Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tengok Keunikan Taman di Atas Truk, Bikin Mata Segar!

Tengok Keunikan Taman di Atas Truk, Bikin Mata Segar! (Foto: Zoenren-osaka.jp)

Dream - Bukan hanya terkenal dengan kemajuan teknologinya, masyarakat Jepang juga sangat inovatif dan kreatif. Ada sebuah kontes taman di negeri matahari terbit ini, yang dilakukan setiap tahun, yaitu Key Truck Garden Contest.

Pesertanya adalah para ahli lansekap taman seantero Jepang. Keahlian mereka dalam membuat taman dipertontonkan, tapi bukan area tanah terbuka. Taman justru dibuat di atas truk bak terbuka.

Taman truk Jepang

(Foto: zoenren-osaka.jp)

Acara yang terakhir diselenggarakan pada April 2019 lalu. Dilansir dari Oddity Central, pada tahun ini kemungkinan besar akan ditunda atau dibatalkan. Hal itu terjadi karena pandemi corona COVID-19 yang sedang terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk di Jepang.

Taman truk Jepang

(Foto: zoenren-osaka.jp)

Truk Kei, atau “kei-tora”, adalah kendaraan utilitas kecil, namun praktis yang ditemukan di Jepang, tetapi digunakan di seluruh Asia, terutama di bidang konstruksi dan pertanian. Kontes membuat taman di atas truk telah menjadi bagian dari budaya Jepang selama beberapa dekade.

 

Truk Bak Jadi Kanvas

Orang-orang menyukai kontes itu karena menyediakan banyak ruang dan mudah untuk bermanuver di jalan-jalan sempit. Namun setahun sekali, truk-truk utama mengambil panggung sebagai kanvas untuk karya-karya seni lansekap yang cerdas. Acara khusus ini disponsori oleh Federasi Kontraktor Lansekap Jepang.

Taman truk Jepang

(Foto: zoenren-osaka.jp)

Para seniman lansekap yang ikut serta dalam kontes tanaman tahunan ini tiba di lokasi dengan truk-truk tanpa hiasan. Mereka memiliki waktu beberapa jam untuk mengubah tempat tidur kargo mereka menjadi taman miniatur yang mengesankan.

 

Air terjun hingga akuarium di Truk

Ada beberapa batasan, sehingga para peserta sering membiarkan imajinasinya menjadi liar. Mereka memasukkan unsur-unsur seperti akuarium, air terjun mini, atau bahkan pencahayaan fungsional. Panel juri menilai entri berdasarkan kriteria seperti perencanaan, ekspresi, desain, dan eksekusi.

Taman truk

(Foto: zoenren-osaka.jp)

Taman tradisional Jepang dianggap salah satu yang paling indah di dunia, sehingga tidak mengherankan bahwa banyak entri dalam kontes berkebun truk tahunan ini sering menyertakan elemen klasik seperti jalur kerikil, bonsai, bambu, tempat tidur lumut, atau pintu geser.

Serunya!

Laporan Komarudin/ Sumber: Liputan6.com

4 Alasan untuk Bangun Taman Vertikal dalam Rumah

Dream - Keterbatasan lahan kini tak lagi jadi penghambat untuk membuat area hijau di rumah. Dengan hadirnya tumbuhan dalam rumah akan membuat rumah jadi lebih asri dan nyaman.

Cara menyiasatinya adalah dengan membuat taman vertikal. Manfaatkan saja dinding-dinding kosong dan buat penyangga untuk menaruh pot-pot tumbuhan yang mungil.

Bila dinding cukup lebar, Sahabat Dream juga bisa menaruh pohon yang berukuran sedang dan lebih banyak tumbuhan.

Bukan hanya mempercantik rumah, taman vertikal ini memiliki banyak manfaat. Apa saja?

 

Kualitas udara yang lebih baik

Bagi kamu yang tinggal di perkotaan, setiap hari berkutat dengan polusi dari asap knalpot kendaraan. Sesampai di rumah jangan sampai tak ada pepohonan, karena kita sangat membutuhkan udara yang bersih dengan pernapasan dan kesehatan yang lebih baik.

Taman vertikal membantu kamu menyediakan udara yang lebih baik. Tumbuhan yang ada akan membantu meningkatkan level oksiden dalam rumah secara alami.

 

Pemeliharaan yang mudah

Bagi yang tak punya banyak waktu melakukan perawatan, taman vertikal bisa jadi pilihan. Tumbuhan di dinding merupakan jenis yang dibiarkan tumbuh. Biasanya hanya membutuhkan perawatan tiga kali dalam setahun dan mudah pemeliharaannya. Pilih saja jenis tanaman yang tak terlalu rumit perawatannya.

 

Mengurangi kebisingan

Saat ditempatkan di dalam, dinding hijau dapat membantu mengurangi tingkat kebisingan. Tanaman di dinding dapat memblokir suara frekuensi tinggi dan struktur yang dibangunnya dapat membantu mengurangi kebisingan frekuensi rendah.

Dinginkan ruangan

Pada bulan-bulan hangat, taman vertikal bisa membantu mendinginkan udara melalui proses evapotranspirasi, yang mengurangi kebutuhan akan pendingin udara. Jadi , tak ada salahnya membuat taman vertikal di rumah, bukan?

Sumber: Home Beautiful

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Di Luar Dugaan! Ternyata Begini Suasananya Ketika Naik Kereta Api Bawah Tanah di Korea Utara

Di Luar Dugaan! Ternyata Begini Suasananya Ketika Naik Kereta Api Bawah Tanah di Korea Utara

Bisa merekam aktivitas warga Korut naik kereta bawah tanah merupakan pengalaman unik dan langka.

Baca Selengkapnya
Cerita Seram Berangkat Malam-Malam Buat Wisata Kuliner, Diganggu Sosok Putih Terbang di Belakang Mobil Saat Lewat Kawasan Angker

Cerita Seram Berangkat Malam-Malam Buat Wisata Kuliner, Diganggu Sosok Putih Terbang di Belakang Mobil Saat Lewat Kawasan Angker

Benda seram itu tampak terbang mengikut mobil ketika mereka melalui kawasan berbukit di Gua Musang.

Baca Selengkapnya
7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka

7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka

Berjalan-jalan di alam terbuka memiliki tantangan tersendiri. Kamu pun bisa terpapar risiko penyakit tertentu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Menelusuri Keindahan Taman Shazdeh, Taman Hijau yang Memikat di Tengah Gurun

Menelusuri Keindahan Taman Shazdeh, Taman Hijau yang Memikat di Tengah Gurun

Taman Shazdeh adalah area hijau yang subur oleh tanaman hijau dan air mancur, berada di sekitar padang pasir yang tandus.

Baca Selengkapnya
Mengenal D915, Jalanan Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia

Mengenal D915, Jalanan Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia

Mengenal D915, sebuah jalanan berbahaya yang terletak di pegunungan dengan tikungan tajam dan jalanan berkelok.

Baca Selengkapnya