Tanpa Air, Kecoa dalam Rumah Lebih Cepat Mati

Hewan satu ini lebih mudah bertahan hidup di area yang lembap.

Mutia Nugraheni
| 18 Januari 2017 14:00

Dream - Salah satu serangga yang jadi musuh abadi para ibu adalah kecoa. Hewan satu ini lebih mudah bertahan hidup di area yang lembap seperti kamar mandi, di bawah bak cuci piring atau di dekat wastafel.

Tanpa makanan kecoa masih bisa hidup, tapi tanpa air kecoa akan sangat sulit berkembang biak dan cepat mati. Jika Sahabat Dream, ingin rumah bebas dari kecoa, coba terapkan empat
langkah berikut.

1. Benahi saluran air

 Pipa di bak cuci piring


Air yang menetes dari pipa dalam rumah jadi sumber kehidupan kecoa. Kecoa bisa hidup selama berbulan-bulan tanpa makanan. Tapi tanpa air umurnya hanya satu minggu. Untuk itu pastikan pipa dalam rumah terpasang baik. Jika ada yang longgar atau rusak segera perbaiki. Jangan sampai ada tetesan dan genangan air dalam rumah.

2. Bersihkan sudut rumah dengan cairan disinfektan
Mengepel lantai rumah dengan cairan disinfektan jadi pencegahan yang sangat efektif. Aroma disinfektan biasanya segar dan hal itu sangat tak disukai kecoa. Pastikan tiap sudut rumah juga selalu disemprot atau dibersihkan dengan disinfektan.

3. Jangan biarkan sampah semalaman

 Tempat sampah


Tumpukan sampah dalam rumah akan dengan mudah mengundang kecoa untuk datang. Apalagi sampah basah yang biasanya ada di dapur. Untuk itu sebelum tidur pastikan tempat sampah sudah kosong. Semprot juga area pembuangan dengan semprotan serangga.

4. Tabur kapur atau kapur barus

 Kapur pengusir serangga


Aroma kapur barus sangat tak disukai kecoa, untuk itu taburkan di area-area yang lembap di dalam rumah. Selain kapur barus, Anda juga bisa menggunakan kapur pengusir serangga yang juga banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau.

 

Topik Terkait :

Masak Pintar dengan SHARP bersama Chef Deny Gumilang | Online Dream Camp 2020

Jangan Lewatkan