Sudut Rumah Ditumbuhi Jamur? Singkirkan dengan Cara Ini

Jamur yang memenuhi bagian rumah tak boleh dibiarkan. Pasalnya bisa merusak dan menyebar dengan cepat.

Mutia Nugraheni
| 31 Mei 2018 19:18

Dream - Ada bagian-bagian rumah yang memiliki suhu lembap, seperti tembok dekat AC, kamar mandi, dapur atau sudut dekat wastafel. Hal ini membuat jamur tumbuh dengan mudahnya.

Tiba-tiba muncul warna kehitaman, kadang berbau dan berlendir. Jamur yang memenuhi bagian rumah tak boleh dibiarkan. Pasalnya bisa merusak struktur dan permukaan, dan juga bisa menggangu pernapasan.

Apabila sudah terlihat sedikit jamur di tembok, berupa titik-titik hitam harus segera dibersihkan. Ada bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan jamur yaitu, klorin, hidrogen peroksida, cuka dan baking soda.

Untuk jamur yang tumbuh di lantai atau dinding sebaiknya gunakan klorin. Kenakan dulu sarung tangan sebelum mengaplikasikan klorin pada permukaan yang dipenuhi jamur. Dengan menggunakan kuas, tempelkan klorin pada bagian yang dipenuhi jamur.

Diamkan selama sekitar 5 menit, kemudian bersihkan dengan busa hingga jamur menghilang dan bilas dengan air hingga bersih. Untuk jamur yang muncul di perlengkapan rumah berbahan kain seperti karpet, bantal, handuk atau sofa, harus segera dicuci.

Jika tak segera dicuci jamur akan dengan cepat menyebar ke bagian lain. Untuk bahan yang ringan, bisa langsung direndam dengan air panas. Setelah itu gunakan disinfektan. Lalu cuci dan bilas seperti biasa.

Sementara untuk sofa atau kursi, gunakan jenis oxygen bleach karena bisa dipakai untuk bahan berwarna. Cukup semprotkan sedikit di bagian yang berjamur. Diamkan, kemudian sikat perlahan dan lap dengan kain bersih lalu keringkan.

 

Topik Terkait :

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri

Jangan Lewatkan