan. Buat daftar belanja untuk menghemat waktu dan anggaran.

Harga menarik
Tidak semua produk IKEA berharga mahal. Banyak diantaranya yang memiliki harga terjangkau apabila Anda jeli. Tahun ini, ada 2.159 produk dengan harga di bawah Rp100.000, 975 produk di bawah Rp50.000, dan 235 produk di bawah Rp 20.000. Cermati harga dengan seksama, agar dompet tidak jebol.

Pilih gaya sendiri
IKEA memang merupakan perusahaan asal Swedia, sehingga produk-produknya didasari dengan gaya Skandinavia. Gaya ini menawarkan tampilan yang sederhana dan fungsional dengan nuansa warna alam. Namun, Anda juga bisa menemukan barang dengan sentuhan warna berani. Tentukan konsep besar penataan rumah, jangan terpengaruh penataan yang ada, karena tiap rumah memiliki gaya penataan sendiri.

Ikuti aturan berbelanja
Belanja di toko yang satu ini memang tidak boleh asal. Anda harus memperhatikan tag dari setiap produk yang dipajang. Catat nama dan lokasi pengambilan produk yang Anda pilih. Kemudian, pergi ke tempat produk di simpan, untuk dibawa pulang sendiri.

Perhatikan buku panduan perakitan
Produk IKEA memang dikemas secara datar untuk memudahkan dibawa pulang. Namun, ada tantangan tersendiri untuk merakit produk tersebut di rumah. Untuk itu, perhatikan buku manual dengan saksama. Barang akan terakit dengan sempurna apabila mengikuti semua tahapan di dalam buku. Tidak perlu takut, karena buku panduan didesain dengan banyak ilustrasi untuk memahami tata cara perakitan.

Belanja online
Untuk Anda yang tidak bisa mengunjungi toko, dapat berbelanja secara online dengan lewat situs resmi IKEA. Apabila kebingungan, Anda juga bisa mengunjungi Online Point yang terletak di Bintaro. Di sana, Anda dapat memesan barang secara online dengan didampingi oleh para staf. Untuk menghemat biaya pengiriman, bisa juga mengambil barang yang sudah dipesan secara online di Distribution Point Sentul, Bogor, dan juga Surabaya.

Laporan Annisa Mutiara

 

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK

Jangan Lewatkan