Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Simpan Buah dengan Tepat Biar Tak Mudah Busuk

Simpan Buah dengan Tepat Biar Tak Mudah Busuk Buah Segar (Foto: Shutterstock)

Dream - Menyediakan buah-buahan di rumah jadi salah satu cara agar seluruh anggota keluarga selalu makan buah. Jangan lupa untuk menaruhnya di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau agar anak-anak lebih tertarik dan mudah untuk memakannya.

Dalam menyimpan buah di rumah ini, kendala yang sering muncul adalah buah yang tak dimakan dalam waktu lama membusuk. Padahal jumlahnya masih banyak dan akhirnya terbuang percuma.

Beberapa buah memang membutuhkan perlakuan dan penyimpanan khusus agar lebih tahan lama. Mungkin Anda menganggap udara dingin di kulkas bisa memperlambat proses
pembusukan buah.

Tapi tetap saja buah memiliki rentang waktu saat matang dan menjadi kering lalu membusuk saat berada di kulkas. Untuk itu ketahui cara-cara penyimpanan buah yang tepat agar tahan
lama dan tak mudah busuk.

Apel
Apel bisa tahan di kulkas selama satu bulan. Tapi biasanya apel dilapisi ethylene, yang membuatnya cepat matang. Untuk penyimpanan di kulkas sebaiknya dimasukkan dulu ke dalam
plastik tertutup baru kemudian taruh di kulkas. Rasa apel juga sebenarnya lebih nikmat di suhu kamar. Sebelum dinikmati sebaiknya keluarkan dulu apel dari kulkas dan diamkan selama 1 jam.

Avokad
Buah kaya protein ini bisa tahan 2 hingga 4 hari dalam kulkas. Jika Anda membeli avokad yang belum terlalu matang, tempatkan di kertas penyimpanan dan diamkan di suhu kamar selama 2 hingga 4 hari. Cara ini bisa mempercepat proses pematangan. Apabila sudah matang, baru simpan dalam kulkas. Untuk menghindari warna avokad yang jadi kecokelatan, berikan air perasan lemom pada avokad dan simpan dalam plastik yang ditutup rapat.

Stroberi
Buah stroberi bisa tahan selam 2 hingga 3 hari dalam kulkas. Untuk membuatnya tahan lama, buang bagian yang sudah membusuk agar jamur pembusukannya tak menyebar. Simpan dalam penyimpanan kulkas paling bawah agar mendapat sirkulasi udara. Tak perlu dicuci sebelum disimpan. Saat akan dimakan baru cuci stroberi.

Lemon
Untuk penyimpanan lemon di rumah, sangat sederhana dan bisa tahan hingga 2 minggu. Tempatkan saja di wadah dan taruh di dapur. Jika ingin lebih lama, taruh dalam kulkas. Pastikan lemon tak mendapat sinar matahari langsung karena akan mengubah rasa dna teksturnya.

Mangga
Buah satu ini bisa tahan 2 hingga 3 hari. Jika Anda membeli mangga yang belum terlalu matang, percepat pematangan dengan menempatkan di kertas dan jauhkan dari sinar matahari. Simpan mangga yang sudah matang dalam kulkas. Akan lebih baik Anda menyimpan mangga yang sudah dipotong, taruh kulkas atau freezer. Bisa diolah menjadi jus atau topping buah dingin, sehingga lebih tahan lama dibanding membiarkannya tanpa dikupas.

 

Sumber: Martha Stewart

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Langkah Penting  Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur
4 Langkah Penting Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

Simpan keju dengan cara yang tepat agar tidak mudah basi. Perhatikan 4 hal sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Serban Terbaik, Perhatikan dari Bahan dan Usia Pemakainya
Cara Memilih Serban Terbaik, Perhatikan dari Bahan dan Usia Pemakainya

Cara memilih serban terbaik, perhatikan dari bahan dan usia pemakainya agar tidak salah pilih!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Simpan Stroberi dengan Cara yang Tepat Agar Tidak Mudah Membusuk
Simpan Stroberi dengan Cara yang Tepat Agar Tidak Mudah Membusuk

Stroberi akan mudah membusuk jika disimpan di suhu ruang atau dibiarkan dalam keadaan lembap. Lakukan beberapa langkah untuk memastikan stroberi tidak membusuk.

Baca Selengkapnya
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Bulu mata palsu harus ditempatkan dengan di posisi yang seharusnya. Jika tak terbiasa atau mengerti teknik memasang, akan jadi bahan tertawaan orang.

Baca Selengkapnya