Singkirkan Noda di Perkakas Stainlees Steel dengan Trik Ini

Ada cara membersihkan noda membandel di stainlees steel tanpa merusaknya.

Mutia Nugraheni
| 26 Maret 2018 08:05

Dream - Peralatan rumah tangga berbahan stainlees steel identik dengan bahan berkualitas, tak mudah kotor dan memiliki perawatan yang mudah. Tapi dalam beberapa kasus, ada kesalahan yang membuat noda tertinggal di bahan stainlees steel.

Biasanya terjadi di bak cuci piring. Sisa sabun, minyak atau karat dari bahan lain mengotori permukaan stainlees steel dan saat disiram dengan air dan dibersihkan, noda tak kunjung hilang. Bahan stainlees steel sendiri merupakan perpaduan antara baja dan minimal 10.5 chromiom.

Chromiom membuat baja jadi lebih tahan karat atau korosi. Level perlindungan dari karat akan meningkat sesuai dengan level kandungan chromiomnya. Namun paparan zat kimia dan sushu ekstrem lama kelamaan bisa mengikis level chromiom. Efeknya bisa membuat stainlees steel jadi mengalami kerusakan dan karat lebih cepat.

Nah, untuk membersihkan noda membandel di stainlees steel tanpa merusaknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Antara lain menggunakan uap. Caranya panaskan air hingga mendidih dalam ketel yang memungkinkan Anda untuk menuangnya.

Tempatkan paper towel atau handuk microfiber di atas permukaan yang bernoda. Tuangkan secukupnya air mendidih ke atas paper towel. Biarkan uap bekerja selama lima hingga sepuluh menit.

Setelah dingin, gosok permukaan perlahan dengan gerakan searah. Biasanya noda akan berangsur menghilang. Cara lainnya adalah dengan menggunakan baking soda dan sabun lembut. Campur keduanya kemudian gosok pada permukaan yang ternoda.

Selamat mencoba!

 

Topik Terkait :

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan