Terapkan 3 Trik Mudah Agar Dapur Selalu Bersih

Dapur yang kotor bisa membuat seluruh anggota keluarga terancam kesehatannya.

Mutia
| 15 Juli 2017 17:19

Dream - Panci bertumpuk, sisa bahan makanan berserakan, piring serta sendok kotor tersebar di segala penjuru dapur. Belum lagi lantai dapur yang terasa licin dan banyak terdapat semut dan kecoa. Kondisi dapur macam ini tentu tak boleh dibiarkan.

Dapur yang kotor bisa membuat seluruh anggota keluarga terancam kesehatannya. Sisa makanan yang menumpuk akan mengundang binatang seperti lalat, tikus dan kecoa untuk datang. Binatang tersebut merupakan pembawa penyakit.

Pastikan dapur selalu dalam kondisi bersih dengan menerapkan tiga hal ini. Cukup mudah dilakukan, tapi yang cenderung sulit dilakukan adalah konsisten. Ingin tahu apa saja?

- Tidak menunda
Meja dapur penuh ceceran bumbu, tak dibiarkan lama, tapi langsung dibasuh dengan tisu dapur. Begitu juga ketika ada makanan lengket yang jatuh ke lantai. Segera diangkat, disapu lalu di pel. Tidak membiarkan dapur kotor dalam waktu lama, karena akan dengan mudah memicu binatang datang. Biasanya, menunda membersihkan dapur setelah memasak hanya akan memicu rasa malas lalu menunda lagi dan lagi sampai berhari-hari hingga dapur berbau.

- Selalu kosongkan bak cuci piring
Prinsip jangan pernah tidur dalam keadaan bak cuci piring penuh memang sebaiknya diterapkan. Bayangkan piring yang bekas sisa makanan dibiarkan semalaman bercampur air dan sisa minuman, baunya pasti sangat menggangu dan mengundang kecoa. Untuk itu selalu cuci semua piring dan perkakas dapur sebelum tidur. Pastikan kondisi dapur juga sudah bersih, sehingga esok harinya bisa langsung digunakan tanpa perlu membersihkannya lagi.

- Sortir alat
Pastikan tiap perkakas dan alat dapur yang sering digunakan berada di tempat yang mudah terlihat dan dijangkau. Simpan alat yang jarang dipakai di lemari tertutup. Untuk alat yang sering dipakai taruh di luar. Menggantungnya di dinding atau area sekitar meja atau kompor adalah solusi paling tepat.

 

Sumber: The Kitchn

 

Topik Terkait :

#SusahnyaJadiArtis - Danang & Nilam Bahas Soal Haters

Jangan Lewatkan