Tata Kamar Tidur Menenangkan untuk Buah Hati

Penataan kamar ini juga sangat pas untuk anak dengan autism spectrum disorder (ASD), masalah sensorik atau ADHD.

Mutia Nugraheni
| 6 September 2017 19:22

Dream - Kamar tidur bagi anak-anak adalah surga dan area privat mereka. Sebisa mungkin, saat anak usia 5 atau 6 tahun sudah tidur sendiri di kamarnya. Buatlah ia merasa memiliki kamar tersebut.

Untuk membuat area kamar tidur jadi menenangkan dan membuat anak tidur nyenyak, ada trik dekorasi yang bisa diterapkan. Mulai dari pemilihan warna, dekorasi, hingga pemilihan sprei.
Penataan kamar ini juga sangat pas untuk anak dengan autism spectrum disorder (ASD), masalah sensorik atau ADHD.

Warna lembut
Untuk pemilihan warna, tone pastel bisa jadi andalan. Seperti pale pink, soft green, mild yellow atau muted purple. Jika menginginkan warna tertentu carilah yang gradasi warna pastel.
Kesan warna ini cenderung lembut dan hangat. Hindari memberikan aksen garis, pola atau wallpaper ramai yang malah bisa membuat stimulasi berlebihan.

Penyimpanan unik
Anak-anak memang cenderung sulit untuk teratur dalam menyimpan barang. Namun bukan berarti Anda tak bisa mengajarkannya. Buatlah kotak-kotak penyimpanan untuk mainan dan
barang-barangnya. Buar perbedaan tiap kotak, bisa dengan tulisan atau warna. Misalnya kotak hijau untuk menyimpan mainan sementara kotak biru untuk menyimpan pakaian.

Pencahayaan lembut
Lampu untuk kamar anak seringkali terabaikan. Bisa terlalu gelap atau terlalu terang. Sebaiknya pasang lampu yang terang gelapnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Perhatikan juga
pencahayaan alami yang masuk, agar kamar tak terasa pengap.

Sprei lembut
Kini banyak sekali sprei motif unik dan lucu dijual. Memang sangat menarik untuk dipasang di kamar anak. Namun pastikan sprei tersebut berbahan lembut dan tidak panas. Kadang anak
merasa tak nyaman tidur, gatal dan panas karena bahan sprei yang berkualitas buruk. Untuk itu periksa bahan sprei sebelum membeli.

Sumber: The Spruce

 

Topik Terkait :

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian

Jangan Lewatkan