Tanam 'Pagar Hidup' Penangkal Nyamuk DBD di Rumah

Beberapa tanaman diketahui bisa mengusir nyamuk karena aromanya.

Mutia Nugraheni
| 11 Maret 2019 08:05

Dream - Nyamuk Aedes Aegypti atau demam berdarah terus mencari korban, terutama di musim hujan seperti sekarang. Jumlah kasus penyakit demam beradarah dengue (DBD) kembali meningkat signifikan di seluruh provinsi.

Penting bagi Sahabat Dream untuk melakukan pencegahan. Bukan hanya membersihkan bak penampungan air, membersihkan rumah secara teratur tapi juga menjaga rumah dengan 'pagar hidup antinyamuk'.

Beberapa tanaman diketahui bisa mengusir nyamuk karena aromanya. Tak ada salahnya menaruh salah satu tanaman berikut di dalam rumah dan menanamnya di halaman agar tak ada nyamuk mendekat. Tanaman apa saja?

1. Lavender
Wangi bunga lavender yang harum berasal dari minyak yang ditemukan di daunnya. Wanginya inilah yang bisa menyangkal nyamuk dan serangga lain datang ke rumah. Tidak hanya itu, tanaman berwarna ungu ini bisa bertahan di segala musim dan perawatannya hanya membutuhkan sinar matahari dan air yang cukup.

2. Rumput Serai (Citronella)
Tanaman ini dikenal dengan aromanya yang unik seperti lemon sehingga sering digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk. Malahan, tanaman ini dikenal efektif dalam mengusir serangga-serangga lainnya. Tanaman ini bisa ditanam di halaman rumah sebab rumput serai membutuhkan daerah dengan sinar matahari yang cukup.

3. Catnip
Tanaman catnip sangat mudah dirawat dan bisa bertahan di mana saja. Bahkan bisa mengusir nyamuk lebih efektif daripada racun nyamuk DEET, hal ini menurut hasil penelitian dari Iowa State University.

4. Bunga Geranium
Bunga yang cantik ini menjadi bunga paling populer sebagai pengusir nyamuk. Pilihlah bunga geranium yang beraroma lemon yang kuat, sebab aroma ini pasti akan mengusir nyamuk secara efektif. Tanaman ini sangat menyukai lingkungan yang hangat dan tropis seperti Indonesia.


Laporan Esther Novita Inochi/ Sumber: Liputan6.com

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary

Jangan Lewatkan