Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sudut di Kulkas yang Harus Dibersihkan Agar Tak Berbau

Sudut di Kulkas yang Harus Dibersihkan Agar Tak Berbau Lemari Es (Foto: Shutterstock)

Dream - Kulkas selalu jadi andalan sebagai tempat penyimpanan makanan baik mentah maupun matang. Suhu dingin dapat mematikan bakteri penyebab bau pada makanan mati sementara sehingga dapat memperpanjang umur makanan.

Berbagai jenis bahan makanan dan minuman dapat diawetkan dalam kulkas, seperti sayuran, daging, soda, kecap, dan lain-lain. Namun jangan lupa, berbagai jenis bahan makanan dan minuman tersebut memiliki aromanya sendiri-sendiri.

Hal tersebut menimbulkan campuran bau yang menyengat di dalam kulkas. Selain itu, kulkas akan menjadi kotor akibat tetesan air yang berasal dari makanan dan minuman di dalamnya.

Penting untuk membersihkan kulkas secara rutin sehingga kesegaran makanan dan minuman tetap terjaga. Dikutip dari RealSimple, berikut sudut di kulkas yang harus rutin dibersihkan

Tempat penyimpanan es

Minum soda dengan es batu di siang hari yang panas dapat membuat tenggorokan menjadi segar. Namun Sahabat Dream harus memperhatikan kebersihan tempat penyimpanan es batu agar tetap bersih.

Kosongkan tempat es terlebih dahulu, karena pada dasarnya es batu mampu menyerap bau. Kemudian, cuci tempat penyimpanan es batu dengan air hangat dan sabun yang dicampur dengan scrub.

 

Pintu, rak dan karet

Tak jarang kita menemukan kulkas berantakan dan kotor dengan berbagai remahan makanan yang terjatuh di dalam kulkas. Untuk membersihkannya, singkirkan dulu remahan makanan. Kemudian, lap bersih dengan dua sendok makan baking soda yang dicampur ke dalam satu liter air.

 

Kulkas bagian luar

Jika sudah membersihkan seluruh bagian dalam kulkas, saatnya untuk membersihkan bagian luar, seperti bagian bawah, ventilasi, dan juga kumparan kulkas. Perhatikan bagian bawah kulkas.

Mungkin tidak sadar ketika membersihkan kulkas bagian bagian dalam terdapat remahan makanan yang jatuh ke bagian bawah kulkas. Kita harus membersihkannya dari debu dan remahan makanan yang jatuh. Jangan lupa bersihkan kumparan dan ventilasi kulkas yang terletak di bagian belakang kulkas.

 

Dinding Kulkas

Meski tidak terkena remahan makanan, kebersihan bagian luar kulkas tetap perlu diperhatikan sehingga kulkas bersih sempurna. Bagian luar yang dimaksud adalah dinding bagian luar pada kulkas. Terkadang bagian kulkas terdapat noda atau bercak yang membuat tampilan luar kulkas tidak apik.

Ambil kain basah yang sudah diberi sedikit sabun, kemudian cuci bagian luarnya. Jika kulkas anda terbuat dari stainless steel sebaiknya gunakan sabun dan alat pembersih khusus agar stainless steel kembali mengkilat.

Laporan Vinsensia/ Sumber: Liputan6.com

Tips Marie Kondo, Kosongkan Kulkas 30% Demi Penyimpanan Efektif

Dream - Kulkas jadi barang di rumah yang isinya kerap membuat 'sakit kepala'. Berbagai bahan makanan ada di dalamnya, mulai dari telur, susu, daging, nugget, sayur dan masih banyak lagi masuk dalam kulkas.

Tips Marie Kondo, Kosongkan Kulkas 30% Demi Penyimpanan Efektif

Jika tak ditata dengan baik, bahan makanan kerap terlupa lalu membusuk dan terbuang percuma. Belum lagi risiko keamanan makanan. Biasanya, kulkas yang berantakan juga jarang dibersihkan.

Marie Kondo, pakar penataan rumah asal Jepang yang terkenal dengan Konmari Method, punya trik khusus untuk menata kulkas. Salah satunya adalah memastikan ada tiga puluh persen ruang kosong di dalamnya. Cari tahu caranya.

1. Sortir makanan dan minuman

Sediakan waktu selama satu jam untuk menyortir makanan dan minuman yang ada di kulkas. Beberapa makanan, terutama yang ada dalam kemasan seringkali tak kita sadari ternyata sudah kedaluwarsa.

Akan sangat baik jika Sahabat Dream bisa mengeluarkan semuanya. Hal ini untuk melihat secara detail apakah makanan dan minuman di dalamnya masih layak di konsumsi.

2. Bersihkan

Tumpahan kuah, susu, minuman atau gula kerap mengotori alas dan menjadi lengket serta kotor. Penting diketahui, meskipun kulkas selalu dalam keadaan tertutup, tapi pasti banyak kotoran di dalamnya yang terbawa dari makanan.

Terutama berasal dari sayuran atau buah mentah. Untuk itu bersihkan secara teratur menggunakan lap basah. Pastikan alasnya tidak ada bekas noda yang lengket hingga membeku.

3. Kosongkan 30%

Ini juga tak banyak diketahui, jangan memenuhi kulkas dengan terlalu banyak makanan dan minuman. Sisakan juga area sebanyak 30%. Fungsinya adalah untuk menaruh makanan sisa atau minuman.

Sumber: Martha Stewart

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Cara Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Bulan Ramadhan, Hindari Makanan Berbau Tajam saat Sahur dan Berbuka

7 Cara Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Bulan Ramadhan, Hindari Makanan Berbau Tajam saat Sahur dan Berbuka

Bau mulut bisa timbul akibat kurangnya asupan air, pola makan yang berubah, dan ketidakseimbangan bakteri dalam mulut.

Baca Selengkapnya
5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

Berpuasa tidak hanya bermanfaat bagi kulit, tapi juga menyebabkan beberapa masalah seperti jerawat. Cari tahu masalah kulit lain dan cara mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Simpan Stroberi dengan Cara yang Tepat Agar Tidak Mudah Membusuk

Simpan Stroberi dengan Cara yang Tepat Agar Tidak Mudah Membusuk

Stroberi akan mudah membusuk jika disimpan di suhu ruang atau dibiarkan dalam keadaan lembap. Lakukan beberapa langkah untuk memastikan stroberi tidak membusuk.

Baca Selengkapnya
Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Keju tidak hanya bisa membuat rasa makanan jadi lebih gurih. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan setelah menyantapnya.

Baca Selengkapnya
4 Makanan dan Minuman yang Ternyata Nggak Direkomendasikan Buat Penderita Asam Lambung, Apa Saja Ya?

4 Makanan dan Minuman yang Ternyata Nggak Direkomendasikan Buat Penderita Asam Lambung, Apa Saja Ya?

Meskipun memiliki rasa yang enak, tapi beberapa makanan dan minuman ini wajib dihindari oleh penderita asam lambung.

Baca Selengkapnya
4 Langkah Penting  Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

4 Langkah Penting Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

Simpan keju dengan cara yang tepat agar tidak mudah basi. Perhatikan 4 hal sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Baca Selengkapnya